5 Cara Mengatasi Hipotermia Sebelum Tim Medis Datang, Kompres Air Hangat

"Hipotermia merupakan suatu kondisi yang berbahaya, dan dapat mengancam keselamatan seseorang yang sedang mengalaminya."

Life | 21 February 2022, 16:00
5 Cara Mengatasi Hipotermia Sebelum Tim Medis Datang, Kompres Air Hangat

Kondisi hipotermia merupakan kondisi saat temperatur tubuh mengalami penurunan drastis di bawah suhu normal yaitu 35 derajat celcius. Suhu tubuh dibutuhkan untuk metabolisme di dalam tubuh manusia. Kondisi ini harus segera mendapatkan penanganan, karena dapat menyebabkan gangguan pada sistem saraf dan fungsi organ lain dalam tubuh, parahnya dapat menyebabkan kematian karena kegagalan sistem pernapasan.

Hipotermia biasanya seringkali terjadi pada seseorang yang berada di tempat yang memiliki suhu sangat dingin. Akan tetapi, sebenarnya bukan hanya terjadi ketika seseorang berada di atas gunung atau tempat dingin saja. Ada berbagai hal yang bisa memicu hipotermia. Salah satunya ada beberapa kondisi lainnya, seperti terlalu lama berada di dalam air.

Hal yang perlu garis bawahi, korban hipotermia harus mendapatkan penanganan segera. Alasannya, hipotermia bisa menyebabkan gangguan pada sistem saraf dan fungsi organ lain dalam tubuh. Seperti halnya gangguan pernapasan, hingga gagal pernapasan yang seperti diungkap di atas. Kondisi ini dapat berujung pada kematian.

Sebelum mencari cara untuk mengatasinya, sebaiknya carilah dulu penyebabnya. Mengetahui penyebab dapat membantu untuk memudahkan menemukan cara dalam mengatasinya. Selain karena suhu dingin, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan hipotermia.

Mengenal penyebab hipotermia

Penyebab umum hipotermia adalah paparan suhu dingin atau air dingin dalam waktu yang lama tanpa perlindungan yang cukup. Selain itu juga dapat disebabkan oleh berbagai penyebab lainnya. Berikut ini penyebab hipotermia:

Daun.id

sumber; pexels

- Terlalu lama berada di dalam kolam air dingin, sehingga tubuh mengalami penurunan suhu secara drastis.

- Pada bayi dan lansia dapat mengalami hipotermia, karena suhu pendingin ruangan yang terlalu rendah, terutama pada bayi dan lansia.

- Memakai pakaian basah dengan waktu yang cukup panjang atau hingga kering.

- Tidak menggunakan pakaian yang tepat saat mendaki gunung, padahal kondisinya sangat dingin.

- Beraktivitas dan menghabiskan waktu lama di tempat yang dingin, seperti aktivitas pendaki gunung atau tunawisma.

- Minuman keras dan obat-obatan terlarang akibat pelebaran pembuluh darah, sehingga meningkatkan pelepasan panas tubuh dari permukaan kulit.

- Diam atau berada terlalu lama di tempat dingin, kondisi ini seharusnya diimbangi dengan pergerakan.

- Pengaruh penyakit tertentu yang mempengaruhi pengendali suhu tubuh, seperti anoreksia nervosa, stroke, dan hipotiroidisme.

- Usia bayi dan manula, akibat kemampuan mengendalikan temperatur tubuh yang belum sempurna pada bayi dan menurun pada manula.

- Obat-obatan tertentu, seperti antidepresan, emperat, serta emperatu emper. Kondisi ini dapat menyebabkan hipotermia.

Itulah beberapa hal yang dapat memicu atau yang menjadi penyebab terjadinya hipotermia. Hindarilah beberapa kondisi di atas, sehingga tubuh tetap terhindar dari hipotermia.

Mengenal gejala hipotermia

Hipotermia jika sedang terjadi juga dapat mengalami beberapa gejala yang dapat dikenali. Kondisi ini jika dapat dikenali, akan memudahkan dalam segi penanganan. Sehingga dapat melakukan penanganan dengan tepat, berikut ini gejala hipotermia yang dapat dikenali :

Daun.id

sumber; pexels

- Napas pendek dan lemah dapat dialami penderita hipotermia.

- Tubuh akan terasa mudah mengantuk dan merasa lelah secara berlebihan.

- Hilangnya koordinasi, kondisi ini dapat terlihat dari langkah yang gontai atau pegangan yang tidak kuat.

- Jika penderita hipotermia sudah tingkat akut, penderitanya akan tidak sadarkan diri dengan kondisi nadi yang sangat lemah atau bahkan tidak teraba.

- Tubuh gemetar yang menandakan bahwa sistem pemanas di tubuhnya masih bekerja dengan baik. Gemetar ini bisa berhenti karena orang tersebut sudah terbebas dari hipotermia, tapi juga bisa karena hipotermia yang dideritanya sudah makin parah.

- Kebingungan dan pikun tanpa disadari oleh penderitanya.

- Hilang kesadaran atau bicara melantur atau tidak jelas.

- Denyut nadi pada penderitanya yang teraba akan terasa lemah.

Untuk mengatasi masalah ini, tidak boleh asal menghangatkan tubuh saja. Cara mengatasi hipotermia yang salah justru dapat menimbulkan masalah baru atau masalah kesehatan yang serius.

Cara mengatasi hipotermia

Saat sedang mengalami atau berhadapan dengan seseorang yang mengalami hipotermia, segeralah menghubungi petugas untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Akan tetapi untuk menunggu tim petugas medis menuju lokasi, tentu tidak bisa berdiam diri. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi hipotermia.

Berikut ini cara mengatasi hipotermia :

1. Memindah korban

Pindahkan korban dari lingkungan atau area dingin. Jika memindahkan ke dalam ruangan atau rumah tak memungkinkan, lindungi korban dari angin, terutama di sekitar leher dan kepala. Selain itu, lindungi pula korban dari tanah yang dingin. Jika terjadi di luar ruangan, bisa juga membuat api untuk menghangatkan korban.

2. Melepaskan pakaian yang basah

Daun.id

sumber; pexels

Lepaskan pakaian basah dengan lembut. Ganti pakaian yang basah dengan mantel atau selimut hangat dan kering. Jika pakaian basah berhasil di lepas, langsung saja ganti dengan pakaian yang bisa menghangatkan. Misalnya jaket, selimut, dan segala sesuatu yang bisa menghangatkan.

3. Kompres hangat tubuh

Untuk menghangatkan tubuh lebih lanjut, kompres tubuh korban dengan air hangat dengan kain kering. Kompreslah pada bagian dada, leher, dan pangkal paha. Bisa pula menggunakan electric blanket (selimut listrik) bila tersedia. Cara ini dapat dilakukan untuk menghangatkan tubuh sementara sambil menunggu tim medis datang.

4. Memberikan minuman hangat

Daun.id

sumber; pixabay

Tawarkan minuman hangat, manis, dan non-alkohol pada korban. Memberikan minuman hangat akan dapat membantu menjaga kehangatan tubuh dari dalam. Akan tetapi untuk memberikan minum sebaiknya tawarkan dulu pada korbannya.

5. Bantuan pernapasan

Mulailah CPR atau memberikan bantuan pernapasan buatan, jika korban tidak menunjukkan tanda-tanda kehidupan, seperti tidak bernapas, batuk, ataupun bergerak. Sehingga korban dapat memiliki peluang untuk terselamatkan.

Demikianlah beberapa cara yang dapat mengatasi hipotermia ketika sedang terjadi pada seseorang. Cara ini dilakukan untuk menunggu tim medis datang memberikan pertolongan. Sebaiknya jika sedang berada di tempat yang memiliki suhu rendah, gunakan pakaian yang tepat.. 

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya