Doa Wirid Setelah Sholat, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Penuh keistimewaan doa ini dapat diamalkan sehari-hari."

Life | 23 August 2022, 15:34
Doa Wirid Setelah Sholat, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

Wirid merupakan salah satu anjuran untuk selalu diamalkan dalam sehari-hari sesudah melaksanakan sholat lima waktu. Rasulullah sendiri tak pernah meninggalkan dzikir setiap waktu dalam situasi dan kondisi apapun. Wirid juga bagian dari dzikir, pelaksanannya lebih sering dilakukan seusai sholat. Tentunya sangat cocok untuk mengisi kekosongan waktu setelah sholat.

Orang yang berdzikir dapat diibaratkan orang yang benar-benar hidup hatinya. Sedangkan orang yang tidak berdzikir diibaratkan orang yang sudah mati hatinya. Artinya dzikir merupakan amalan yang dapat menghidupkan hati manusia dan menjadi terang lebih dekat dengan Allah SWT. Wirid setelah sholat memiliki hukum sunnah, hal ini juga dijelaskan melalui hadits di bawah ini :

قال صلى الله عليه وسلم من سبح دبر كل صلاة ثلاثا وثلاثين وحمد ثلاثا وثلاثين وكبر ثلاثا وثلاثين وختم المائة بلا إله إلا الله لاشريك له له الملك وله الحمد وهو على كل شيء قدير غفرت ذنوبه ولو كانت مثل زبد البحر

Artinya:
Rasulullah SAW bersabda, ‘Siapa yang bertasbih, bertahmid, dan bertakbir setelah sholat sebanyak 33 kali dan menutupnya dengan membaca lâ ilâha illallâh lâ syarîka lahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alâ kulli syai’in qadîr, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan.”(HR.Malik).

Melihat beberapa penjelasan di atas, wirid setelah sholat lima waktu memiliki banyak keutamaan jika diamalkan secara istiqamah.

Doa wirid setelah sholat

Daun.id

sumber; pexels.com

Doa wirid setelah sholat lima waktu ini bisa langsung dibaca setelah sholat maktubah setiap hari. Demikianlah susunan teks lengkapnya :

1. Bacaan Istighfar :

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمَ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ ×٣

Astaghfirullaahal-Adziim, Alladzii Laa Ilaaha Illaa Huwalhayyul-Qayyuum, Wa Atubu Ilaih.(3x)

Artinya: “Saya mohon ampun kepada allah yang maha besar, tidak ada tuhan melainkan dia, yang maha hidup yang terus-menerus mengurus makhluknya, dan saya bertobat kepadanya.”

2. Membaca kalimat tahlil seperti di bawah ini :

لَااِلَهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْر

"Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syaiin qodir"

3. Membaca doa memohon perlindungan dari siksa api neraka

اَللَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

Allahumma ajirni minnaar (3x)

اَللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مَنْكَ الْجَدُّ, لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

"Allahumma la mani a lima a thaita wa la mu’thiya lima mana’ta wa la yanfa’u dzal jadii minkal jaddu, la ilaha illa anta".

Artinya: “Ya Allah tidak ada yang menghalangi bagi apa yang telah Engkau berikan dan tidak kepada orang yang kaya di sisi Engkau segala kekayaan selain dari kebesaran-Mu ya Rabb. Tidak ada Tuhan yang layak disembah selain Engkau.”

4. Membaca doa selamat

للَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام.

"Allahumma Antas-Salaam Wa Minkas-Salaam Wa Ilaika Ya Uudus-Salamu Fa Hayyina Rabbanaa Bis-Salaami Wa Adkhilni-Jannata Daaros-Salaami Tabaarokta Robbanaa Wa Ta Alaika Ya Dzal-Jalali Wal Ikrom”

Artinya : “Ya Allah, engkau adalah zat yang mempunyai kesejahteraan dan daripadamulah kesejahteraan itu da kepadamulah akan kembali lagi segala kesejahteraan itu, maka hidupkanlah kami ya allah dengan sejahtera. dan masukkanlah kami kedalam surga kampung kesejahteraan, engkaulah yang kuasa memberi berkah yang banyak dan engkaulah yang maha tinggi, wahai dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

5. Membaca ayat kursi

اَللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَّلَانَوْمٌ، لَهُ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَمَافِي اْلأَرْضِ مَن ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَابَيْنَ أَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيْطُونَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَآءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضَ وَلَا يَـؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ.

"Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum. Laa ta'khudzuhuu sinatuw wa laa naum. Lahu maa fis samawati wa maa fil ardh. Man dzal ladzii yasyfa'u 'indahuu illaa bi idznih. Ya'lamu maa bayna aidiihim wa maa khalfahum. Wa laa yuhiithuuna bi syai-im min 'ilmihii illaa bimaa syaa-a. Wasi'a kursiyyuhus samaawaati wal ardh walaa ya-uuduhuu hifzhuhuma Wahuwal 'aliyul 'azim."

Artinya: “Allah, tidak ada tuhan selain dia, yang maha hidup, yang terus menerus mengurus (makhluknya), tidak mengantuk dan tidak tidur, miliknya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisinya tanpa izinnya. dia mengetahui apa yang ada dihadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apapun tentang ilmunya melainkan apa yang dia kehendaki, kursinya meliputi langit dan bumi. dan dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan dia maha tinggi, maha besar.”

6. Membaca tahmid, tasbih, dan takbir

سُبْحَانَ اللهِ ×٣٣

Subhanallah (33x)

Artinya: Maha Suci Allah ( 33x)

اَلْحَمْدُلِلهِ ×٣٣

Alhamdulillah (33x)

Artinya: Segala puji bagi Allah (33x)

اَللهُ اَكْبَرْ ×٣٣

Allahu Akbar (33x)

Artinya: Allah Maha besar (33x)

Daun.id

sumber; pexels.com

7. Membaca doa penutup

الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْداً يُوَافِي نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَا رَبَّنَا لَكَ الحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ. اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ وَسَلِّمْ وَرَضِيَ اللهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى عَنْ سَادَاتِنَا أَصْحَابِ
سَيِّدِنَا رَسُوْلِ اللهِ أَجْمَعِيْنَ

Demikianlah bacaan doa wirid setelah sholat yang dapat diamalkan sehari-hari secara istiqomah. Doa ini penuh dengan keutamaan jika sering diamalkan secara terus menerus.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya