2 Cara Menghapus Memori Penuh, Kosongkan Cache Aplikasi Ponsel

"Handphone Anda sering mengalami memori penuh, namun bingung untuk mengatasina. Simak pembahasan di bawah ini tentang cara menghapus memori penuh."

Tech | 02 April 2022, 09:36
2 Cara Menghapus Memori Penuh, Kosongkan Cache Aplikasi Ponsel

Pengguna ponsel android seringkali mengalami masalah memori penuh, padahal tidak digunakan untuk menyimpan fie yang banyak. Pada umumnya, memori pada Handphone android memilika banyak ruang penyimpanan yang memiliki kapasitas GB. Jika penggunaan penyimpanan digunakan untuk menyimpan file terlalu banyak, dapat menyebabkan memori cepat penuh.

Sebelum menyimpan banyak file pada android, sebaiknya Anda mengetahui dahulu kapasitas penyimpanan HP Anda. Sehingga dapat memperhitungkan jumlah besaran file yang akan disimpan. Biasanya, tanpa sadar sebagian besar pengguna android sering menggunakan untuk foto, atau merekam melalui video. Tentu kondisi ini jika tidak disadari dapat membuat penyimpanan atau memori cepat penuh.

Jika memori penuh, akan memiliki beberapa dampak terhadap performa ponsel Anda. Salah satunya ialah ponsel menjadi lemot, dan bekerja terlalu keras menyebabkan mudah panas dan memakan baterai terlalu tinggi. Terutama ketika terjadi pada memori internal ponsel Anda, nah maka kondisi memori internal harus sering dicek guna memastikan tetap tersedia memori yang masih kosong.

Selain disebabkan karena file-file yang nampak, terkadang memori penuh juga dapat disebabkan oleh beberapa file yang tersembunyi. Misalnya, file-file yang ukurannya terlalu kecil, namun menumpuk terlalu banyak dan memakan banyak ruang penyimpanan. Sehingga menyebabkan memori penuh dan mempengaruhi kinerja atau performa ponsel Anda. Nah, berarti harus sering dicek dan menghapus file yang tidak penting, simak pembahasan kami di bawah ini.

Cara menghapus memori penuh

Menghapus memori penuh dapat dilakukan melalui banyak cara, sebelum melakukan hal ini sebaiknya dicek terlebih dahulu isi ruang penyimpanan. Hal ini untuk memilih file yang tidak penting. Sehingga dapat melakukan penghapusan, dan melegakan ruang penyimpanan. Berikut ini cara menghapus memori ponsel:

1. Cara menghapus memori penuh melalui cache aplikasi

Daun.id

sumber; pixabay.com

Cache pada ponsel ini berisi sampah-sampah sisa yang dihasilkan dari penelusuran mesin pencarian google. Berikut ini cara menghapus memori melalui cache :

- Bukalah setelan pada HP Android melalui menu pengaturang yang tersedia.

- Jika sudah terbuka, masuk pada menu Aplikasi yang terdapat dalam android.

- Setelah itu carilah beberapa aplikasi yang tampak telah menyimpan data dengan ukuran yang besar.

- Jika sudah dapat ditemukan, buka aplikasi tersebut.

- Klik pada menu Penyimpanan, langsung saja hapus cache tersebut.

- Selanjutnya, lakukan menghapus Cache aplikasi yang lainnya dengan cara yang sama.

- Selesai, seluruh cache secara otomatis akan terhapus. Dan memori menjadi lega.

Selain cache aplikasi juga dapat dihapus dengan data, namun jika menghapus data, akan menyebabkan semua data aplikasi hilang.

2. Cara menghapus memori penuh dengan uninstal aplikasi

Daun.id

sumber; pexels.com

Terlalu banyak aplikasi yang terinstal pada ponsel android Anda dapat menyebabkan memori cepat penuh. Sehingga pilih lah aplikasi yang tak terlalu pentig untuk di uninstal. Berikut ini langkah-langkahya :

- Bukalah pada menu pengaturan yang telah tersedia di ponsel android Anda.

- Klik pada opsi setelan.

- Jika sudah, klik pada Manajemen Aplikasi.

- Setelah itu, pilih beberapa aplikasi yang akan dihapus.

- Selanjutnya, lakukan uninstal pada beberapa aplikasi

- Secara otomatis aplikasi terhapus, dan memori menjadi lega.

Demikian pembahasan kami seputar cara menghapus memori penuh pada ponsel android. Pastikan Anda lebih sering melakukan pengecekan pada ruang penyimpanan ponsel Anda untuk mengetahui kondisi ruang penyimpanan. Sehingga ketika mengetahui sedang terjadi penumpukkan untuk segera dilakukan penghapusan memori. Secara mudahnya, lakukan seperti cara di atas. Selamat mencoba !

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya