7 Cara Menghapus Akun Gmail Secara Mudah dan Aman, Ketahui Pemulihannya

"Gmail merupakan sebuah layanan yang digunakan untuk berkirim surat, dokumen, file, dan lain sebagainya di era modern."

Tech | 14 March 2022, 14:40
7 Cara Menghapus Akun Gmail Secara Mudah dan Aman, Ketahui Pemulihannya

Pengguna Gmail terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Terhitung sejak tahun 2018, pengguna Gmail kurang lebih telah mencapai sekitar 1,5 milyar. Gmail juga dapat dikatakan memiliki pengguna yang cukup besar. Pasalnya, Gmail ini telah didukung android yang mewajibkan setiap pengguna android harus memiliki akun Gmail.

Tentu, selain berkirim surat Gmail juga menyediakan berbagai layanan lainnya. Salah satu keunggulan Gmail ialah mampu memberikan pelayanan penyimpanan bagi para penggunanya. Selain itu akun Gmail juga dapat digunakan untuk login dalam berbagai aplikasi maupun platform yang lainnya. Bahkan dapat berkirim dokumen yang bersifat digital.

Gmail memiliki kepanjangan Google Mail, yang setiap tahunnya mengalami banyak perkembangan. Setelah mengamati beberapa penjelasan di atas Gmail termasuk salah satu akaun yang sangat penting untuk dimiliki. Hal ini dikarenakan Gmail dapat menyembungkan pengguna dengan banyak platform. Sehingga dapat menikmati banyak hal pula.

Namun dikarenakan berbagai macam alasan tertentu, terkadang ada pengguna yang ingin menghapus akun Gmail. Kondisi ini terkadang disebabkan, sudah tidak digunakannya akun tersebut, atau mungkin sedang diretas, bahkan ada juga karena lupa kata sandi, dan beberapa kondisi lainnya. Untuk menghapus akun Gmail secara aman juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Menghapus akun Gmail yang sudah tidak terpakai tentu sangat penting. Hal ini untuk menghindari penyalahgunaan data pribadi si pemilik akun oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Selain itu juga untuk mengamankan dokumen penting yang pernah diunggah. Sehingga data informasi pengguna dapat dipastikan tetap aman.

Cara menghapus akun Gmail

Tentu untuk menghapus akun Gmail ada beberapa langkah yang harus diperhatikan agar akun benar-benar dapat terhapus secara aman. Menghapus akun Gmail juga dapat menghilangkan beberapa data dan konten digital yang pernah anda miliki di Gmail. Berikut ini langkah-lahkah menghapus Gmail secara aman :

Daun.id

sumber; pexels

1. Download atau backup terlebih dahulu data-data yang ada di akun tersebut yang menurut anda sangat penting.

2. Untuk membuka akun Gmail disarankan untuk membukanya melalui laptop dan browser Google Chrome. Hal ini untuk memudahkan para penggunanya.

3. Klik pada foto profil akun Gmail yang akan dihapus.

3. Kemudian klik kelola akun Gmail Anda.

4. Kemudian pilih menu data & personalisasi, guna mengontrol aktivitas yang ada di akun Gmail mulai dari histori, iklan dan yang lainnya.

5. Secara otomatis akan menampilkan menu download, hapus atau buat rencana untuk data Anda, pilih hapus layanan atau akun Anda.

6. Setelah semuanya dilakukan, langsung saja lakukan penghapusan akun dengan mengklik Hapus akun Gmail Anda yang telah tersedia.

7. Untuk tahap selanjutnya ikuti arahan yang akan diberikan selanjutnya oleh Gmail.

Demikian beberapa langkah atau cara menghapus akun Gmail secara mudah dan aman. Jika ingin benar menghapus akun Gmail jangan lupa untuk menyimpan atau mendownload terlebih dahulu dokumen-dokumen penting.

Cara memulihkan akun Gmail yang telah dihapus

Jika Anda lupa belum melakukan penyimpanan data-data penting, tenang akun Gmail yang belum lama terhapus dapat dipulihkan kembali. Ketika jarak waktu penghapusan akun belum sampai 30 hari, maka akun Gmail yang telah dihapus dapat dipulihkan kembali. Berikut ini cara memulihkan akun Gmail yang telah terhapus :

Daun.id

sumber; pixabay

- Membuka alamat website https://accounts.google.com/signin/v2/recoveryidentifier?hl=en&flowName=GlifWebSignIn&flowEntry=AccountRecovery pada Google.

- Ketik alamat email yang ingin dipulihkan kembali.

- Setelah itu, klik berikutnya.

- Masukkanlah kata sandi dari akun google tersebut kemudian pilih Coba pertanyaan lain.

- Masukkan alamat email pemulihan yang didaftarkan pada akun Google yang telah terhapus sebelumnya.

- Setelah itu klik Kirim.

- Cek alamat email pemulihan untuk mendapatkan kode verifikasi yang berupa angka 6 digit dan masukkan kode tersebut.

- Klik Berikutnya sehingga muncul halaman untuk membuat password baru.

- Buat kata sandi baru terlebih dahulu, kemudian klik Ubah sandi.

- Setelah itu akun akan dapat pulih kembali dengan password baru yang telah dibuat dan akun akan pulih kembali.

Demikian beberapa informasi seputar cara menghapus dan memulihkan akun Gmail. Jika terjadi beberapa permasalahan atau kesulitan, sebaiknya langsung saja menghubungi pihak resmi yang berkaitan dengan Gmail.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya