Apakah Black Hole Dapat Menyedot Bumi? Temukan Faktanya di Sini!

"Apakah mungkin suatu saat bumi yang kita tempati ditelan oleh lubang hitam? Temukan jawabannya di artikel ini."

Tech | 19 April 2024, 16:53
Apakah Black Hole Dapat Menyedot Bumi? Temukan Faktanya di Sini!

Jakarta - Lubang hitam atau black hole disebut bisa menyedot obyek apapun termasuk cahaya. Lubang ini juga disebut bisa menyedot obyek seukuran planet. Lantas, apakah mungkin suatu saat bumi yang kita tempati ditelan oleh lubang hitam?

Para ahli mengatakan lubang hitam memang mampu menelan obyek seperti bumi. Akan tetapi, tidak ada kemungkinan bumi bertabrakan dengan lubang hitam dalam waktu sekitar 5 miliar tahun. Profesor fisika dari University of Rhode Island, Doug Gobielle bahkan mengatakan pertemuan antara black hole dengan tata surya kita hampir tidak mungkin.

"Kita tidak perlu khawatir, seperti halnya kita tidak mengkhawatirkan bintang yang melintasi tata surya," ujarnya dikutip dari Newsweek, Minggu (14/4/2024).

Asisten profesor fisika dan astronomi di Clemson University, Jonathan Zrake menguatkan pendapat Doug. Zrake mengatakan ada banyak sekali bintang di galaksi kita. Pertemuan acak di antara mereka, kata dia, sangat jarang terjadi.

"Sama seperti kita pada umumnya tidak mengkhawatirkan bintang-bintang yang melintasi tata surya, hal ini juga dapat diperluas ke semua objek di galaksi," kata Zrake.

Para ahli berpendapat lubang hitam yang terdekat dengan tata surya yang ditempati bumi terlalu jauh untuk menimbulkan dampak apapun. Misalnya, lubang hitam bernama V616 Monocerotis (V616 Mon). Lubang hitam ini disebut berada pada jarak yang paling dekat dengan bumi. Namun, jarak V616 Mon dengan bumi adalah lebih dari 3.000 tahun cahaya.

"Pada jaraknya dari Bumi, kita hanya akan menyadarinya dengan melihat langsung ke sistem dengan alat observasi. Dampaknya terhadap Bumi akan menjadi nol," kata Doug.

Umumnya, para ilmuwan membagi lubang hitam dalam dua kategori, yaitu bintang dan supermasif. Untuk lubang hitam bintang, memiliki massa beberapa kali lebih besar dari matahari. Sementara, lubang hitam supermasif memiliki massa jutaan hingga biliaran kali dari matahari.

Lubang hitam bermassa bintang, seperti V616 Mon, terbentuk dari sisa-sisa bintang masif yang mati dalam ledakan kosmik dahsyat supernova. Salah satu bintang terdekat dapat membentuk lubang hitam adalah Betelgeuse, bintang paling terang kedua di konstelasi Orion.

Menurut Zrake, Betelgeuse mendekati akhir masanya dan kemungkinan akan menghasilkan supernova sekitar 10.000 tahun mendatang. Tapi bintang ini terletak sekitar 500 tahun cahaya dan jika memang menghasilkan lubang hitam, maka tidak akan ada dampaknya terhadap Bumi.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya