Rencana "Bakar" Stasiun Luar Angkasa Internasional Usai Jalankan Misinya

"Yang ada di langit, harus jatuh ke bumi."

News | 25 February 2022, 15:22
Rencana "Bakar" Stasiun Luar Angkasa Internasional Usai Jalankan Misinya

Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dibangun oleh NASA dan partnernya dari 1998 hingga 2010. Lebih dari 400 ton material dan modul diterbangkan ke luar angkasa. Kini sejak diterbangkan 30 tahun lalu, ISS memasuki masa pensiun. ISS akan digantikan oleh perusahaan swasta daripada kerjasama antar pemerintah.

Sayangnya, tanpa adanya bantuan bahan bakar atau propelan dari bumi, ISS tak bisa diam saja di orbitnya. Suatu saat, karena kehabisan bahan bakar, ISS bakal terbakar saat masuk ke atmosfer bumi atau "Terbakar".

NASA Sendiri sedang menggodok rencananya ini. Sebelumnya, NASA pernah melakukan hal yang serupa dengan satelit lawas atau modul luar angkasa yang sudah kaladuarsa. Contohnya adalah stasiun Skylab milik Amerika Serikat.

Seperti apa kisahnya?

1. Usai selesai digunakan pada 1974, satelit ini digerakkan ke orbit baru.
2. NASA berharap dengan orbit ini, satelit bisa turun dengan sendirinya.
3. Estimasinya satelit akan turun ke bumi pada 1980an.
4. Kenyataannya, satelit turun lebih cepat dan jatuh pada 1979.
5. Beberapa bagian jatuh melebihi prediksi awal di samudra HIndia, beberapa bagian besar bahkan jatuh di Perth, Australia. 

(aziz talaksa/sso)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya