Obat Sakit Gigi Anak 3 Tahun, Ampuh dan Aman

"Si kecil alami sakit gigi, atasi dengan obat ini."

Life | 02 January 2023, 18:24
Obat Sakit Gigi Anak 3 Tahun, Ampuh dan Aman

Sakit gigi bukan saja penyakit yang sering terjadi pada orang dewasa, namun juga sering kali terjadi pada anak-anak. Terjadinya sakit gigi dapat menimbulkan rasa sakit dan kurang nyaman bagi siapapun. Banyak aktivitas yang terganggu, jika pada anak-anak, pada umumnya ia akan menangis sejadi-jadinya karena menahan rasa sakit.

Penggunaan obat pada anak usia 3 tahun harus memperhatikan segi keamanannya. perlu kita perhatikan terlebih dahulu penyebab terjadinya sakit gigi pada anak 3 tahun. Umumnya, kondisi ini terjadi disebabkan oleh gigi berlubang dan tumbuhnya gigi yang baru. Selain itu kondisi ini dapat menimbulkan beberapa gejala yaitu nyeri disertai nyut-nyutan, ngiler, gusi bengkak, dan demam disertai sakit kepala.

Orang tua biasanya kebingungan menghadapi situasi seperti ini, beberapa orang tua memilih berkonsultasi dengan dokter gigi. Demi keamanan anak, saat melakukan pengobatan sakit gigi perlu memperhatikan kandungan dan keefektifannya. Agar bisa tepat dalam menanganinya, orang tua harus tahu keluhannya terlebih dahulu.

Obat Sakit Gigi Anak 3 Tahun

Daun.id

sumber; pixabay.com

Cara mengobati sakit gigi pada orang dewasa dan anak, tentunya berbeda. Sebab kondisi imunitas tubuh seorang anak dan orang dewasa tidak sama. Berikut ini obat sakit gigi anak 3 tahun yang ampuh dan aman:

1. Ibuprofen

Saat menggunakan obat ini selalu perhatikan dengan menggunakan dosis yang tepat. Obat ini dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada anak sejak usia 3 bulan. Jika anak memiliki usia di bawah 3 kilogram, obat ini tidak disarankan untuk digunakan. Selain itu hindari juga ketika terdapat gejala asma ataupun pada gangguang ginjal. Tergolong obat NSAID yang dapat mengurangi zat penyebab peradangan di dalam tubuh anak.

2. Panadol Sirup

Panadol jenis sirup, aman digunakan anak usia 1-6 tahun. Kandungan yang terdapat di dalamnya ialah paracetamol yang aman digunakan untuk usia anak. Dalam penggunaannya, orang tuaa harus memperhatikan kandungan dosis melalui resep yang diberikan dokter. Obat ini ampuh mengobati meredakan nyeri gigi pada anak 3 tahun. Obat ini memiliki dosis yang berbeda, jika untuk anak dan orang dewasa.

3. Paracetamol Sirup

Paracetamol sirup, aman digunakan anak usia 2 bulan hingga 6 tahun. Untuk mendapatkannya, dapat dibeli di pasaaran secara bebas. Ampuh meredakan nyeri sakit gigi pada anak usia 3 tahun. Namun untuk menggunakannya, orang tua tetap harus memperhatikan resep dari dokter terlwbih dahulu. Selain itu juga perhatikan usia anak dan berat badannya sebelum menggunakan.

4. Naprex Sirup

Ketika sedang sakit gigi pada anak, orang tua dapat memberikan obat sakit gigi berupa napreex sirup. Obat ini aman digunakan untuk anak usia 2 hingga 12 tahun. Sebelum menggunakannya, harus memperhatikan resep yang diberikan oleh dokter. Untuk usia anak 3-5 tahun, bisa diberikan sebanyak 3 hingga 4 kali dalam sehari.

5. Proris Sirup

Sebelum menggunakan sirup ini, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Obat ini dapat membantu meredakan nyeri pada anak yang mengalami sakit gigi. Dapat difungsikan sebagai obat antiinflamasi yang bersifat pereda nyeri.

6. Es Batu

Es batu dapat memberikan rasa dingin, sehingga dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan. Cara penggunaannya cukup praaktis, masukkan es batu ke dalam plastik lalu lapisi dengan waslap kain dan tempelkan pada bagian pipi yang terasa bengkak dan mengalami peradangan. Langkah ini aman digunakan untuk anak usia 3 tahun.

7. Air Garam

Garam memiliki kandungan antibakteri yang dapat digunakan mengurangi peradangan. Selain itu dapat digunakan membersihkan sisa makanan yang tertinggal di area mulut. Ampuh digunakan mengobati sakit gigi berlubang. Cara pakainya larutkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air panas, aduk hingga merata dan tunggu menjadi air hangat, lalu gunakan berkumur. Larutan ini secara aman dapat digunakan pada anak usia 3 tahun.

8. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kesehatan gigi. Daun tersebut memiliki kandungan antibakteri, memberi manfaat untuk membasmi bakteri penyebab plak gigi. Cocok digunakan sebagai obat sakit gigi alami. Caranya: Anda bisa mengunyah daun jambu biji secara langsung atau merebusnya dan menggunakan cairan sebagai obat kumur.

9. Bawang Putih

Bawang putih mampu membantu mengatasi gejala sakit gigi, aman digunakan anak 3 tahun. Ibu dapat membantu dengan mengompres bagian luar dengan bawang putih. Akan tetapi, jika anak terasa kurang nyaman jangan dipaksakan.

Demikianlah jenis obat-obatan yang paling aman dan ampuh untuk digunakan pada anak usia 3 tahun. Obat di atas bisa didapatkan di apotik maupun bahan alami di sekitar kita.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya