7 Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil yang Aman dan Manjur

"Jangan sampai salah pilih obat sakit gigi untuk ibu hamil."

Life | 29 December 2022, 13:05
7 Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil yang Aman dan Manjur

Ibu adakalanya mengalami sakit ketika hamil. Adapun salah satu sakit yang bisa diderita yakni sakit gigi. Sehingga, perlu mengetahui obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi ini berada di apotek dan alami.

Alasannya, ketika masa kehamilan terutama di trimester pertama adalah masa kehamilan yang sensitif. Maka, tidak boleh sembarangan memilih obat sakit gigi untuk ibu hamil. Adapun beberapa obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman dikonsumsi, yakni sebagai berikut:

1. Paracetamol
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Paracetamol bisa membantu mengatasi nyeri karena sakit gigi. Paracetamol mampu bekerja, caranya dengan meredakan peradangan di tubuh. Paracetamol diyakini aman jika dikonsumsi oleh ibu hamil guna mengatasi sakit gigi, tetapi dengan catatan pemakaiannya sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jika sakit gigi masih terjadi, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi supaya dapat memperoleh penanganan yang tepat.

2. Biogesic

Biogesic telah begitu umum dipakai dalam mengatasi sakit gigi. Adapun bahan utama dari biogesic ialah paracetamol. Kandungan itu tergolong aman terhadap ibu hamil.

Akan tetapi, pemakaiannya tetap perlu dalam pengawasan dokter. Pemakaian sesuai dengan dosis yang disarankan dokter. Untuk orang dewasa 3-4 kali sehari sesuai gejala dan indikasi. Lekas berkonsultasi dengan dokter jika nyeri tidak hilang.

3. Sumagesic

Sumagesic adalah salah satu obat yang bisa dipakai dalam mengatasi nyeri dan menurunkan panas, serta bisa mengobati nyeri karena sakit gigi.  Obat tersebut bisa mengandung paracetamol dan termasuk aman jika dipakai untuk ibu hamil. Sumagesic juga mampu digunakan dengab bebas. Bagi orang dewasa dosis dan aturan pakai ialah 3 kali sehari setelah makan.

Upayakan dalam menghentikan pemakaian obat jika terdapat gejala alergi atau nyeri tidak berkurang seusai konsumsi obat. Kamu dapat segera berkonsultasi terhadap dokter sebagai penanganan lebih lanjut.

4. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh ternyata juga dikenal sebagai obat sakit gigi yang efektif. Obat ini tidak memiliki kandungan senyawa eugenol yang masih terbilang aman bagi ibu hamil. Obat ini juga mengklaim pamakaian bahan herbal sebagai kandungan utama.

Kamu cukup meletakkan kapas yang sudah diteteskan minyak di gigi yang memiliki masalah. Jangan meneteskan langsung terhadao lidah atau gusi.

5. Panadol Extra
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Panadol Extra mempunyai kandungan utama paracetamol dan caffeine. Kedua kandungan itu bermanfaat guna meredakan nyeri sebab sakit gigi. Kandungan itu bisa dipakai untuk ibu hamil guna mengobati sakit gigi. Pakai sesuai aturan dokter, dengan dosis 3-4 kali sehari terhadap orang dewasa.

Bagi beberapa orang yang hipersensitif bisa menyebabkan kontra indikasi. Konsultasikan du dokter cepat jika ada gejala kontra indikasi.

6. Enkasari

Enkasari adalah obat kumur yang memakai daun saga. Obat kumur tersebut bermanfaat dalam membasmi bakteri di mulut akibat sakit gigi. Obat ini juga terbilang aman untuk ibu hamil. Kamu dapat memakainya 2 kali sehari dengab dikumur memakai air. Jika terdapat tanda-tanda alergi lekas hentikan penggunaan dan konsultasikan kepada dokter.

7. Cefadroxil

Cefadroxil adalah antibiotik yang bermanfaat dalam meredakan infeksi karena bakteri, kamu dapat memakainya jika nyeri sakit gigi diakibatkan oleh bakteri, biasanya antibiotik akan diresepkan langsung oleh dokter. Adapun tujuan diresepkan langsung oleh dokter ialah supaya dosis yang diberikan tepat dan sesuai dengan tingkat sakit gigi yang tengah terjadi. Biasanya antibiotik tertentu cukup aman untuk ibu hamil.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya