Doa Memakai Pakaian dan Tata Kramanya, Lengkap Teks Arab, Latin, Artinya

"Hendaklah berdoa terlebih dahulu sebelum memakai pakaian dan melepasnya."

Life | 22 July 2022, 14:50
Doa Memakai Pakaian dan Tata Kramanya, Lengkap Teks Arab, Latin, Artinya

Dalam Islam saat memakai pakaian seseorang dianjurkan untuk berdoa terlebih dahulu. Diberikan nikmat masih memiliki dan dapat memakai pakaian adalah suatu kenikmatan yang patut disyukuri oleh siapapun. Terlebih pakaian yang akan digunakan adalah pakaian baru. Maka dianjurkan berdoa bagi seseorang agar mendapat keberkahan dan kebaikan.

Tentu Rasulullah SAW mengajarkan beberapa doa yang dapat dibaca oleh umatnya. Pakaian sendiri termasuk salah satu kebutuhan pokok manusia yang memiliki berbagai fungsi. Seperti menghangatkan tubuh saat kedinginan, melindungi tubuh dari debu, hingga yang terpenting dapat menutup aurat seseorang agar tidak nampak.

Doa memakai pakaian

Sebaiknya membaca doa di bawah ini saat memakai pakaian dengan mengharap mendapat suatu keberkahan dan kebaikan dari Allah SWT. Berikut ini lafal doa memakai pakaian secara lengkap :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا هُوَ لَهُ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا هُوَ لَهُ

Allâhumma innî as’aluka min khairhi wa khaira mâ huwa lahu, wa a‘ûdzubika min syarrihi wa syarri mâ huwa lahu.

"Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan sesuatu yang di dalamnya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pakaian ini dan keburukan sesuatu yang ada di dalamnya.”

Daun.id

sumber; pixabay.com


Doa memakai pakaian baru

Ketika seseorang membeli pakaian baru, saat akan memakainya dianjurkan untuk terlebih dahulu. Adapun doa memakai pakaian baru, seperti berikut ini :

الحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَساني ما أُوَاري بِهِ عَوْرَتي وَأَتَجَمَّلُ بِهِ في حياتي

Alhamdulillâhil ladzî kasânî mâ uwâriy bihi ‘aurâtî wa atajammalu bihi fî hayâtî

"Segala puji bagi Allah yang telah memberiku pakaian sebagai penutup auratku dan penghias dalam hidupku."

Tata krama memakai pakaian

Dalam Islam juga diatur beberapa tata krama saat seseorang hendak memakai pakaian. Sebaiknya gunakan tata krama seperti di bawah ini :

1. Hendaknya mengawali dengan mengucapkan kalimat basmallah. Sebab Islam mengajarkan ketika hendak mengawali segala urusan awalilah dengan ucapan basmallah.

2. Jika lupa membaca basmallah di awal, dan teringat di tengah-tengah. Maka segeralah mengucap "bismillahi fi awwalihi wa akhirihi".

3. Dalam menggunakan pakaian berniatlah dengan niat menutupi aurat.

4. Awali dengan mendahulukan anggota tubuh yang kanan terlebih dahulu saat memakai. Mengawali dengan sisi anggota tubuh yang kiri saat melepasnya.

5. Pilihlah pakaian yang sedang-sedang saja. Atau menggunakan pakaian dengan cukup rapi.

6. Ketika seusai melepas pakaian ucapkanlah kalimat syukur.

Itulah beberapa tata krama atau adab seseorang dalam berpakaian menurut islam. Lakukanlah agar selalu mendapat keberkahan dan kebaikan.

Doa melepas pakaian

Daun.id

sumber; pixabay.com

Selain memakai, melepas pakaian yang telah digunakan juga dianjurkan untuk membaca doa. Berikut ini doa melepas pakaian :

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لَا إِلهَ إِلاَّ هُوَ

Bismillâhil ladzî lâilâha illâ huwa

"Dengan nama Allah yang tiada tuhan selain Dia."

Itulah macam-macam doa tentang berpakaian yang dilengkapi dengan adab atau tata krama dalam berpakaian. Semoga bermanfaat.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya