Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup, Ketahui Tips Jitu Diterima Kerja

"Agar kamu dapat diterima kerja dengan cepat, ikutilah tips berikut ini."

Life | 08 September 2022, 21:55
Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup, Ketahui Tips Jitu Diterima Kerja

Memiliki perkerjaan yang mapan adalah impian semua orang. Itulah sebabnya ketika hendak melamar pekerjaan kamu harus mempersiapkan banyak hal. Salah satunya adalah memiliki Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae (CV) yang baik.

Sebuah perusahaan besar dan terkemuka akan memilih pelamar yang memiliki daftar riwayat hidup yang baik. Maksud dari daftar riwayat hidup yang baik adalah tidak memiliki rekam jejak kejahatan, memiliki kecerdasan dan keterampilan yang baik dan hal baik lainya.

Pada artikel kali ini, Daun.id akan memaparkan tentang bagaimana cara membuat daftar riwayat kerja yang baik dan juga tips-tips jitu agar diterima kerja.

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup

Daun.id

pexels.com

Sebelum kamu melamar kerja, salah satu hal penting yang harus dipersiapkan sebaik-baiknya adalah Daftar Riwayat Hidup. Dalam menulis daftar riwayat hidup, kamu harus dapat menuliskanya dengan lengkap, ringkas dan jelas.

Untuk menulis daftar riwayat hidup, kamu dapat mengikuti struktur berikut ini.

- Identitas diri meliputi nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, usia, foto, serta lainnya.

- Pendidikan terakhir (bisa juga hanya mencantumkan 2 pendidikan terakhir).

- Pengalaman pekerjaan.

- Pengalaman organisasi dan/atau prestasi (jika perlu).

- Keahlian dan minat.

Dalam penulisanya daftar riwayat hidup harus kamu tulis dengan lengkap, ringkas dan jelas. Kamu tidak boleh menulis daftar riwayat hidup secara berbelit-belit. Kamu juga dapat membuat daftar riwayat hidup yang kreatif jika diperlukan.

Fungsi Curriculum Vitae
Dari Daftar Riwayat Hidup HRD dapat menilai apakah kamu pantas masuk dalam perusahaan atau tidak. Berikut ini adalah fungsi dan kegunaan CV:

- Mempermudah mengevaluasi kompetensi dan bakat pelamar yang memiliki relevansi dengan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.

- CV ini mendeskripsikan kemampuan yang dimiliki dengan cara realistis dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

- Mendiskripsikan tingkat relevansinya tergantung dari teknik evaluasi yang dilakukan pelamar.

Tips Jitu Diterima Kerja

Daun.id

pexels.com

Selain dari menyiapkan Daftar Riwayat Hidup yang baik, kamu juga perlu menyipkan beberapa hal yang lain yang dapat memudahkan kamu agar bisa diterima kerja. Berikut ini adalah Tips Jitu Diterima Kerja:

Menguasai Skill dan Keahlian
Saat kamu hendak melamar pekerjaan, pastikan kamu memiliki skill yang mumpuni bidang keahlianmu. Belajarlah hingga kamu menjadi seorang yang profesional dalam bidang yang kamu geluti saat ini. Orang yang menguasai bidangnya akan semakin mudah untuk mendapatkan pekerjaan di suatu perusahaan.

Lamar Ke Tempat yang Sesuai dengan Skillmu

Jika kamu telah memiliki skill yang mumpuni di suatu bidang, kamu dapat memanfaatkan hal tersebut untuk memudahkan kamu diterima kerja. Namun untuk kamu yang belum berpengalaman kamu tidak perlu khawatir. Pilihlah perusahaan yang terbuka untuk pelamar yang baru lulus.

Siapkan Portofolio dengan Matang
Gunakan pengalaman kerja sebelumnya menjadi ‘senjata’ ampuh. Selain pekerjaan sebelumnya, kamu juga bisa memanfaatkan keterlibatan proyek yang pernah kamu ikuti. Pengalaman-pengalaman tersebut bisa kamu jadikan sebagai contoh hasil kerja kamu.

Dengan portofolio yang baik, rapi dan juga menarik tentunya akan meningkatkan peluang diterima kerja di perusahaan impianmu.

Buat Jaringan Kerja yang Baik

Mengajak orang yang ada disekitarmu untuk menjadi support system. Tujuannya adalah agar kamu bisa dengan mudah diterima di suatu perusahaan. Salah satu support system yang bagus yaitu dosenmu pada saat kuliah. Selain itu, bisa juga manajer di tempat kamu bekerja dulu.

Cara menciptakan support system yaitu dengan meminta bantuan agar mereka mau merekomendasikan kamu ke suatu perusahaan. Untuk menciptakan support system, kamu juga harus menjaga hubungan profesional dengan orang-orang di sekitar.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya