7 Obat Sakit Gigi Anak 7 Tahun yang Aman dan Manjur

"Ketahui obat sakit gigi yang manjur."

Life | 05 January 2023, 15:26
7 Obat Sakit Gigi Anak 7 Tahun yang Aman dan Manjur

Kerusakan gigi yang juga dikenal sebagai karies gigi ini terjadi akibat kuman yang dengan mudah menyebar di mulut dan mampu bertahan seumur hidup. Kondisi ini lebih sering dialami oleh anak-anak daripada penyakit kronis lain, misalnya asma dan diabetes.

Berdasarkan The National Institute of Dental and Craniofacial Research sekitar 42% anak-anak usia 2 - 11 tahun mempunyai karies gigi yang mampu berpengaruh terhadap gigi primer.

Penyebab sakit gigi

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan sakit gigi, yakni:

- Abses gigi
- Enamel Retak
- Penyakit Gusi
- Kerusakan gigi
- Makanan yang Tertinggal

Adapun beberapa obat sakit gigi anak 7 tahun, yakni sebagai berikut:

1. Cengkeh
Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Sifat antibakteri, antiradang, dan analgesik juga dipunyai oleh cengkeh. Tidak hanya sebagai obat sakit gigi alami, cengkeh juga bisa mencegah tersebarnya gigi berlubang. Jika hendak memakainya sebagai obat terhadap sakit gigi berlubang, kamu dapat melarutkan 2 - 3 tetes minyak cengkeh ke ΒΌ sendok teh minyak biji wijen.

Larutkan di kapas dan tempatkan kapas di tempat gigi berlubang. Kamu dapat memberikannya kepada anak di pada malam hari sebelum ia tidur.

2. Paracetamol sirup

Obat paracetamol sirup merupakan obat anti-nyeri yang mampu mengatasi rasa nyeri yang diakibatkan oleh sakit gigi. Tidak hanya itu, obat ini juga mampu mengatasi nyeri akibat pegal linu, nyeri ketika menstruasi, dan sakit kepala.

Terlebih obat bebas, paracetamol bisa dibeli tanpa memakai resep dokter. Obat ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak dari usia 2 bulan dengan berat badan lebih dari 4 kilogram. Obat ini juga memiliki kemasan tablet dan dapat dikonsumsi anak usia enam tahun ke atas.

Kisaran harga: Rp 15.000 – Rp 20.000

3. Ibuprofen

Obat yang dapat mengatasi sakit gigi ialah ibuprofen. Obat masuk dalam golongan NSAID atau anti-nyeri. Ibuprofen bisa diberikan untuk anak usia mulai dari 3 bulan dengan berat badan 5 kilogram. Jika anak mempunyai penyakit misalnya asma, ginjal, dan pembekuan darah sepatutnya menghindari pemakaian obat ini.

Kisaran harga: Rp 15.000 – Rp 38.000

4. Kompres es

Obat sakit gigi yang mudah selanjutnya ialah kompres es. Kompres es dapat mengatasi sakit gigi yang terjadi pada anak. Kamu dapat menempelkannya di pipi atau langsung terhadap gigi yang sakit. Rasa dinginnya akan menghilangkan nyeri di gigi.

5. Bawang putih
Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Akibat sifat antimikrobanya, bawang putih sudah dipakai sejak lama sebagai pengobatan tradisional, terlebih menjadi obat sakit gigi anak. Zat antimikroba dari ekstrak bawang putih terhadap mikroba patogen yang menimbulkan pembentukan plak terhadap gigi.

Kamu cukup mencincang kasar bawang putih dan tunggu hingga 10 menit. Kemudian, oleskan pada bagian yang sakit sekitar 2 menit dan akhiri dengan berkumur-kumur memakai air hangat atau air bawang putih yang juga hangat.

6. Kunyit

Tidak hanya sebagai pewarna makanan kunyit nyatanya juga efektif dalam menghentikan nyeri karena gigi berlubang. Kunyit mempunyai sifat anti-inflamai dan antibakteri yang diperlukan sebagai obat sakit gigi anak.

Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan gusi dan mencegah kerusakan gigi akibat infeksi bakteri. Kamu cukup mengoleskan bubuk kunyit di gigi yang sakit. Tunggu dalam beberapa menit dan kumur menggunakan air hangat.

7. Proris sirup

Proris sirup juga dapat menjadi obat sakit gigi pada anak 7 tahun. Obat ini mampu menyembuhkan gejala nyeri sakit gigi pada anak, sebab memiliki kandungan anti inflamsi. Untuk penggunaanya kamu dapat dengan resep dari dokter dan jika terjadi kontra indikasi segera hentikan penggunaannya.

Kisaran harga: Rp 26.500 – Rp 35.000

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya