Kabar Terbaru: Tidak Ada Perekrutan CPNS Selama Dua Tahun ke Depan, Bersabarlah!

"Perekrutan CPNS: Peluang Karir Menjanjikan di Sektor Pemerintahan! Dapatkan informasi terkini tentang proses seleksi, persyaratan, dan jadwal pendaftaran. Jangan lewatkan kesempatan emas ini untuk mer..."

Life | 27 December 2023, 07:37
Kabar Terbaru: Tidak Ada Perekrutan CPNS Selama Dua Tahun ke Depan, Bersabarlah!

Pemerintah Menghentikan Perekrutan CPNS Selama 2 Tahun ke Depan

Pemerintah Indonesia mengumumkan bahwa mereka tidak akan membuka perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) selama dua tahun ke depan. Keputusan ini diumumkan oleh Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), di Gedung DPR, Jakarta pada Senin (6/7/2020).

Namun, kebijakan ini tidak berlaku untuk sekolah kedinasan yang sudah terprogram seperti sekolah kepolisian dan akademi militer.

Dilansir oleh Taman Pendidikan dari Kompas.tv pada Selasa (7/7/2020), Tjahjo menjelaskan bahwa penerimaan CPNS selama dua tahun ke depan akan dihentikan, kecuali untuk kedinasan yang sudah terprogram. Akpol (Akademi Polisi) dan Akmil (Akademi Militer) tetap akan melaksanakan penerimaan pada tahun 2021 mendatang.

Keputusan ini diambil sebagai dampak dari pandemi Covid-19, serta sebagai langkah untuk menyederhanakan birokrasi dan mempercepat perizinan, sesuai dengan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tjahjo berpendapat bahwa dengan menghentikan rekrutmen CPNS, pemerintah dapat menghemat anggaran yang cukup besar.

Meskipun penerimaan CPNS ditunda hingga tahun 2021, pemerintah tetap akan melanjutkan seleksi CPNS formasi 2019 yang sempat terhambat akibat pandemi Covid-19.

Meskipun tanggalnya belum dipastikan, kegiatan tes lanjutan dari Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS dijadwalkan akan dilaksanakan mulai Agustus 2020 hingga awal Oktober 2020.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) berusaha untuk tetap melaksanakan tes SKB CPNS secara langsung, tanpa menggunakan sistem online, dengan tetap memperhatikan status kedaruratan pandemi Covid-19 di Indonesia. BKN juga akan memastikan penerapan protokol kesehatan dan keamanan di lapangan, seperti yang dilaporkan oleh Kompas.tv.

Dengan adanya keputusan ini, para calon CPNS harus bersabar menunggu hingga tahun 2021 untuk dapat mengikuti perekrutan. Namun, bagi mereka yang telah mengikuti seleksi CPNS formasi 2019, mereka masih memiliki kesempatan untuk melanjutkan proses seleksi dan mengikuti tes SKB yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya