10 Kandungan Skincare untuk Mencerahkan Kulit dan Membuat Wajah Terlihat Lebih Cerah secara Alami

"Ingin memiliki kulit cerah dan bersinar? Simak 10 kandungan skincare yang efektif untuk mencerahkan kulit dan membuat wajah terlihat lebih cerah secara alami. Temukan informasi lengkapnya di sini!"

Life | 19 April 2024, 08:08
10 Kandungan Skincare untuk Mencerahkan Kulit dan Membuat Wajah Terlihat Lebih Cerah secara Alami

Memiliki kulit yang cerah dan bersinar merupakan impian semua orang. Kulit cerah menandakan kulit yang sehat jika dibandingkan dengan kulit yang kusam. Terkadang, ada beberapa orang yang dianugerahi gen kulit yang cerah tanpa harus menggunakan produk perawatan yang beragam.

Selain karena gen, kulit yang cerah dan bersih juga bisa didapatkan dengan usaha merawat kulit dari dalam maupun luar. Salah satu kunci utama untuk memiliki kulit cerah adalah memastikan kulit selalu bersih dan menghindari potensi yang membuat wajah menjadi kusam. Contohnya seperti menghindari kulit dari polusi kendaraan dan paparan langsung dengan sinar matahari.

Kulit cerah juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin yang tinggi, terutama vitamin E yang baik untuk kulit. Konsumsi air putih yang cukup juga diperlukan untuk membuat kulit menjadi lebih sehat dan bercahaya.

Selain itu, kamu bisa mencerahkan kulit lewat penggunaan skincare dengan kandungan yang efektif. Lalu apa saja sih kandungan skincare yang bisa bikin kulit lebih cerah? Simak informasinya berikut ini, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/4).

1. Glycolic acid.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, selain mencerahkan kulit glycolid acid juga dapat melembapkan dan memiliki peran yang baik untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Biasa digunakan pada produk pelembap, masker wajah, hingga serum, produk ini ternyata memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi hiperpigmentasi. Salah satu penyebab kulit kusam dan jauh dari kata cerah adalah karena paparan sinar UV yang terik dan membuat kulit menjadi kusam. Glycolic acid mampu mengurangi tanda kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV.

2. Niacinamide.

Melansir dari laman byrdie.com, kandungan yang juga disebut dengan vitamin B3 ini memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit, mencegah tanda penuaan, dan dapat mengurangi jerawat pada kulit. Biasanya produk dengan kandungan niacinamide kerap ditemukan pada produk skincare seperti serum, pelembap, dan pembersih. Biasa digunakan dalam produk di pagi dan malam hari, kandungan niacinamide cenderung aman digunakan untuk kulit yang sensitif.

3. Vitamin C.

Menurut healthline.com, kandungan yang kerap ada dalam serum ini ternyata dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit dan melindunginya dari kerusakan karena sinar matahari. Sebagian besar kulit orang pun cocok dengan kandungan ini. Selain itu, manfaat lain di dalamnya adalah dapat mencegah kulit yang mengendur, mengurangi hiperpigmentasi, memberikan efek cerah pada kulit, menghidrasi kulit, dan dapat mengurangi kemerahan pada wajah. Skincare dengan kandungan vitamin C memang akan membuat kulit tampak lebih bersinar. Namun jika menggunakan serum vitamin C justru membuat kulit iritasi, pemakaian harus dihentikan.

4. Hyaluronic acid.

Dilansir dari laman oneskin.com, umumnya hyaluronic acid memang diperuntukkan membuat kulit menjadi lembap. Namun hyaluronic acid juga dapat mencerahkan kulit dengan membantu proses pembaruan sel secara optimal. Apalagi jika memakai hyaluronic acid dengan niacinamide secara bersamaan, maka hasilnya akan lebih maksimal. Sering dijadikan serum, hyaluronic acid merupakan kandungan yang cocok digunakan untuk kamu yang tinggal di daerah tropis karena kemampuan utamanya adalah membuat kulit tetap lembap dan terhidrasi.

5. Alpha arbutin.

Dari penjelasan yang dilansir dari naturium.com, alpha arbutin merupakan kandungan yang memiliki antioksidan alami yang dapat mencerahkan kulit secara alami. Fungsinya adalah mengurangi pembentukan melanin, memperbaiki munculnya bintik penuaan, dan pigmentasi pasca inflamasi. Alpha arbutin juga telah terbukti secara efektif dapat mencerahkan kulit dan mengurangi pigmentasi yang disebabkan oleh sinar UV dan radikal bebas.

6. Tranexamid acid.

Aman untuk sebagian besar jenis kulit, dilansir dari healthline.com kandungan ini dapat mencerahkan kulit dengan mengurangi bintik hitam pada wajah dan mengurangi hiperpigmentasi. Selain itu, tranexamid acid juga memiliki manfaat lain seperti memperkuat skin barrier, mengurangi dark spot, dan mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari. Umumnya tranexamid acid sering ada dalam kandungan untuk produk skincare seperti moisturizer dan cleanser. Kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal jika memadukan kandungan ini dengan niacinamide dan vitamin C untuk menghasilkan kulit yang lebih cerah.

7. Kojic acid.

Kojic acid sering ditemukan dalam produk kosmetik maupun skincare seperti sabun, krim, dan serum. Dilansir dari healthline.com, kandungan ini bisa mencerahkan kulit dengan meringankan kerusakan kulit dan efek kusam dari paparan sinar UV, mengurangi bintik penuaan, serta mengurangi bekas luka pada kulit. Kandungan ini memiliki sifat antijamur sehingga dapat mengobati infeksi jamur pada kulit. Namun kamu juga perlu berhati-hati karena kandungan ini dapat menyebabkan efek samping dermatitis kontak yang membuat kulit menjadi gatal dan kemerahan. Gunakan dengan bijak dan jika ada reaksi alergi hentikan pemakaian.

8. Shymwhite 377.

Dilansir dari nutriherbs.ng, kandungan ini merupakan kandungan aktif yang bermanfaat efektif untuk mencerahkan kulit. Bahkan dikatakan bahwa kandungan ini mengungguli manfaat dari niacinamide dan kojic acid dalam mencerahkan kulit. Selain itu, kandungan ini membantu mengatasi permasalahan warna kulit yang tidak merata dan membuat kulit tampak bercahaya. Minim efek samping saat digunakan, kandungan ini biasa digunakan untuk serum, facial wash, face cream, dan sabun mandi.

9. Licorice extract.

Dilansir dari byrdie.com, kandungan ini mampu menghilangkan kelebihan melanin dan dapat mencerahkan kulit. Dengan antioksidan yang dimiliki, kandungan ini mampu mencegah terbentuknya bintik hitam pada wajah sekaligus memudarkannya. Di sisi lain, ternyata kandungan ini juga memiliki manfaat untuk mengontrol produksi minyak pada kulit. Kandungan ini biasa ditemukan dalam produk skincare seperti serum.

10. Retinol.

Dilansir dari gethealthyskin.com, retinol mampu membantu memudarkan hiperpigmentasi dan membuat sel kulit mati mudah terkelupas dengan cepat. Dengan begitu kandungan ini juga akan mendorong sel kulit baru untuk tumbuh menggantikan sel kulit yang lama. Akhirnya sel kulit mati yang mengelupas dan kusam digantikan dengan sel kulit baru yang lebih bersih dan cerah. Biasa digunakan sebagai kandungan dalam serum, retinol juga dapat meningkatkan produksi kolagen pada kulit dan elastin yang akan membuat kulit menjadi lebih kenyal. Retinol juga dapat melawan kerusakan yang disebabkan oleh pengaruh paparan sinar matahari.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya