Doa Awal Ramadhan sesuai Sunnah, Berharap Mendapat Berkah

"Sambut bulan ramadhan penuh berkah dengan berdoa."

Life | 19 August 2022, 08:10
Doa Awal Ramadhan sesuai Sunnah, Berharap Mendapat Berkah

Bulan ramadhan merupakan bulan yang dinanti-nanti kedatangannya dan dirindukan oleh umat Islam. Alasannya, tentu karena bulan ramadhan adalah hanya datang sekali dalam setahun dan bulan tersebut setiap amalan akan dilipat gandakan. Maka tidak heran jika bulan tersebut menjadi bulan yang istimewa bagi umat Islam.

Selain itu, kamu juga dapat mengawali datangnya bulan ramadhan dengan berdoa. Dengan mengawali bulan tersebut dengan berdoa diharapkan dapat memperoleh keberkahan bagi kita semua. Adapun beberapa doa yang dapat kamu baca ketika memasuki bulan ramadhan yakni sebagai berikut ini:

1. Doa awal ramadhan pertama
Daun.id

Sumber: Pexels.com

اللَّهُمَّ سَلِّمْنِيْ لِرَمَضَانَ وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِيْ وَسَلِّمْهُ مِنِّيْ

Allahumma sallimni li ramadhana, wa sallim ramadhana li, wa sallimhu minni

Artinya: “Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.”

2. Doa awal ramadhan kedua

Doa ramadhan selanjutnya merupakan permohonan Rasulullah SAW diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud, berbunyi:

 هِلالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ )مرتين(، آمَنْتُ بِالَّذِي خَلَقَكَ )ثَلاث مرات(، الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي ذَهَبَ بِشَهْرِ كَذَا ، وَجَاءَ بِشَهْرِ كَذَا

Hilalu rusydin wa khairin (2 kali), amantu bil ladzi khalaqaka, (3 kali), alhamdulillahil ladzi dzahaba bi syahri kadza, wa ja’a bi syahri kadza

Artinya: “Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (3 kali). Segala puji bagi Allah yang menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini." (HR Abu Dawud)

3. Doa awal ramadhan ketiga
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Doa awal bulan ramadhan ini dilansir oleh Syekh Ibnu Hajar al-Haitami Ithafu Ahlil Islam bi Khushushiyyatish Shiyam (109), berbunyi:

اللَّهُ أَكْبَرُ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ العَظِيْمِ، اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الشَّهْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ الْقَدَرِ، وَمِنْ شَرِّ الْمحَشْرِ

Allahu akbaru, la haula wa la quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘azhimi. Allahumma inni as’aluka khaira hadzas syahri, wa a‘udzu bika min syarril qadari, wa min syarril mahsyari

Artinya: “Allah maha besar. Tiada daya dan upaya kecuali berkat pertolongan Allah yang maha agung. Aku memohon kepada-Mu kebaikan bulan ini (Ramadhan). Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan takdir dan keburukan mahsyar.”

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 17 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya