5 Amalan Membaca Al-Qur'an di Bulan Ramadhan, Pahalanya Dilipatgandakan

"Amalkan membaca Al-Qur'an di bulan Ramadhan."

Life | 04 April 2023, 15:45
5 Amalan Membaca Al-Qur'an di Bulan Ramadhan, Pahalanya Dilipatgandakan

Pahala dari membaca Al-Qur'an di bulan Ramadhan sangat besar, bahkan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Hal ini disebutkan dalam hadis riwayat Bukhari dan Muslim, yang artinya: "Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur'an) pada bulan Ramadhan, maka dia akan mendapatkan satu pahala yang dilipatgandakan sepuluh kali lipat dari pahala membaca satu huruf di luar bulan Ramadhan."

Dengan demikian, kita sebaiknya memanfaatkan bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya untuk membaca Al-Qur'an dan memperdalam pemahaman tentang agama Islam. Selain mendapatkan pahala yang besar, amalan membaca Al-Qur'an juga dapat membantu kita dalam memperbaiki akhlak dan memperkuat iman kita kepada Allah SWT.

Pada hadits diriwayatkan Ibnu Abbas ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

عن ابن عباس قال: كان رسول الله صلى الله عليه و سلم أجود الناس وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل وكان يلقاه في كل ليلة من رمضان فيدارسه القرآن فلرسول الله صلى الله عليه و سلم أجود بالخير من الريح المرسلة (متفق عليه)

Ibnu Abbas ra. berkata: "Sesungguhnya Rasulullah SAW adalah manusia paling dermawan, dan ia berada dalam kondisi terdermawannya ketika di bulan Ramadhan, yaitu ketika Malaikat Jibril menemuinya. Dan Malaikat Jibril senantiasa menemuinya pada setiap malam Ramadhan untuk mudaarasah al-Qur`an. Dan keadaan Rasulullah ketika ia ditemui oleh Malaikat Jibril adalah lebih dermawan daripada angin yang berhembus." (HR. Bukhari-Muslim)

Rasulullah SAW juga bersabda dalam sebuah hadis, bunyinya:

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلَّا الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ

Artinya: “Amal setiap orang balasannya dilipatgandakan, setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kali lipat sampai tujuh ratus kali. Berfirman Allah SWT: “Kecuali puasa, karena sesungguhnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku sendiri yang langsung membalasnya, karena ia (orang yang berpuasa) telah meninggalkan syahwat, makan, dan minumnya semata-mata untuk beribadah pada-Ku. Bagi orang yang berpuasa memperoleh dua kebahagiaan, (1) kebahagiaan ketika ia berbuka dan (2) kebahagiaan ketika ia berjumpa dengan Tuhannya. Sesungguhnya aroma mulut orang yang berpuasa di sisi Allah lebih harum dari parfum misk (kasturi)”. (Hadis Shahih, riwayat al-Bukhari: 6938 dan Muslim: 1945).

Amalan membaca Al-Qur'an
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Beberapa amalan membaca Al-Qur'an yang dapat dilakukan di bulan Ramadhan antara lain:

1. Membaca Al-Qur'an secara rutin setiap hari, baik pada saat pagi, siang, atau malam hari.
2. Mengikuti kajian tafsir Al-Qur'an atau majlis taklim di masjid atau rumah.
3. Mengkhatamkan Al-Qur'an setidaknya sekali selama bulan Ramadhan.
4. Mengikuti lomba membaca Al-Qur'an yang diselenggarakan di masjid atau lembaga Islam setempat.
5. Memberikan hadiah atau sedekah kepada orang yang berhasil mengkhatamkan Al-Qur'an di bulan Ramadhan.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya