11 Cara Mengatasi Flu pada Ibu Hamil yang Aman dan Alami

"Kamu perlu mewaspadai flu saat hamil."

Life | 04 March 2022, 12:58
11 Cara Mengatasi Flu pada Ibu Hamil yang Aman dan Alami

Kehamilan merupakan sebuah keadaan yang bisa menguras energi tubuh. Tak hanya itu, tingkat kekebalan tubuh juga secara alami mampu menurun saat hamil. Mekanisme ini dilakukan tubuh guna melindungi janin, supaya tidak diserang oleh sistem imun sebab ‘dipikir’ benda asing.

Kedua hal itu dapat membuat ibu hamil mudah terserang penyakit, terutama pilek. Itu merupakan hal yang menyebabkan Bumil harus lebih berhati-hati untuk menjaga kesehatan tubuh, supaya tidak mudah terserang penyakit.

Pada jurnal Canadian Family Physician dijelaskan bahwa ada banyak perubahan yang timbul terhadap ibu hamil, salah satunya sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah. Hal tersebut dapat membuat ibu hamil jadi kelompok mudah terkena infeksi dan mengalami komplikasi ketika flu. 

Adapun beberapa komplikasi flu yang mungkin terjadi pada ibu hamil seperti halnya:

- Infeksi sinus
- Pneumonia
- Bronkitis

Jangan dianggap remeh flu saat kehamilan. Berikut ialah beberapa keadaan ibu hamil saat mengalami flu yang perlu cepat memperoleh pertolongan ahli medis, seperti halnya:

- Muntah.
- Nyeri dada.
- Demam tinggi.
- Kesusahan ketika bernapas.
- Rasa sakit di bagian perut.
- Flu tidak menunjukkan tanda membaik setelah 4 hari.
- Batuk disertai lendir kental, berwarna kuning kehijauan atau berdarah.

Kamu dapat melakukan beberapa cara mengatasi flu pada ibu hamil, yakni:

1. Konsumsi buah dan sayuran

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi flu pada ibu hamil yang pertama ialah dengan konsumsi buah dan sayuran. Kamu disarankan supaya melengkapi pola makan sehat dengan berbagai buah dan sayuran. Seperti mangga, apel, brokoli, alpukat, pisang, serta sayur-sayuran hijau dapat menjadi pilihan jika dikonsumsi, sebab mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang dapat mempercepat pemulihan ketika pilek.

2. Membatasi kontak dengan penderita pilek

Jika tinggal serumah atau berada dekat dengan orang yang pilek, kamu bisa meminta orang itu agar menggunakan masker. Apabila sedang berada di tempat umum atau fasilitas publik, misalnya kendaraan umum, kamu direkomendasikan supaya memakai masker supaya tidak tertular kuman penyakit yang terdapat udara.

Tak hanya itu, kamu juga dianjurkan supaya rajin mencuci tangan dengan air bersih dan sabun, terlebih sesudah kontak dengan orang yang menderita pilek, serta mandi sesudah seharian berkegiatan di luar rumah.

3. Konsumsi teh hangat dengan madu dan lemon

Cara mengatasi flu pada ibu hamil berikutnya ialah dengan konsumsi teh hangat dengan madu dan lemon. Cara tersebut juga bisa membantu mengatasi sakit tenggorokan yang sering disertai pilek. Sebagai alternatif, berkumur memakai air hangat yang dicampur garam juga bisa memberi efek serupa.

Kamu tak disarankan mengatasi pilek memakai minum obat-obatan yang dijual bebas tanpa anjuran dokter, contohnya antihistamin, aspirin, dekongestan, dan ibuprofen. Alasannya, jenis obat-obatan itu berpotensi mempunyai efek samping terhadap janin apabila dipakai secara tidak tepat.

4. Menambah waktu istirahat

Ketika pilek, kamu perlu lebih banyak beristirahat. Cara ini diperlukan supaya daya tahan tubuh kamu dapat bekerja dengan optimal, maka lebih lekas sembuh. Tak tidur malam, kamu juga dapat tidur siang atau hanya duduk beristirahat disaat waktu bekerja atau berkegiatan.

5. Berolahraga secara rutin

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Hamil bukan alasan supaya tidak berolahraga. Kebiasaan ini bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jenis olahraga yang aman bagi ibu hamil seperti senam, berjalan kaki, dan yoga.

6. Jahe

Jahe nyatanya bisa menjadi obat alami yang dapat dipakai sebagai cara mengatasi flu pada ibu hamil. Jahe bisa membuat pernapasan ibu menjadi jauh lebih lega dan menghindarkan ibu terhadap virus flu yang kian menyebar. Pada jahe terdapat minyak atsiri zingiberena, mineral, gingerol serta antioksidan alami yang mempunyai manfaat dalam meredakan gejala flu. Selain itu, asam amino dan mineral pada kandungan jahe juga bisa melancarkan peredaran darah ibu hamil.

7. Madu

Konsumsi madu ketika terkena flu merupakan cara yang tepat bagi ibu hamil. Kamu dapat mencampur madu dengan campuran minuman hangat lainnya. Contohnya mencampur madu dengan air jahe atau rebusan air kayu manis.

Madu memiliki sifat antibakteri di dalamnya, maka dapat mengobati virus flu pada tubuh. Disisi lain, madu juga terdapat antioksidan yang dapat melawan bakteri, virus, dan jamur.

Madu juga mempunyai banyak manfaat terhadap ibu hamil. Kandungan nutrisi yang ada di madu ialah karbohidrat, asam lemak, kalsium, protein, asam folat, dan beberapa jenis vitamin.

8. Lemon dan jeruk nipis

Kandungan vitamin c pada lemon dan jeruk nipis tentu tak perlu diragukan lagi. Vitamin C yang ada pada lemon dan jeruk nipis nyatanya juga terdapat antibakteri. Sehingga, lemon dan jeruk nipis sangat bermanfaat dalam menyembuhkan kesehatan ibu hamil dari penyakit flu ataupun batuk.

Tetapi perlu diperhatikan, ibu hamil yang mempunyai penyakit lambung sepatutnya mencampur air lemon dan jeruk nipis dengan minuman hangat lainnya. Seperti halnya, ibu dapat mencampurkan perasa jeruk nipis atau lemon memakai madu.

9. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu obat alami yang dapat dipakai dalam mengatasi penyakit flu saat hamil. Ketika hamil, sebaiknya konsumsi satu buah bawang putih saja dalam satu hari. Bawang putih terdapat vitamin C dan mineral misalnya enzim, selenium, dan senyawa sulfur yang sangat baik dalam mengatasi penyakit flu secara alami.

Nyatanya bawang putih mampu menguatkan sistem kekebalan tubuh, bisa dipakai sebagai antibakteri, antivirus, antioksidan, dan juga bisa melancarkan sistem pernapasan.

10. Air kacang hijau

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi flu pada ibu hamil selanjutnya ialah air kacang hijau. Air rebusan kacang hijau nyatanya banyak mengandung vitamin di dalamnya. Air rebusan kacang hijau bisa meningkatkan imun tubuh dan mencegah penyakit, salah satunya flu. Ibu dapat menambahkan sedikit susu atau sedikit gula alami supaya memperoleh rasa yang manis. Konsumsi air kacang hijau ketika masih hangat.

11. Jauhi stres

Sudah ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa stres berkaitan dengan penurunan keadaan tubuh dan sistem kekebalan. Sehingga, dalam menghindari kian menurunnya sistem kekebalan tubuh untuk ibu hamil, sehingga sepatutnya kamu melakukan beberapa hal yang bisa membuat tubuh dan pikiran tenang serta rileks.

Di sisi lain, flu pada ibu hamil dapat dicegah dengan beberapa cara. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan dalam mencegah flu ketika hamil:

- Rutin olahraga.
- Kontrol stres secara baik.
- Peroleh vaksin influenza.
- Lakukan pola makan bergizi seimbang.
- Batasi atau hindari kontak dengan orang yang sedang sakit.
- Istirahat yang cukup, yaitu secara tidur sekitar 7–9 setiap hari.
- Gunakan masker ketika bepergian atau sedang bertemu dengan orang lain.
- Sering cuci tangan dan hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut ketikan tangan tidak bersih.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 13 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya