Cara Mencari Persentase Keuntungan, Ketahui Contohnya

"Cari presentasi keuntungan mudah dan tepat."

Life | 04 November 2022, 16:25
Cara Mencari Persentase Keuntungan, Ketahui Contohnya

Persen adalah bentuk bilangan yang mewakili seluruh atau sebagian dari sebuah nilai atau barang yakni dengan membentuk rasio per seratus. Persentase merupakan suatu perbandingan rasio yang mengakibatkan pecahan dari seratus dan diberikan simbol satuan, yakni %.

Simbol persen yang kini dipakai sudah terjadi perkembangan dari masa ke masa. Mulanya, percento yang ialah bahasa latin dipakai dalam menjelaskan bilangan persentase. Selanjutnya, kata percento diubah menjadi dua simbol, yaitu kata per yang diganti menjadi tanda garis miring (/) dan cento yang diganti menjadi 00, maka akan membentuk simbol %. Persentase juga bisa dipakai walaupun bilangan itu bukan termasuk pada unsur ratusan. Tetapi, selanjutnya bilangan itu diskalakan agar bisa dibandingkan dengan seratus.

Contoh soal:
Daun.id

Sumber: Canva

Sebuah botol yang isinya minyak sebanyak 600 ml, lalu ditambahkan minyak pada botol itu sebanyak 30 ml. Berapa persen kenaikan volume minyak di botol usai ditambahkan?

Sehingga, persentase penambahan minyak di botol itu ialah:

Persentase (%) = (jumlah bagian) / (jumlah total) x 100%

Persentase (%) = 30 / 600 x 100%
Persentase (%) = 0,05 x 100%
Persentase (%) = 5%

Maka, kenaikan volume minyak di botol 600 ml, usai ditambahkan minyak sebanyak 30 ml ialah 5%.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya