Obat Sakit Gigi Bengkak Alami yang Ampuh, Efektif Dicoba di Rumah

"simak di bawah ini untuk lebih jelasnya"

Life | 02 January 2023, 18:47
Obat Sakit Gigi Bengkak Alami yang Ampuh, Efektif Dicoba di Rumah

Mungkin tak asing dengan lagu 'Sakit Gigi' yang cukup viral beberapa tahun silam. Yang melantunkan lebih baik sakit gigi dibanding sakit hati. Namun faktanya banyak yang tidak tahan juga rasa sakit itu menyerang gigi mereka. Sakit gigi memang selalu menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi penderitanya. Lantaran selain mengganggu saat makan atau minum atau bahkan saat berbicara, terkadang begitu sangat mengganggu penderitanya.

Tak hanya itu juga sakit gigi rasa sakitnya hingga menjalar ke kepala dan tubuh yang lain. Tak jarang pula penderitanya hingga mengalami badan panas dan yang lainnya. Benar-benar mengganggu aktivitas, juga menyiksa si penderita, yang dalam hal ini mereka yang masih berusia anak-anak. Oleh karenanya kebanyakan yang menderita sakit gigi melakukan berbagai cara agar menghilangkan rasa sakit itu dengan cepat. Juga mencoba mengatasinya, dengan mencari obat sakit gigi paling ampuh yang dapat meredakan nyeri dengan cepat.
 
Salah satu masalah sakit gigi yang sering dialami semua orang adalah gusi bengkak. Dan nyut-nyutan akibat gusi bengkak tersebut tidak hanya mengganggu aktivitas, tapi juga lebih membuat kesulitan berbicara. Untungnya, ada beberapa obat gusi bengkak yang bisa didapatkan dari dokter maupun buat sendiri dengan bahan rumahan.Daun.id

sumber: pixabay


Obat Gusi Bengkak

Gusi bengkak umumnya diakibatkan oleh infeksi pada jaringan gusi. Infeksi ini sendiri bisa berawal dari luka karena menyikat gigi terlalu keras hingga penyakit gigi dan mulut tertentu, seperti periodontitis. Simak di bawah ini untuk lebih lanjutnya:

1. Hidrogen peroksid
a
Pembengkakan yang terjadi pada gusi dapat ditangani dengan berkumur menggunakan larutan hidrogen peroksida. Larutan antiseptik ini tersedia di apotek atau toko obat terdekat dan bisa juga dibeli tanpa resep dokter.

Hidrogen peroksida merupakan antiseptik cair yang dapat melawan bakteri penyebab masalah gigi dan gusi, seperti radang gusi dan sariawan. Hidrogen peroksida bekerja mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan area kulit yang terluka.

Bentuk murni cairan ini dapat melukai gusi dan mulut. Oleh karena itu, encerkan terlebih dahulu dengan sedikit air sebelum dipakai untuk berkumur.

2. Paracetamol

Paracetamol aman digunakan oleh segala kalangan, dari bayi di atas dua bulan, ibu hamil dan menyusui, hingga lansia. Namun, dosis dan frekuensi ini dalam pemberian paracetamol tiap orang mungkin memiliki tingkat yang berbeda-beda. Obat ini dapat diminum setiap 4–6 jam sekali sehari.

Pada orang dewasa, dosis aman paracetamol berkisar antara 500 mg (miligram) hingga satu gram. Sementara untuk bayi usia dua bulan hingga dua tahun, dosis aman paracetamol berkisar antara 60–120 mg.

Minum paracetamol ini sesuai dengan aturan jarak minum obat pakai pada kemasan atau konsultasikan langsung dengan dokter. Orang dengan riwayat penyakit hati dan ginjal serta alergi terhadap paracetamol tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini.

3. Ibuprofen

Ibuprofen sama efektifnya seperti paracetamol dalam mengatasi gusi bengkak. Bedanya, ibuprofen sekaligus meredakan radang penyebab bengkak dan demam yang menyertainya.

Penting sekali untuk dipahami bahwa efek ibuprofen lebih kuat dari paracetamol. Maka, gunakan obat ini dengan hati-hati.

Dosis ibuprofen untuk orang dewasa berkisar dari 200–400 mg, diminum setiap 4–6 jam sekali sesuai kebutuhan. Pada anak-anak usia 6 bulan sampai 12 tahun, dosisnya berkisar dari 4–10 mg, diminum setiap 6–8 jam sekali.

Minum obat ini setelah makan, sesuai anjuran dan dosis yang ditentukan. Mengonsumsi ibuprofen dalam keadaan perut kosong dapat memperparah peradangan dan meningkatkan risiko perdarahan pada perut.

Segera hentikan pengobatan dan cari bantuan medis jika mengalami efek samping obat, seperti nyeri dada, sesak napas, sakit kepala parah, hingga feses yang berwarna hitam.

4. Chlorhexidine

Chlorhexidine merupakan obat antiseptik untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gusi bengkak. Obat ini harus ditebus dengan resep dokter. Obat ini memiliki berbagai jenis, mulai dari salep, larutan, dan obat kumur. Untuk mengobati gusi bengkak, gunakan varian obat kumur.

Kumur-kumurlah dengan obat ini setelah menyikat gigi dan buang larutan bekas kumurnya. Hindari makan dan minum setelah berkumur agar clorhexidine dapat bekerja optimal.

Beritahukan ke dokter sebelum pakai obat ini bila memiliki riwayat periodontitis atau baru saja melakukan perawatan gigi seperti, veneer gigi, pasang gigi palsu, atau menambal gigi.

Selain obat-obatan dari apotek, bisa juga menggunakan obat gusi bengkak alami dari bahan rumahan, lebih jauhnya simak di bawah ini:Daun.id

sumber: pixabay


1. Kumur air garam

Berkumur air garam membantu meringankan rasa sakit dan meredakan bengkak pada gusi. Hal ini karena garam bersifat menyerap air sehingga efektif membunuh bakteri jahat dalam mulut. Bakteri akan tumbuh subur di lingkungan yang asam dan lembap. Maka, ketika kondisi mulut kering, bakteri tidak bisa bertahan hidup.

Caranya, larutkan 1/2 sendok teh garam dalam segelas air hangat. Gunakan air garam untuk berkumur selama beberapa detik, lalu buang airnya.

Lakukan cara ini setidaknya dua kali sehari, atau sampai bengkak yang terjadi pada gusi mereda.

2. Kompres es batu
Obat untuk meredakan nyeri gusi bengkak alami selanjutnya adalah kompres dingin. Rasa dingin membuat saraf pemicu nyeri di sekitar area mulut mati rasa untuk sementara dan meredakan sakit.Daun.id

sumber: pixabay

Selain itu, suhu dingin merangsang penyempitan pembuluh darah wajah sehingga memperlambat aliran darah ke gusi yang bermasalah. Ini dapat membantu mengurangi peradangan, bengkak, dan nyeri yang terjadi pada gusi.

Caranya, tempel bungkusan es batu dalam waslap bersih pada bagian pipi yang terasa sakit. Ulangi kompres beberapa kali sehari sampai sakitnya mereda dan pembengkakan gusi perlahan menyusut.

3. Kunyit

Senyawa kurkumin dalam kunyit bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab infeksi gusi serta efektif membantu untuk meredakan peradangannya.

Sebuah penelitian dalam Journal of Indian Society of Periodontology (2012) menunjukkan obat kumur dari sari kunyit berpotensi mencegah pembentukan plak pada gigi dan gingivitis (radang gusi).

Caranya, parut setengah ruas kunyit, kemudian campurkan dengan baking soda dan minyak kelapa. Aduk rata sampai membentuk pasta, lalu gunakan sebagai pasta gigi.

Selain itu, bisa juga membubuhkan pasta kunyit tersebut ke kain kasa, lalu digulung. Tempelkan kompres kunyit ini langsung pada gusi yang bermasalah selama beberapa menit.

Itulah beberapa obat dari apotek dan yang alami ada di rumah, untuk membantu menangani gusi yang bengkak. Namun untuk diketahui, akibat dari gusi bengkak antara lain karena menyikat gigi yang terlalu keras atau kasar. Dan kurang cocok dengan pasta gigi yang digunakan. Jadi, lebih sadar dan mengerti apa yang menjadi kecocokan gigi, tidak hanya gigi, juga anggota tubuh yang lainnya.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya