17 Cara Mengatasi Kolesterol Secara Alami, Ketahui Penyebab dan Gejalanya

"Meningkatnya kadar kolesterol yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan kondisi-kondisi yang kronis"

Life | 24 December 2021, 16:05
17 Cara Mengatasi Kolesterol Secara Alami, Ketahui Penyebab dan Gejalanya

Kolesterol adalah senyawa lemak berlilin yang diproduksi oleh organ hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Kolesterol membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D, sejumlah hormon dan asam empedu dalam mencerna makanan.

Kolesterol ini berguna dalam sistem metabolisme tubuh, yakni dalam membangun sel-sel baru agar tubuh dapat berfungsi secara normal. Namun jika kadar kolesterol di dalam tubuh terlalu tinggi, maka hal tersebut akan berbahaya bagi kesehatan tubuh, dapat menyebabkan berbagai penyakit hingga komplikasi.

Dalam peredaran darah, kolesterol dibawa oleh protein yang disebut lipoprotein. Terdapat dua jenis lipoprotein, yakni lipoprotein baik dengan kepadatan tinggi (HDL) dan lipoprotein jahat dengan kepadatan rendah (LDL).

Kolesterol ini tidak dapat dilihat gejalanya jika kadar kolesterol belum tinggi. Namun jika Anda memiliki kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, diabetes atau ada riwayat keluarga, maka Anda perlu melakukan diagnosis atau pemeriksaan awal.

Penyebab Kolesterol
Kolesterol tinggi dalam tubuh tidak muncul begitu saja, namun ada sebab-sebab yang memunculkanya. Sebab-sebab kolesterol tinggi diantaranya adalah:

- Pertambahan usia
Semakin bertambahnya usia, maka kemungkinan untuk mengalami kolesterol tinggi semakin besar.

- Pola makan tidak sehat
Salah satu penyebab kolesterol adalah kebiasaan makan yang tidak sehat. Kebiasaan makan dan jajan yang tidak sehat menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol dalam darah.

- Konsumsi lemak jenuh berlebih
Mengonsumsi lemak jenuh berlebih dapat meningkatkan kadar lemak di dalam tubuh meningkat. Semakin tinggi kadar lemak jenuh dalam tubuh, semakin tinggi pula potensi Anda mengalami kolesterol tinggi.

- Konsumsi asupan gula dan alkohol berlebih
Salah satu cara agar kadar kolesterol seimbang adalah dengan mengurangi semua asupan gula, termasuk minuman manis, alkohol, dan karbohidrat olahan seperti roti, dan pasta.

- Salah dalam menentukan pantangan
Selain mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak tak jenuh dan mengurangi makanan serta minuman manis, Anda juga perlu mengatur pola makan. Jangan sampai Anda salah dalam menentukan pantangan makanan.

- Malas bergerak

Kurang aktif bergerak dan malas berolahraga bisa menjadi salah satu penyebab kadar kolesterol Anda meningkat.

Apalagi jika didukung dengan makanan yang tidak sehat dan kaya akan lemak. Pasalnya, tumpukan lemak akan terus mengendap di dalam pembuluh darah dan tidak terbakar melalui aktivitas fisik seperti olahraga.

- Berat badan berlebih

Berat badan berlebih bisa menjadi salah satu penyebab kadar kolesterol tinggi. Pasalnya, kelebihan berat badan biasanya menjadi pertanda kelebihan kadar lemak di dalam tubuh. Kondisi tersebut bisa menjadi penyebab kadar kolesterol ikut tinggi.

- Kebiasaan merokok
Merokok bisa menjadi penyebab tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh. Hal ini karena adanya zat acrolein yang terdapat pada rokok. Zat ini dapat memengaruhi kadar LDL di dalam tubuh dengan cara menghalangi kerja enzim yang bertanggung jawab menjaga kadar LDL agar tetap pada batas normal.

- Miliki penyakit tertentu

Ada beberapa penyakit yang berpotensi menyebabkan kadar kolesterol tinggi di dalam darah. Beberapa kondisi kesehatan yang menjadi penyebab kolesterol antara lain, diabetes, gangguan liver dan masalah ginjal, tekanan darah tinggi (hipertensi), gangguan kelenjar tiroid.

Kolesterol dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung rendah kolesterol, dan makanan-makanan baik lainya. Berikut bahan makanan yang dapat mengatasi kolesterol.

1. Bawang Putih

Daun.id

pixabay.com

Umumnya, bawang putih hanya digunakan sebagai penyedap makanan. Namun, ternyata bawang putih juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, bawang putih juga dapat berguna untuk mencegah pembekuan darah hingga melindungi kesehatan jantung.

2. Tempe
Daun.id

pexels.com

Cara menurunkan kolesterol selanjutnya adalah dengan mengonsumsi olahan kedelai. Salah satunya yaitu tempe. Tempe merupakan jenis makanan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Di dalam tempe terdapat kandungan serat, kalsium, hingga vitamin A yang mampu menghancurkan kolesterol yang tidak dibutuhkan tubuh.

3. Tahu
Cara menurunkan kolesterol yang berikutnya adalah mengonsumsi tahu. Sama halnya dengan tempe, tahu juga merupakan asupan yang tepat bagi Anda untuk melarutkan kolesterol dan mulai hidup sehat. Caranya, cukup konsumsi tahu yang diolah dengan rendah garam.

4. Cokelat Hitam
Cara menurunkan kolesterol yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi cokelat hitam. Kandungan yang bermanfaat untuk mengikat kolesterol jahat adalah theobromine. Kandungan ini justru mampu melepaskan kolesterol baik yang dibutuhkan tubuh.

5. Brokoli
Cara menurunkan kolesterol yang terakhir adalah dengan mengonsumsi berbagai sayuran hijau. Salah satunya yakni brokoli. Sebab, brokoli disebut memiliki kandungan serat tinggi yang membantu tubuh untuk melakukan detoksifikasi alami sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

6. Minyak Zaitun

Daun.id

pexels.com

Cara menurunkan kolesterol yang kedua yakni dengan memanfaatkan kandungan yang baik dari minyak zaitun. Minyak zaitun dikenal baik untuk digunakan bagi para penderita asam urat hingga penyakit jantung.

Sebab, minyak zaitun merupakan jenis minyak nabati yang mengandung berbagai vitamin baik berupa E dan K. Selain itu, berbagai kandungan asam lemak seperti omega 3, omega 6, omega 9 pun juga terdapat di dalam minyak zaitun sehingga tepat untuk digunakan secara rutin.

7. Ikan Salmon
Selain pada minyak zaitun, kandungan asam lemak omega 3 yang baik untuk menurunkan kolesterol yakni juga terdapat pada daging ikan salmon segar.

Sementara itu, asam lemak omega 3 merupakan jenis lemak yang terbukti ampun untuk menurunkan kadar kolesterol. Konsumsi ikan salmon dengan minim bahan penyedap seperti garam dan gula.

8. Kacang Merah
Cara menurunkan kolesterol dengan bahan alami berikutnya adalah mengonsumsi kacang merah secara rutin dalam porsi wajar. Kacang merah merupakan jenis kacang yang terbukti cukup efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang tidak dibutuhkan tubuh.

Sebab, kacang merah disebut mengandung karbohidrat kompleks, protein tinggi, asam folat yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Rasanya yang cukup manis pun dirasa tepat untuk tak menggunakan bahan tambahan lainnya saat hendak dikonsumsi.

9. Kacang Almond
Selain kacang merah, cara menurunkan kolesterol dengan bahan alami adalah melalui konsumsi kacang almond. Sebab, kacang almond merupakan bahan yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal. Oleh karena itu, kacang almond baik untuk dikonsumsi setiap hari sebagai campuran oatmeal atau sarapan sehat lainnya.

10. Buah Berry

Tak hanya sebagai hiasan kue yang cantik, ternyata berbagai jenis buah berry pun juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol. Beberapa di antaranya yakni seperti blueberry, strawberry, hingga blackberry. Berries diklaim kaya akan kandungan serat larut dalam air berupa pektin yang mampu menggantikan kolesterol jahat dengan yang baik.

11. Jeruk Nipis

Daun.id

pixabay.com

Cara menurunkan kolesterol yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan jeruk nipis. Sebab, jeruk nipis memiliki khasiat yang tepat untuk bertindak sebagai antioksidan sehingga mampu melarutkan kolesterol jahat. Caranya, cukup konsumsi air perasan jeruk nipis dengan air hangat sebelum beristirahat malam.

12. Anggur
Selain pada jeruk nipis, kandungan antioksidan yang dapat memecah kolesterol jahat juga terdapat pada buah anggur. Selain itu, anggur yang mampu menghasilkan piceatannol dan resveratrol juga dapat menghindarkan tubuh dari berbagai patogen yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Cukup konsumsi jus anggur secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

13. Apel

Cara menurunkan kolesterol yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi buah apel. Dilihat dengan kandungan gizinya, apel memilki serat tinggi seperti flavonoid, vitamin C, vitamin A, asam folat, hingga kalium yang dapat menghilangkan kadar kolesterol. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung maupun sebagai minuman jus yang menyegarkan.

14. Alpukat
Daun.id

pixabay.com

Cara menurunkan kolesterol bukan berarti Anda tidak dapat mengonsumsi lemak. Anda justru wajib mengonsumsi makanan berlemak namun dalam batas wajar dengan kandungan lainnya yang menyehatkan.

Salah satu asupan yang mengandung hal-hal tersebut ialah alpukat. Buah yang satu ini memang dikenal baik untuk menurunkan kadar kolesterol sehingga baik untuk para penderita penyakit seperti jantung dan stroke.

15. Jambu Merah
Cara menurunkan kolesterol yang selanjutnya yakni dengan mengonsumsi jambu merah. Ternyata, dalam satu buah jambu merah terdapat manfaat yang berkhasiat berupa vitamin A, vitamin C, vitamin B3, vitamin B6, hingga kalium. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan Anda tidak melewatkan jambu merah sebagai santapan sehari-hari.

16. Oatmeal
Oatmeal merupakan asupan yang tepat bagi Anda yang ingin menjaga kolesterol tetap stabil hingga membentuk berat badan ideal. Sebab, oatmeal merupakan makanan yang baik dengan kandungan tinggi serat sehingga dapat menghambat penyerapan kolesterol jahat. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menjadikan oatmeal sebagai salah satu menu andalan di pagi hari.

17.  Berolahraga secara teratur

Daun.id

pixabay.com
Selain mengatur pola makan, Anda juga perlu melakukan aktivitas fisik seperti oleharaga. Tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar, olahraga juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya