Jokowi: Pemerintah Siapkan Dana Rp 549,5 Triliun untuk Pendidikan di 2021

"Dana Pendidikan 2021: Berapa Banyak Uang yang Akan Disediakan untuk Masa Depan Anak-anak Kita?"

Life | 21 December 2023, 00:09
Jokowi: Pemerintah Siapkan Dana Rp 549,5 Triliun untuk Pendidikan di 2021

Sistem pendidikan nasional jadi sorotan nih, guys! Presiden Joko Widodo (Jokowi) lagi heboh-hebohnya bahas ini dalam Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI 2020. Jokowi pengen banget sistem pendidikan kita fokus ke sisi religius dan bisa bikin Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan kreatif, terutama di bidang teknologi.

Dilansir dari Liputan 6, pada Minggu (22/8/2020), Jokowi bilang kalo pemerintah bakal alokasikan dana sebesar Rp. 549,5 triliun buat pendidikan di tahun 2021. Wah, gede banget kan? Tujuannya sih buat bikin SDM kita makin unggul. Jokowi ngomongin ini pas lagi ngasih tau RUU APBN 2021 dan Nota Keuangan di Rapat Paripurna di Gedung Parlemen Jakarta.

Anggaran pendidikan di tahun 2021 ini naik banget, guys. Kalo di tahun 2020, anggarannya cuma Rp. 505,8 triliun aja. Sekarang jadi Rp. 549,5 triliun, loh! Angka yang gede banget, kan?

Nah, dari anggaran sebesar Rp. 549,5 triliun itu, sekitar 20% dari APBN bakal difokuskan buat meningkatkan kualitas SDM, kemampuan adaptasi teknologi, dan produktivitas melalui pengetahuan ekonomi di era industri 4.0. Mantap banget, kan?

Dengan dana segede itu, pemerintah juga bakal tingkatin efektivitas bantuan pendidikan seperti BOS, LPDP, dan PIP. Jadi, bantuan pendidikan bisa lebih maksimal dan bermanfaat buat kita semua.

Selain nambahin anggaran pendidikan, pemerintah juga bakal lakukan reformasi pendidikan. Mereka bakal transformasi kepemimpinan kepala sekolah, ngadain pelatihan buat guru, dan transformasi pendidikan lainnya. Pokoknya, semuanya demi kualitas pendidikan yang lebih baik, guys!

Guru juga bakal diajarin ngajar sesuai kemampuan siswa, pake standar penilaian global, dan ada kerjasama dengan daerah dan masyarakat sipil. Jadi, pendidikan kita bisa lebih terarah dan berkualitas.

Program vokasi, kartu pra kerja, dan penyelenggaraan PAUD juga jadi perhatian khusus pemerintah. Mereka pengen banget menciptakan SDM yang unggul, guys! Jadi, kita harus dukung terus upaya pemerintah ini, ya.

Nah, gimana menurut kalian? Apa kalian setuju dengan langkah-langkah pemerintah untuk meningkatkan pendidikan di Indonesia? Yuk, kita dukung bersama-sama!


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 17 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya