Obat Radang Tenggorokan Alami yang Mudah Dicari Bahannya di Rumah

"yuk simak"

Life | 29 December 2022, 12:47
Obat Radang Tenggorokan Alami yang Mudah Dicari Bahannya di Rumah

Semua orang tentunya pernah mengalami tenggorokan sakit yang tidak tahu apa penyebab pastinya. Bisa tiba-tiba saja serak disertai gatal, dan sangat nyeri dibuat makan atau pun bicara. Itu bisa saja disebut dengan radang tenggorokan. Yang biasa dialami atau biasanya gejala awal saat orang akan mengalami demam.

Radang tenggorokan (faringitis) merupakan gangguan kesehatan pada tenggorokan yang ditandai dengan rasa nyeri, gatal hingga kering yang membuat rasa tidak nyaman. Radang tenggorokan dapat timbul akibat infeksi virus dan infeksi bakteri. Salah satu jenis virus yang dapat menyebabkan munculnya sakit tenggorokan adalah virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

Ciri-Ciri Radang Tenggorokan
Radang tenggorokan
terkadang dapat sembuh dengan sendirinya, namun tidak jarang pula radang tenggorokan ini menjadi gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai. Berikut ini adalah ciri-ciri dari gangguan kesehatan radang tenggorokan:

- Rasa sakit dan gatal pada tenggorokan
- Nyeri ketika menelan dan berbicara
- Suara menjadi serak
- Batuk-batuk dan lainya
 
Pengobatan Alami Radang Tenggorokan yang Ada di Rumah

Pengobatan yang dapat dilakukan pada radang tenggorokan tergantung pada penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah:

1. Air Putih

Memperbanyak minum air putih dan cairan hangat, seperti teh lemon atau sup hangat.

2. Air Garam

Berkumur dengan air garam. Air garam dapat meredakan bengkak, mencairkan dahak menggumpal, meringankan ketidaknyaman saat menelan, serta membantu membasmi bakteri di tenggorokan.Daun.id

sumber: pixabay


3. Madu dan lemon

Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa tidak nyaman perasan lemon sangat kaya akan kandungan vitamin C.

4. Teh Jahe

Teh jahe juga dapat digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Sensasi rempah jahe yang pedas manis juga dapat menenangkan tenggorokan yang iritasi saat radang.

5. Gunakan pelembab udara atau vaporizer di ruangan atau kamar tidur.


6. Cuka apel dan garam

Kamu bisa mengatasi radang tenggorokan dengan 1 sendok makan cuka apel yang dicampur dengan 2 sendok teh garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat. Ramuan obat alami untuk sakit tenggorokan dari cuka apel juga bisa dibuat dengan mencampurkan masing-masing 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu.

Selanjutnya, kumur menggunakan ramuan tersebut setiap empat jam untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal. Cuka apel bersifat asam sehingga dapat menciptakan lingkungan yang menghambat virus dan bakteri untuk memperbanyak diri dan bertahan hidup.

6. Kunyit

Kunyit adalah bahan antioksidan yang sangat kuat. Kunyit berfungsi untuk mengobati beberapa kondisi termasuk sebagai obat herbal untuk radang tenggorokan.

Untuk membuatnya, campurkan 1/2 sendok kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh garam ke dalam secangkir air hangat. Setelah itu, kumur selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari supaya obat alami untuk sakit tenggorokan ini dapat bekerja lebih optimal.

7. Istirahat yang cukup

Hal ini sering terjadi ke semua orang. Awal mula radang tenggorokan adalah orang tersebut kurang cukup saat istirahat. Terlalu banyak aktivitas yang dijalaninya. Menguras banyak energi dan tenaganya, salah satunya, terus banyak melakukan obrolan dan lain sebagainya.

8. Jika tak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Radang tenggorokan akibat bakteri biasanya memerlukan pengobatan dengan antibiotik.

Hal yang Harus Dihindari Saat Radang Tenggorokan
Radang tenggorokan
dapat menyulitkan dan membuat sakit saat menelan, begitu juga saat bicara. Karena selain serak, juga membuat omongan tidak jelas. Berikut adalah beberapahal yang harus dihindari sebaiknya saat radang tenggorokan:             

1. Makanan bertekstur keras dan renyah
Salah satu jenis makanan untuk radang tenggorokan yang sebaiknya dihindari adalah makanan bertekstur keras dan renyah. Seperti; kerupuk, roti kering, kacang-kacangan, keripik kentang, dan makanan keras atau renyah lainnya, dapat membuat radang tenggorokan menjadi semakin tidak nyaman dan terasa menyakitkan.

2. Makanan asam dan asin

Makanan asam dan asin juga termasuk makanan yang tidak boleh dimakan saat radang tenggorokan. Jenis makanan yang diolah dengan cuka atau garam, misalnya acar, dapat membuat peradangan pada tenggorokan semakin parah.

Maka dari itu, sebaiknya hindari makanan asam dan asin saat mengalami radang tenggorokan.

3. Makanan bercita rasa pedas

Juga perlu menghindari makanan pedas, seperti bubuk cabai dan saus, jika punya keluhan pada tenggorokan. Makanan penyebab radang tenggorokan ini dapat memperburuk kondisi peradangan di tenggorokan.

4. Buah-buahan asam

Jenis buah untuk sakit tenggorokan yang perlu dihindari adalah lemon, tomat, jeruk, jus jeruk, jus tomat, serta buah-buahan yang bersifat asam lainnya.

Sebab, buah-buahan tersebut dapat mengiritasi permukaan tenggorokan.

5. Alkohol

Minuman dan obat kumur yang mengandung alkohol bisa menyebabkan sensasi menyengat pada tenggorokan yang sakit. Minuman beralkohol juga dapat membuat dehidrasi sehingga tidak baik bagi penderita radang tenggorokan.

Selain minuman dan makanan untuk radang tenggorokan di atas, juga dapat menggunakan obat-obatan. Obat radang tenggorokan ini bisa diperoleh langsung di apotek atau tanpa resep dokter.

Akan tetapi, jika kondisi tersebut tidak kunjung membaik, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya