5 Cara Menghapus Akun Instagram secara Permanen dan Sementara

"Insecure juga dapat memicu seseorang menghapus Instagram."

Tech | 14 March 2022, 16:58
5 Cara Menghapus Akun Instagram secara Permanen dan Sementara

Akun Instagram yang tak lagi dipakai tentu dapat dihapus dari secara permanen hingga sementara lewat handphone (HP) dan laptop. Instagram adalah salah satu aplikasi sosial media (sosmed) yang banyak digunakan masyarakat. Dengan aplikasi tersebut, memungkinkan kamu dalam membagikan foto sampai video mengenai akitivitas, kesenangan, bahkan produk daganganmu.

Apabila tiba-tiba kamu hendak beristirahan terhadap dunia sosial media dan hendak menghapus akun Instagram, terdapat dua cara yang dapat digunakan.  Mengutip dari situs help.instagram.com, pengguna dapat menghapus akun Instagram secara sementara dan permanen.  Menghapus akun sosmed ini dapat dilakukan lewat Handphone ataupun laptop yang tersambung dengan jaringan internet.

Selain karena masalah keamanan dan privasi data, ada beberapa pertimbangan yang membuat pengguna pada akhirnya harus menonaktifkan akun Instagram mereka selamanya.

Kamu dapat menghapus akun instagram apabila mengalami kondisi berikut ini:

1. Iklan yang banyak

Instagram sudah menjadi media sosial yang sangat populer. Tak mengherankan jika perusahaan banyak memberikan ruang untuk mereka yang hendak menggunakan iklan suatu produk. Kamu dapat melihat di setiap 4 sampai 5 postingan temanmu, pasti kamu akan menemukan iklan yang timbul. Ditambah apabila kamu mengikuti salah satu selebgram, sehingga akan muncul banyak iklan atau produk endorse yang diposting mereka. Maka dari itu, untuk mereka yang tidak menyukai dengan banyak iklan maka menghapus akun dapat menjadi salah satu solusi.

2. Adiktif

Pada sebuah riset menunjukkan tentang rata-rata orang mampu menghabiskan waktu dalam 2 jam 24 menit pada laman media sosial, terlebih Instagram. Selain itu, ada beberapa negara misalnya Afrika di mana masyarakatnya banyak mengunakan waktu rata-rata 3 jam 10 menit per hari guna melihat media sosial saja. Faktor kecanduan media sosial tersebut mampu mendorong pengguna dalam menghapus Instagram. Alsannya, kebiasaan mengakses Instagram dalam waktu lama menyebakan pengguna menghabisakan waktu hingga jadi tidak produktif.

3. Merasa insecure

Sekitar 4% responden dari survei online Kaspersky Lab yang dijelaskan di atas menyatakan alasan mereka menghapus media sosial ialah sebab lelah dengan haters yang melakukan perudung atau pem-bully secara online. Kebebasan berbicara secara online bisa menjadi kekurangan, terlebih saat banyak orang bisa berkomentar secara asal tanpa mengetahui efek dari perkataan mereka.

4. Menciptakan kehidupan yang palsu

Banyak selebgram sering menunjukkan kehidupan mewah dan bahagia di Instagram. Keadaan ini yang biasanya bisa menyebabkan rasa iri. Mereka hendak menjadi selebgram dan medapatkan kehidupan yang sama. Tak jarang ada beberapa di antaranya berupaya menciptakan kehidupan palsu dan membagikan di Instagram supaya memperoleh popularitas yang sama. Kebutuhan terhadap validasi dan ketenaran ini mampu mempengaruhi kesehatan mental penggunanya. Sehingga, pengguna yang merasakan efek buruk dari Instagram kamu bisa memilih agar berhenti memakai media sosial itu.

5. Akun diretas

Survei online Kaspersky Lab kepada 4.831 responden menjelaskan bahwa sekitar 5% responden menerangkan bahwa mereka hendak menghapus akun media sosial mereka, sebab akunnya sudah diretas. Seperti halnya media sosial lain, Instagram juga mempunyai kerentanan jika diretas. Alasan peretasan dapat bervariasi, dari masalah sederhana misalnya iseng hingga sengaja mengambil alih akun. Apabila akun pengguna diretas, alasan menghapus akun merpakan hal yang disarankan supaya akun pengguna tak disalahgunakan.

Adapun cara menghapus akun Instagram dengan berikut ini, yakni:

1. Menghapus akun Instagram lewat aplikasi di Android dan iOS

Daun.id

Sumber: Instagram

Dikutip dari The Verge, berikut cara menghapus akun Instagram lewat aplikasi di Android dan iOS:

- Buka aplikasi Instagram pada perangkat Android atau iOS.
- Buka bagian Profile.
- Tekan opsi Garis Tiga di kanan atas.
- Pilih Setting.
- Klik Account.
- Gulir ke bawah kemudian tekan Delete Account yang ada di bawah opsi Branded Content.
- Pilih Continue deleting account.
- Ikuti instruksi yang timbul pada layar.

2. Cara menghapus akun Instagram sementara

Apabila kamu hanya perlu istirahat dari Instagram, kamu mungkin lebih berminat supaya menontaktifkan akun. Langkah-langkah dalam menghapus akun Instagram secara sementara, yakni:

- Buka website Instagram.com lewat browser, lalu login ke akun Instagram.
- Tekan foto profil di pojok kanan atas, lalu pilih ke pengaturan.
- Pada halaman Edit Profile, klik menu Temporarily disable my account.
- Pilih alasan mengapa akun hendak dinonaktifkan.
- Masukkan kembali password-mu untuk konfirmasi.
- Tekan “Temporarily Disable Account.”
- Selesai, akun Instagram kamu telah berhasil di-nonaktifkan.

3. Menghapus akun Instagram lewat situs

Cara menghapus akun Instagram berikutnya adalah dapat lewat situs, yakni:

- Buka laman Hapus Akun Instagram pada peramban.
- Tekan alasan kamu menghapus akun.
- Plih Delete (nama akun kamu).
- Masukkan password dalam melakukan konfirmasi

4. Menghapus akun Instagram secara permanen

Apabila hendak menghapus akun Instagram selamanya, pengguna juga diberikan opsi dalam melakukan hal itu. Adapun cara menghapus akun Instagram selamanya, yaitu:

- Buka link penghapusan akun Instagram.
- Kemudian, pilih menu drop down yang meminta alasan mengapa kamu hendak menghapus akun.
- Isikan password kamu lagi pada halaman yang muncul seusai kamu mengisi alasan.
- Lalu pilih “Delete [username]” dalam menghapus akun secara permanen.

5. Hapus akun Instagram lupa password secara permanen

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara menghapus akun Instagram yang lupa password secara permanen, yaitu:

- Bukalah salah satu browser dapat lewat PC laptop ataupun HP.
- Masukkan link atau tautan ini pada kolom pencarian https://www.instagram.com/accounts/login/?next=/accounts/remove/request/permanent/.
- Kemudian login menuju Instagram yang hendak dihapus.
- Setelah itu, masukkan kata sandi dan akan ada pertanyaan "Mengapa menghapus akun Anda?" kemudian pilih salah satu alasan yang terdapat di kolom pilihan.
- Sesudah memilih alasan, kemudian pilihlah menu "Hapus Akun Saya Secara Permanen".

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya