3 Cara Menghapus Aplikasi di Macbook dengan Mudah dan Cepat

"Ada beberapa cara untuk menghapus aplikasi di Macbook, ikuti langkah-langkah berikut ini."

Tech | 17 May 2022, 07:48
3 Cara Menghapus Aplikasi di Macbook dengan Mudah dan Cepat

Salah satu alasan pengguna menghapus aplikasi dari Macbook adalah, dengan menghapus aplikasi akan membuat ruang penyimpanan tersedia untuk kebutuhan yang lain. Anda dapat melakukannya dengan mengggunakan beberapa cara berikut ini.

1. Menggunakan Launchpad untuk menghapus app
Menggunakan Launchpad adalah cara mudah untuk menghapus app yang diunduh dari App Store. Berikut adalah cara menghapus aplikasi dari Macbook.

- Buka Launchpad dengan klik di Dock atau buka dari folder Aplikasi. Anda juga dapat menjepitnya dengan ibu jari dan tiga jari di trackpad.

- Jika Anda tidak melihat app di Launchpad, ketik namanya di bidang pencarian pada bagian atas layar. Atau, gesek ke kanan atau kiri dengan dua jari pada trackpad untuk menampilkan halaman berikutnya maupun sebelumnya.

- Tekan terus tombol Option (⌥), atau klik dan tahan app apa pun hingga app bergetar.

- Klik tombol Hapus  di samping app yang ingin dihapus, lalu klik Hapus untuk mengonfirmasi. App tersebut akan segera terhapus. App yang tidak muncul berarti  tidak berasal dari App Store atau diwajibkan oleh Mac. Untuk menghapus app yang tidak berasal dari App Store, cukup gunakan Finder.

- Layar Launchpad macOS menampilkan pilihan konfirmasi penghapusan aplikasi

Menghapus app tidak akan membatalkan langganan apa pun yang telah Anda beli dengan app tersebut. Pelajari cara membatalkan langganan untuk app yang diunduh dari App Store.

2. Menggunakan Finder untuk menghapus app
Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghapus aplikasi di Macbook menggunakan Finder.

- Cari aplikasi yang ingin dihapus di Finder. Sebagian besar app terdapat dalam folder Aplikasi, yang dapat dibuka dengan mengeklik Aplikasi di bar samping setiap jendela Finder. Atau gunakan Spotlight untuk mencari app, lalu tekan terus tombol Command (⌘) sambil mengeklik dua kali app tersebut di Spotlight.

- Tarik app ke Tong Sampah, atau pilih app tersebut, lalu pilih File > Pindahkan ke Tong Sampah.

- Jika Anda dimintai nama pengguna dan kata sandi, masukkan nama dan kata sandi akun administrator di Macbook. Nama dan kata sandi ini kemungkinan adalah yang Anda gunakan untuk masuk ke Macbook Anda.

- Untuk menghapus app, pilih Finder > Kosongkan Tong Sampah.

3. Dengan Aplikasi Tambahan AppCleaner
Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan agar hasilnya lebih bersis dan tentunya tetap mudah. Contoh dari aplikasi tersebut adalah AppCleaner.

- Unduh aplikasi ini kemudian buka. Di tampilan utama AppCleaner, tinggal drag and drop saja aplikasi yang ingin kamu hapus dari Finder.

- Tunggu proses pemindaian selesai dan tekan tombol Remove di App Cleaner.

- Lalu untuk CleanMyMac X, silakan masuk ke sidebar Uninstaller kemudian cari aplikasi yang ingin kamu hapus.

- CleanMyMac X akan menampilkan daftar folder di sistem operasi macOS yang berhubungan dengan aplikasi tersebut. Terakhir tekan tombol Remove untuk menghapus semuanya secara mudah dan cepat.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya