10 Kandungan Antiaging dalam Skincare untuk Membuat Wajah Tetap Awet Muda

"Skincare adalah cara efektif menjaga kecantikan dan kesehatan kulit. Artikel ini membahas 10 kandungan antiaging dalam skincare yang dapat membantu mencegah penuaan dini dan membuat wajah terlihat leb..."

Life | 27 April 2024, 03:44
10 Kandungan Antiaging dalam Skincare untuk Membuat Wajah Tetap Awet Muda

Memiliki wajah yang awet muda, tampak bercahaya dan cerah di usia senja tanpa keriput adalah keinginan banyak orang. Rasanya ingin terus cantik seperti saat muda, tanpa garis halus dan kerutan, adalah sesuatu yang menyenangkan.

Penuaan merupakaan hal waja yang dialami semua orang. Namun, mempunyai wajah awet muda disaat usia tua menjadi hal yang mulai dari saat ini bisa diusahakan. Menerapkan pola hidup sehat dengan makanan yang bergizi, serta mengonsumsi sayuran menjadi salah satu cara untuk membuat tubuh bugar dan merawat kulit dari dalam. Usaha yang tak boleh ketinggalan ialah melakukan perawatan dari luar dengan menggunakan skincare.

Pada saat ini banyak perusahaan kecantikan yang memproduksi produk skincare khusus untuk antiaging. Salah satu kerja skincare antiaging adalah untuk menyamarkan tanda penuaan pada wajah, sehingga tampak lebih muda meskipun sudah berusia lanjut.

Akan tetapi, sebelum memilih produk yang cocok untuk antiaging, kamu perlu mengetahui kandungan skincare apa saja yang baik dan cocok digunakan sebagai perawatan wajah awet muda, jadi nggak akan salah beli. Kenali 10 kandungan untuk antiaging dalam skincare untuk wajah awet muda, yang telah briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber berikut ini, Kamis (25/4).

1. Bakuchiol.

Melansir dari health.harvard.edu, Bakuchiol adalah ekstrak dari biji Psoralea corylifolia (babchi), tanaman yang berasal dari India dan biasa menjadi bahan pokok pengobatan tradisional Ayurveda India dan Tiongkok selama bertahun-tahun.

Dilansir dari everydayhealth.com, kandungan ini efektif menggantikan retinol untuk mengatasi tanda penuaan pada kulit seperti garis halus, kerutan, dan keriput di wajah. Selain itu bakuchiol dapat memperbaiki warna dan tekstur pada kulit wajah. Bakuchiol juga mampu mengencangkan kulit sehingga tanda kulit mengendur pada saat tua dapat disamarkan.

2. Vitamin C.

Dilansir dari harvard.health.edu, vitamin C ditinjau dari berbagai studi telah terbukti dapat memperbaiki kerutan pada kulit sebagai tanda penuaan. Namun secara garis besar, vitamin C sendiri memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kulit, dan memperbaiki kerutan hanyalah satu diantaranya.

Selain itu, vitamin C juga dapat memperbaiki tekstur kulit. Beberapa produk tabir surya juga menggunakan bahan kandungan vitamin C karena efektif untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Dapat mengurangi kemerahan, vitamin C sering menjadi serum dalam produk skincare.

3. Niacinamide.

Dilansir dari healthline.com, kandungan niacinamide dapat meminimalkan garis halus dan kerutan pada wajah. Kandungan ini memang sangat sering ditemukan di dalam produk skincare yang diformulasikan khusus untuk antiaging. Namun niacinamide memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat lainnya.

Niacinamide baik untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit, mengobati jerawat, melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari, meminimalisir tampilan jerawat di wajah, dan dapat membantu kulit untuk membentuk keratin.

4. Retinol.

Dilansir dari health.com, kandungan retinol memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit, sehingga menjadikan kandungan sebagai bahan yang efektif untuk mengurangi tampilan garis halus dan kerutan yang ada di wajah.

Pada umumnya, kandungan ini sering ditemukan pada serum wajah. Retinol sendiri merupakan kandungan yang aman, namun juga dapat mengiritasi dan membuat kulitmu menjadi lebih rentan terhadap sinar matahari. Kamu bisa lewati penggunaan retinol jika kondisi kulitmu tidak baik-baik saja, contohnya seperti saat kulit eksim.

5. AHA.

Dilansir dari verywellhealth.com, kandungan AHA memiliki manfaat untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di wajah, mencerahkan flek hitam, dan memperbaiki kulit yang sudah mengalami garis halus dan kerutan. Kandungan ini cocok untuk digunakan semua jenis kulit, sekalipun jenis kulit sensitif.

Memberikan hasil pemakaian yang lembut dan halus di kulit, kandungan ini mampu memproses sel kulit mati yang lama, lalu meggantinya dengan yang baru. Selain itu, kulit menjadi lebih kencang, cerah, sekaligus juga dapat membantu membersihkan pori-pori kulit dari berbagai jenis kotoran yang menumpuk.

6. Peptida.

Menyadur dari laman healthline.com, peptide atau peptida mempunyai fungsi yaitu mengurangi kerutan di wajah, membuat kulit menjadi lebih elastis, meredakan peradangan kulit, serta dapat menghilangkan jerawat. Tak heran jika produk skincare dengan kandungan ini sering kali ditemukan sebagai formula antiaging yang baik untuk kulit.

7. Hyaluronic acid.

Memberikan elastisitas pada kulit, kandungan ini juga dapat mengurangi garis halus dan kerutan seperti yang dilansir dari clevelandclinic.org. Selain itu, hebatnya dari kandungan ini adalah dapat menyembuhkan luka lebih cepat.

Hyaluronic acid adalah kandungan yang sering menjadi bahan utama untuk memproduksi skincare yang mudah melembapkan kulit dan menghaluskan kulit. Tak jarang kandungan ini biasa ditemukan di dalam produk moisturizer.

8. Kolagen.

Dilansir dari healthmatters.nyp.org, kolagen merupakan kandungan yang sangat penting untuk kulit karena memberikan elastisitas. Semakin tua, produksi kolagen akan berkurang, sehingga mengakibatkan kulit kendur dan keriput. Maka perlu kandungan kolagen tambahan yang membuat kulit kembali kencang.

Membuat kulit menjadi tampak lebih muda, kolagen juga dapat mengobati nyeri dan osteoartitis. Sering dijadikan sebagai suplemen dan minuman kolagen, kandungan ini memang sering kali digunakan untuk antiaging melalui perawatan dari dalam.

9. Ceramide.

Dilansir dari medicalnewstoday.com, ceramide mampu menahan air yang mencegah hilangnya kelembapan pada kulit. Sedangkan kulit yang terhidrasi dengan baik mampu meminimalkan munculnya garis-garis halus serta kerutan di wajah yang lebih banyak berpotensi membuat kulit kering.

Molekul yang dapat menyehatkan kulit ini memang sering digunakan sebagai bahan di dalam produk skincare moisturizer, yang tugasnya adalah memberikan kelembapan pada kulit. Pastikan kulit lembap dengan moisturizer yang mengandung ceramide.

10. Tretinoin dan hydroquinone.

Sulit dipisahkan, kedua kandungan ini bekerja secara aktif mampu merawat kulit dan memperbaiki tanda penuaan pada wajah. Dilansir dari redboxrx.com, tretinoin memiliki fungsi untuk memperbarui sel sehingga membuat kulit menjadi lebih sehat dan baru. Sedangkan kandungan hydroquinone membuat kulit memiliki manfaat untuk menghambat produksi melanin pada kulit yang dapat menyebabkan flek hitam sebagai salah satu tanda penuaan.

(Magang/Himmatul Ahsana)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya