Doa Keluar Masjid dan Tata Krama Lengkap, Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Saat hendak keluar masjid baca doa ini dan lakukan dengan tata krama."

Life | 20 July 2022, 15:22
Doa Keluar Masjid dan Tata Krama Lengkap, Teks Arab, Latin, dan Artinya

Masjid pada umumnya ialah tempat khusus beribadah bagi umat muslim, selain itu di Indonesia ada beberapa masjid yang dapat digunakan menjadi basis gerakan sosial. Seperti tempat untuk mendidik masyarakat, mulai dari mengaji, mengelola zakat, membuka taman baca bagi masyarakat, dan beberapa gerakan sosial lainnya.

Sehingga kondisi lingkungan masjid menjadi benar-benar ramai dan banyak yang berkunjung untuk melakukan aktivitas sekaligus sholat jamaah di masjid. Saat memasuki masjid ini ada etika atau tata kramanya lho, salah satunya berdoa ketika hendak masuk ke dalam masjid. Selain itu kita juga dianjurkan berdoa ketika keluar masjid.

Doa keluar masjid

Setelah melakukan aktivitas atau beribadah di dalam masjid ketika hendak keluar dianjurkan untuk berdoa. Berikut doa keluar masjid :

Daun.id

sumber; pexels.com

Doa Ringkas :

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allahummaghfirlii dzunubii waftahlii abwaba fadhlika.

"Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu."

Doa Lengkap :

أعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ فَضْلِكَ

A‘uudzu billaahil ‘azhiim wa biwajhihil kariim wa sulthaanihil qadiim minas syaithaanir rajiim. Bismillaahi wal hamdulillaah. Allaahumma shalli wa sallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin. Allaahummaghfirlii dzunuubii waftahlii abwaaba fadhlik.

"Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukakanlah bagiku segala pintu kemurahan-Mu."

Tata krama di Masjid

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang doa keluar masjid, ada baiknya kita membahas tata krama saat di masjid terlebih dahulu. Berikut ini tata krama saat di masjid :

1. Berdoa dari rumah ketika hendak berangkat ke masjid, berikut ini lafal doanya :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِحَقِّ السَّائِلِينَ عَلَيْكَ وَأَسْأَلُكَ بِحَقِّ مَمْشَايَ هَذَا فَإِنِّي لَمْ أَخْرُجْ أَشَرًا وَلَا بَطَرًا وَلَا رِيَاءً وَلَا سُمْعَةً وَخَرَجْتُ اتِّقَاءَ سُخْطِكَ وَابْتِغَاءَ مَرْضَاتِكَ فَأَسْأَلُكَ أَنْ تُعِيذَنِي مِنْ النَّارِ وَأَنْ تَغْفِرَ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ أَقْبَلَ اللَّهُ عَلَيْهِ بِوَجْهِهِ وَاسْتَغْفَرَ لَهُ سَبْعُونَ أَلْفِ مَلَكٍ

"Ya Allah aku meminta kepada-Mu dengan hak peminta kepada-Mu, dan aku juga meminta dengan hak jalanku ini. Sesungguhnya aku keluar bukan untuk keburukan, bukan untuk kesombongan, bukan untuk riya’ dan bukan untuk dipuji. Aku keluar agar terhindar dari murka-Mu dan mengharap ridha-Mu. Maka aku meminta agar engkau melindungiku dari siksa neraka dan mengampuni dosaku, karena tidak ada yang mengampuni dosa kecuali Engkau”.

2. Berjalan dengan baik dan sopan, ketika perjalanan ke masjid.

3. Membaca doa masuk dan keluar masjid, ketika sudah mau masuk di masjid dianjurkan berdoa, bgitu juga ketika hendak keluar. Berikut ini doa masuk masjid :

Doa masuk masjid (ringkas) :

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allahummaftahlii abwaaba rahmatika.

"Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu."

Doa masuk masjid (lengkap) :

بِسْمِ اللهِ, وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ,اللَّهُمَّ اغْفِرْلِيْ ذُنُوْبِيْ, وَافْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Bismillah wash-shalaatu was salaamu ‘ala rasuulillah. Allahummaftahlii abwaaba rahmatik.

"Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu rahmat-Mu."

Daun.id

sumber; pexels.com

4. Menjaga kebersihan, kesucian, dan keamanan masjid.

5. Hindari perbuatan mencari keuntungan duniawi di dalam masjid.

6. Menggunakan pakaian yang sopan saat di dalam masjid.

7. Menggunakan wewangian.

8. Dilarang keluar setelah adzan usai dikumandangkan kecuali ada udzur syar'i.

9. Mendahulukan kaki kanan ketika masuk dan mendahulukan kaki kiri ketika keluar masjid.

Itulah doa keluar masjid secara ringkas dan lengkap yang dilengkapi tata krama. Semoga bermanfaat.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 17 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya