9 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root, Ketahui Bahaya Root

"Tidak harus melalui root, Anda masih tetap bisa menghapus aplikasi bawaan Android."

Tech | 16 June 2022, 15:57
9 Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root, Ketahui Bahaya Root

Tidak mengherankan, pada dasarnya setiap smartphone Android memiliki aplikasi bawaan. Namun sayangnya aplikasi bawaan yang telah terpasang di smartphone tidak seluruhnya akan digunakan oleh para penggunanya. Sehingga banyak aplikasi yang menganggur tak terpakai oleh penggunanya. Menjamurnya aplikasi bawaan, juga dapat mempengaruhi ruang penyimpanan internal.

Penuhnya ruang penyimpanan dapat mempengaruhi kinerja Android, sehingga menjadi lemot. Selain itu, juga dapat menimbulkan beberapa masalah baru yang lainnya. Para pengguna pun bergegas mencoba untuk menghapusnya, Namun sayang menghapus aplikasi bawaan tidak semudah menghapus aplikasi tambahan. Sehingga banyak para pengguna yang mengalami kesulitan.

Salah satu cara yang sering digunakan ialah dengan melalui Root. Root merupakan sebuah proses izin secara paksa untuk mendapat kontrol yang lebih tinggi. Istilah ini dapat dikenal juga dengan istilah "akses root", langkah ini dapat memberikan akses ke dalam hak administratif pada android, jika berhasil. Nah, maka penting untuk mengenali resiko akses root terlebih dahulu.

Resiko melakukan "akses root"

Daun.id

sumber; pexels.com

Jika Anda memaksa melakukan akses root, ada beberapa resiko yang perlu Anda perhatikan. Sehingga perlu berpikir dua kali untuk melakukan langkah ini. Pasalnya masih ada cara lain yang bisa kalian lakukan untuk menghapus aplikasi bawaan tanpa harus melalui root. Berikut ini resiko ketika kalian melakukan root :

- Pengguna dapat terancam akan kehilangan garansi HP ketika rusak. Jika terjadi kerusakan pada HP yang telah dilakukan root, pihak penyedia layanan tidak bertanggung jawab. Garansi hangus, pasalnya sistem yang dijalankan bukan lagi sistem pabrik.

- Privasi pengguna dapat terancam, HP yang sudah di root dapat mendownload banyak aplikasi apapun, bahkan dari sumber yang kurang terpercaya. Sistem keamanan yang telah ditanam oleh pabrik secara tidak langsung telah dibuka. Sehingga memiliki peluang terancamnya keamanan privasi.

- Perangkat dapat terancam virus, hal ini disebabkan telah terbukanya sistem keamanan yang telah ditanam oleh pabrik. Sehingga Android tidak lagi terlindungi oleh sistem keamanan. Hal ini memiliki potensi memudahkan virus masuk melalui aplikasi-aplikasi terlarang yang terinstal.

- Aplikasi resmi tak dapat dijalankan, ada beberapa jenis aplikasi yang memang sudah diapasang pendeteksi Android yang sudah dilakukan root. Sehingga dapat mengetahui dan tidak bisa dipasang pada perangkat tersebut.

- Daya tahan baterai terancam, sehingga baterai pada perangkat Android yang telah di root terancam tidak awet. Pasalnya, kondisi root dapat memaksa kinerja HP yang lebih keras di luar kapasitasnya. Kondisi ini dapat membawa dampak pada baterai yang digunakan perangkat tersebut.

Itulah beberapa resiko yang dapat timbul ketika kalian melakukan rooting pada Android. Mending ikuti beberapa langkah di bawah ini, menghapus aplikasi bawaan tanpa root.

Cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa root

Daun.id

sumber; pexels.com

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghapus aplikasi bawaan tanpa harus melakukan root. Cara ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi tambahan CCleaner, berikut ini langkahnya :

1. Unduh dan install aplikasi CCleaner pada perangkat.

2. Buka aplikasi CCleaner

3. Klik "tiga garis" pada menu beranda.

4. Kemudian, klik "App Manager".

5. Klik menu "System".

6. Lalu tekan tombol ikon "tong sampah".

7. Akan muncul peringatan, lalu klik "Continue".

8. Tandai aplikasinya, lalu klik "Uninstall".

9. Selesai, beberapa aplikasi yang ditandai akan terhapus.

Demikian langkah-langkah menghapus aplikasi bawaan tanpa melalui root. Jika Anda ingin menghapus aplikasi bawaan, sebaiknya lakukan melalui langkah ini.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya