Inspiratif! Siswa Berjuang Jualan Kue Keliling Demi Beli Ponsel Impian

"Siswa dengan semangat jualan kue keliling demi membeli ponsel baru. Dapatkan cerita inspiratif ini di sini!"

Life | 22 December 2023, 15:55
Inspiratif! Siswa Berjuang Jualan Kue Keliling Demi Beli Ponsel Impian

Pandemi Covid-19 telah mengubah cara pembelajaran menjadi jarak jauh guna mengurangi penyebaran virus Covid-19. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi pilihan terbaik untuk menjaga siswa agar tidak terpapar Covid-19. Namun, banyak siswa yang menghadapi masalah karena tidak memiliki perangkat untuk melakukan PJJ.

Hal yang sama dialami oleh Sultan Zihan, seorang siswa kelas IX di SMPN Salopa, Tasikmalaya, Jawa Barat. Sultan mengalami kesulitan dalam beradaptasi dengan pembelajaran online selama pandemi. Ia tidak memiliki ponsel pribadi sehingga harus mengandalkan teman-temannya yang memiliki ponsel.

Untuk membeli ponsel, Sultan bahkan rela berkeliling kampung dengan menawarkan kue onde-onde yang dijualnya. Setiap hari, Sultan berhasil menjual sekitar 200 buah onde-onde dengan harga Rp. 2000 per buah. Dari penjualan tersebut, Sultan mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 1000 per buah.

"Setiap hari, saya bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 200.000. Kadang-kadang ada pembeli yang membeli banyak, bisa sampai 30 hingga 40 onde-onde. Saya membawa onde-onde dari orang lain," kata Sultan seperti yang dilansir dari Kompas pada Rabu (5/8/2020).

Keuntungan dari penjualan onde-onde ini akan digunakan Sultan untuk membeli ponsel guna mempermudah pembelajaran online. Sultan telah menjalani aktivitas berjualan kue onde-onde selama dua pekan terakhir. Ia menjajakan kuenya dari pagi hingga sore hari dengan menempuh jarak yang cukup jauh. Waktu tempuh dari rumah Sultan ke kota Tasikmalaya sekitar dua jam jika menggunakan motor.

Sultan menyadari bahwa kondisi ekonomi keluarganya tidak memungkinkan untuk membeli ponsel. Oleh karena itu, ia berusaha membantu kedua orangtuanya mencari rezeki. Selama ini, ibu Sultan juga berjualan onde-onde, tetapi hanya di wilayah kecamatan Salopa dan tidak sampai ke wilayah perkotaan. Sementara itu, ayah Sultan bekerja sebagai penjual pemantik api eceran di Terminal Salopa.

Selain membantu kedua orangtuanya mencari uang, Sultan juga selalu membantu ibunya menyiapkan makanan untuk adik-adiknya. Sultan memiliki cita-cita untuk melanjutkan pendidikannya di sekolah menengah kejuruan (SMK) di Tasikmalaya. Ia bercita-cita menjadi orang sukses dan berkecukupan.

"Saya ingin membantu orang-orang yang kesulitan jika saya sudah kaya dari berjualan onde-onde. Nama saya Sultan Zihan Pak. Saya berusaha keras dalam belajar, tapi juga berjualan daripada bermain tanpa tujuan," ujar Sultan.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 17 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya