Menghilangkan Flek Hitam dengan Krim dari Bahan Dapur, Tanpa Lemon

"Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan krim dari bahan dapur tanpa lemon. Gunakan gel lidah buaya, minyak kelapa, kapsul vitamin E, dan gliserin untuk mengatasi flek hitam."

Life | 27 April 2024, 02:02
Menghilangkan Flek Hitam dengan Krim dari Bahan Dapur, Tanpa Lemon

Melakukan kegiatan di luar ruangan tanpa kulit menggunakan perlindungan terhadap sinar matahari bisa memicu timbulnya flek hitam. Hal tersebut bisa terjadi karena kulit terpapar sinar matahari secara terus menerus.

Paparan sinar matahari berlebihan bisa merangsang produksi melanin (pigmen yang memberikan warna pada kulit). Sehingga menyebabkan hiperpigmentasi atau flek hitam pada semua jenis kulit.

Selain disebabkan oleh paparan sinar matahari, flek hitam di wajah juga bisa terjadi karena trauma kulit. Cedera atau trauma seperti jerawat, luka bakar, dan peradangan bisa meninggalkan bekas luka menghitam. Untuk menghilangkan flek hitam di wajah karena kedua faktor tersebut banyak orang yang mengandalkan krim pencerah dan mencegahnya dengan sunscreen.

Penggunaan sunscreen memang ampuh untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sehingga secara tidak langsung sunscreen ini bisa mencegah munculnya flek hitam. Begitu juga dengan krim pencerah yang ampuh menghilangkan flek hitam karena formula di dalamnya, seperti azelaic acid, vitamin C, dan licorice.

Selain mengandalkan produk skincare seperti di atas, kamu juga membuat krim perawatan dari bahan alami. Seperti yang dilakukan oleh seorang wanita dengan kanal YouTube @deeba'sbeautyremedies.

Ia mencerahkan flek hitam dengan memanfaatkan gel lidah buaya, minyak kelapa, kapsul vitamin E, dan gliserin tanpa dicampur lemon lantaran penggunaan buah ini bisa bikin iritasi pada beberapa jenis kulit.

Gel lidah buaya kaya akan air dan memiliki sifat melembapkan yang baik untuk kulit. Lidah buaya mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit, termasuk peradangan yang terkait dengan flek hitam. Kandungan aloin dan asam lemak pada lidah buaya dapat membantu mempercepat proses regenerasi sel kulit, membantu kulit memulihkan diri dari kerusakan dan flek hitam.

Minyak kelapa mengandung antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi. Minyak kelapa mengandung asam lemak esensial yang membantu menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit, sehingga membantu mengurangi penampilan flek hitam.

Kapsul vitamin E merupakan antioksidan yang kuat, membantu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas dan dapat memudarkan flek hitam. Adanya kapsul vitamin E juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan mempercepat proses penyembuhan.

Sedangkan gliserin adalah agen humektan yang efektif, membantu menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering yang dapat memperburuk penampilan flek hitam. Gliserin dapat membantu membuat kulit terasa lebih halus dan lembut, membantu meratakan tekstur kulit dan meminimalkan penampilan flek hitam.

Dengan mengetahui manfaat dari masing-masing bahan, apakah kamu tertarik menggunakan krim untuk hilangkan flek hitam? Berikut ini langkah-langkah membuat dan menggunakan yang bisa kamu ikuti, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @deeba'sbeautyremedies, Rabu (24/4).

Bahan:

- 1 sendok makan gel lidah buaya
- Minyak kelapa
- 1 Kapsul vitamin E
- Gliserin.

Cara membuat:

1. Siapkan mangkuk bersih
2. Masukkan gel lidah buaya
3. Tuangkan minyak kelapa secukupnya
4. Campurkan kapsul vitamin E
5. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
6. Krim siap untuk digunakan.

Cara menggunakan:

1. Bersihkan wajah dan leher terlebih dahulu
2. Oleskan krim ke seluruh wajah dan leher
3. Tunggu selama beberapa menit hingga krim menyerap, tanpa dibilas
4. Gunakan krim setiap hari agar flek hitam pudar.

Minyak kelapa untuk atasi jerawat.

Minyak kelapa telah lama digunakan dalam perawatan kulit karena berbagai manfaatnya, termasuk dalam mengatasi jerawat. Hal ini dikarenakan minyak kelapa ini mengandung asam laurat, asam kaprat, dan asam kaprilat yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus.

Dilansir dari healthline.com, Rabu (23/4) semua kandungan tersebut dapat membantu membersihkan bakteri penyebab jerawat, seperti Propionibacterium acnes. Minyak kelapa juga memiliki sifat antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan di sekitar jerawat. Ini membantu meredakan kemerahan dan pembengkakan yang sering terjadi pada jerawat.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya