Obat Sakit Gigi Paling Ampuh yang Ada di Apotik, Bisa Dicoba di Rumah

"simak yuk"

Life | 29 December 2022, 12:24
Obat Sakit Gigi Paling Ampuh yang Ada di Apotik, Bisa Dicoba di Rumah

Sakit gigi memang selalu menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi penderitanya. Lantaran selain mengganggu saat makan atau minum atau bahkan saat berbicara, terkadang begitu sangat mengganggu penderitanya.

Tak hanya itu juga sakit gigi rasa sakitnya hingga menjalar ke kepala dan tubuh yang lain. Tak jarang pula penderitanya hingga mengalami badan panas dan yang lainnya. Benar-benar mengganggu aktivitas, juga menyiksa si penderita. Oleh karenanya si penderita melakukan berbagai cara agar menghilangkan rasa sakit itu dengan cepat. Juga mencoba mengatasinya, dengan mencari obat sakit gigi paling ampuh yang dapat meredakan nyeri dengan cepat.

Sakit gigi umumnya disebabkan oleh gigi berlubang, gigi patah, gusi bengkak, atau infeksi pada gigi atau gusi. Sering kali, sakit gigi dibarengi dengan gejala lain, seperti sakit kepala atau demam.

Biasanya si penderita akan mencari obat terlebih dahulu ke apotik untuk menangani rasa sakit tersebut. Berikut adalah beragam jenis obat sakit gigi paling ampuh mengatasi dan sering dijumpai pada jenis penanganan sakit lainnya, juga terbukti ampuh untuk meredakan nyeri. Simak:

1. Ibuprofen
Ibuprofen
tergolong ke dalam obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) atau NSAID. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan sirop.

Ibuprofen bekerja dengan cara mengurangi pembengkakan dan nyeri yang disebabkan oleh peradangan pada tubuh. Oleh karenanya, ibuprofen merupakan jenis obat yang umum digunakan untuk mengatasi sakit gigi.

Meski termasuk obat sakit gigi paling ampuh, ibuprofen tidak boleh diminum berlebihan dan dalam jangka panjang. Konsumsi jangka panjang dapat meningkatkan risiko iritasi atau tukak lambung, serta kerusakan pada ginjal dan hati.

Ibuprofen juga tidak boleh diminum bersamaan dengan aspirin, kortikosteroid, pengencer darah, diuretik, dan ACE inhibitor.

Selain ibuprofen, aspirin, kalium diklofenak, asam mefenamat, dan naproxen juga termasuk dalam OAINS untuk mengatasi sakit gigi.

2. Paracetamol
Paracetamol
merupakan alternatif obat sakit gigi bagi orang yang tidak bisa mengonsumsi ibuprofen. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan sirop.

Berbeda dengan ibuprofen yang dapat mengurangi peradangan, paracetamol bekerja dengan cara mengurangi produksi prostaglandin di otak. Prostaglandin adalah senyawa kimia yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan.

Jika diminum dalam dosis besar dan jangka panjang, paracetamol dapat menyebabkan kerusakan hati. Karena efek sampingnya yang besar ini, hindari minum alkohol saat mengonsumsi obat sakit gigi yang satu ini.

3. Benzocaine
Obat sakit gigi dengan kandungan benzocaine umumnya tersedia dalam bentuk gel, salep, atau semprot. Benzocaine berperan sebagai anestesi lokal (obat mati rasa).

Obat ini meredakan sakit gigi dengan cara memblokir sinyal saraf, sehingga nyeri di bagian yang dioleskan obat dapat berkurang.

Benzocaine tidak boleh digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada balita dan anak berusia kurang dari 2 tahun. Penggunaan berlebihan menyebabkan efek samping yang fatal, yang disebut methemoglobinemia, di mana jumlah oksigen di dalam darah berkurang.

Selalu perhatikan dosis dan peringatan pada kemasan obat sebelum mengonsumsinya untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

Meski jenis obat sakit gigi di atas mudah diperoleh, tetap disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya, terutama jika penderita kondisi kesehatan tertentu, sedang mengonsumsi obat maupun suplemen lain, sedang hamil, atau menyusui.

Penting untuk diingat, obat sakit gigi di atas hanya meredakan nyeri untuk sementara waktu. Agar sakit gigi hilang sepenuhnya, jadwalkan pemeriksaan dengan dokter gigi agar penyebab sakit gigi dapat teratasi.

Cara mengatasi sakit gigi paling ampuh jika menggunakan obat juga belum menghilangkan nyeri atauu sakitnya adalah dengan memeriksakan diri ke dokter gigi agar ditangani sesuai penyebabnya. Sebab masalah sakit gigi juga tak bisa diremehkan. Karena itu memang sungguh aktivitas sehari-hari.

Juga yang terpenting dari semua obat di atas ialah dengan rajin menggosok gigi. Itu akan sedikit membantu menangani dari terjadinya rasa nyeri yang tiba-tiba muncul di gigi. Selain itu hindari makanan atau minuman yang menyebabkan permasalah gigi itu muncul. Seperti jangan terlalu sering makanan yang terlalu manis atau panas atau juga dingin. Kurangi es yang terlalu dingin, yang menyebabkan ngilu itu muncul.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya