5 Cara Agar Memori HP Tidak Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi

"Memori handphone tidak akan cepat penuh."

Tech | 07 April 2022, 11:17
5 Cara Agar Memori HP Tidak Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi

Memori HP yang penuh dapat mengganggu kinerja perangkat dan membuatnya jadi tambah lemot. Dalam mengatasinya, kamu perlu menghapus data yang tidak penting dalam ruang penyimpanan.

Handphone tentu mempunyai ruang penyimpanan yang berbeda-beda, tergantung dari merek dan jenis HP yang dipakai. Memori handphone yang kecil membuatnya mudah penuh.

Adapun kebiaasaan-kebiasaan yang memicu rang penyimpanan jadi cepat penuh, yakni:

- Intensitas pengirim atau penerimaan pesan video begitu tinggi.
- Editing video dan gambar memakai aplikasi HP.
- Pemakaian aplikasi ukuran besar contohnya, aplikasi editing.
- Tidak berniat untuk manajemen penyimpanan secara berkala.
- Terlalu sering mengambil gambar.
- Resolusi gambar yang dipotret HD.
- Biasa mengirim atau menerima pesan suara.

Ini dia cara agar memori HP tidak penuh tanpa menghapus aplikasi yang dapat kamu lakukan, yakni:

1.  Restart HP

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara agar memori HP tidak penuh tanpa menghapus aplikasi yang pertama ialah dengan restart HP secara berkala. Sistem pada HP akan membuang cache secara otomatis saat HP mati ketika proses restart. Akan tetapi, kamu juga perlu tetap mengimbangi secara berkala menghapus cache pada setiap aplikasi secara rutin.

2. Membersihkan cache di HP

Cara agar memori HP tidak penuh tanpa menghapus aplikasi selanjutnya adalah dengan membersihkan cache di HP. Kamu dapat melakukannya dengan dua cara, yaitu membersihkan satu per satu cache di aplikasi atau membersihkan cache langsung semuanya.

3. Memindahkan file di Laptop

Cara agar memori HP tidak penuh tanpa menghapus aplikasi berikutnya ialah kamu dapat memindahkan semua file di ruang penyimpan HP ke laptop.

4. Menghapus data pada Messenger

Cara agar memori HP tidak penuh tanpa menghapus aplikasi selanjutnya adalah menghapus data di aplikasi messenger yakni WhastApp, Telegram, dan lainnya.

Selain itu, kamu bisa non-aktifkan fitur download gambar di aplikasi messenger supaya dapat menghemat penyimpanan dan kamu dapat mendowlod file-file yang kamu anggap penting.

5. Memindahkan file ke Google Drive

Daun.id

Sumber: Canva

Cara agar memori HP tidak penuh tanpa menghapus aplikasi yang terakhir dengan memindahkan file menuju Google Drive. Kamu dapat memindahkan file-file penting yang memenuhi memori hendphone ke Google Drive.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya