Kisah 3 Nenek Petani Bersaudara yang Naik Haji Bersama, Mengumpulkan Tabungan Secara Bertahap

"Tiga nenek petani bersaudara memiliki impian yang sama, yaitu untuk naik haji. Meskipun memiliki penghasilan yang terbatas, mereka tidak menyerah dan memutuskan untuk mengumpulkan tabungan sedikit dem..."

Life | 21 May 2024, 03:07
Kisah 3 Nenek Petani Bersaudara yang Naik Haji Bersama, Mengumpulkan Tabungan Secara Bertahap

Umumnya, seoeorang akan lebih nyaman ketika berada di kelompok atau orang-orang terdekatnya. Maklum, di tempat baru dengan orang-orang asing, mereka perlu beradaptasi.

Sisi kenyamanan itulah yang memotivasi tiga nenek bersaudara tatkala mendaftar haji bersama. Mereka berharap, mereka bisa naik haji bersama.

Qodarullah, harapan ini menjadi kenyataan. Tiga wanita lansia ini bersama-sama naik haji pada 2024 ini.

Siti Komariah (76) mengembangkan senyumnya ketika menginjakkan kaki kali pertama di Bandara Amir Mohammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah.


Digandeng dua saudara perempuannya yang juga turut serta menjadi jemaah haji, Komariah mengungkapkan rasa syukurnya.


"Alhamdulillah mbak, kami sudah sampai di sini," ungkapnya kepada petugas haji yang menyambutnya di Bandara Madinah (19/5/2024), dilansir dari laman Kemenag, Senin (20/5/2024).

 

Nabung Sedikit demi Sedikit

Siti Komariah, Siti Maryam (73) dan Siti Badriyah (71) merupakan tiga bersaudara asal Lampung Selatan dari kelompok terbang (kloter) JKG-18. Kepada petugas, Nenek Siti Komariah bercerita, keinginan untuk beribadah haji akhirnya dapar terwujud setelah 12 tahun penantian.

"Dulu, kami sengaja, daftar haji bareng. Alhamdulillah terwujud, semoga kami bertiga bisa jadi haji mabrur," harapnya.

Kompak, kedua saudaranya mengamini doa ini. "Kami bertiga petani mbak, kami nabung sedikit demi sedikit untuk berhaji. Alhamdulillah bisa terwujud," tutur Nenek Siti Maryam.

"Kami mau bilang terima kasih, layanan petugas enak. Saya jadi gak perlu repot masak, tinggal makan saja." ucap Nenek Komariyah tersenyum sembari memperlihatkan deretan giginya yang mulai tidak utuh lagi.

Meski ketiganya masuk kategori lansia, tapi semangatnya untuk menunaikan Rukun Islam yang kelima ini patut ditiru generasi muda. "Insya Allah kami sehat, lancar, ngibadah dateng Gusti Allah. Bisa pulang kembali dengan sehat," pungkas Nenek Komariyah.

Ketiganya begitu bersemangat menyambut undangan Rabb-nya tanpa keluh, menuju Baitullah. Labbaik Allahumma Labbaaik.

(p/f)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 23 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:30 SUBUH 04:40 DUHA 06:24 ZUHUR 11:57
ASHAR 15:19 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:05  

Zodiak Cancer Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, hubungan percintaan Anda akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang kurang baik dapat menyebabkan konflik dan ketegangan dalam hubungan. Penting bagi Anda untuk berbicara dengan jujur dan terbuka dengan pasangan Anda untuk mengatasi masalah ini. Jaga kepercayaan dan komitmen dalam hubungan Anda.



Cancer Selengkapnya