Peter Tabichi, Guru Asal Kenya yang Mendapatkan Penghargaan Teacher Global Price

"Guru Hebat dari Desa Kenya Raih Penghargaan Teacher Global Price! Baca kisah inspiratif mereka yang penuh perjuangan. #GuruPedesaan #Kenya #TeacherGlobalPrice"

Life | 07 January 2024, 23:35
Peter Tabichi, Guru Asal Kenya yang Mendapatkan Penghargaan Teacher Global Price

Kisah Inspiratif Guru Terbaik di Dunia: Peter Tabichi dari Kenya

Seorang guru di pedesaan di Negara Kenya telah menginspirasi dunia pendidikan dengan dedikasinya yang luar biasa. Peter Tabichi, guru yang mengajar di SMP Keriko, Desa Pwani, Nakuru, Provinsi Rift Valley, Kenya, telah dinobatkan sebagai guru terbaik di dunia tahun 2019 oleh Teacher Global Price. Penghargaan ini juga berarti hadiah sebesar Rp 13 miliaran untuk Peter Tabichi.

Peter Tabichi mengajarkan ilmu sains di sebuah desa kecil di mana 95% penduduknya hidup dalam kemiskinan. Meskipun menghadapi banyak keterbatasan, Peter Tabichi tetap gigih memberikan pendidikan kepada murid-muridnya. Bahkan, ia menyumbangkan 80% dari gajinya untuk memenuhi kebutuhan akademis para siswa yang kurang mampu.

Dedikasi Peter Tabichi dalam mengajar anak-anak yang tidak mampu di kelas-kelas yang padat dengan hanya sedikit buku teks telah mendapat pujian. Selain memberikan ilmu, Peter Tabichi juga menyumbangkan uang hasil keringatnya sebagai guru. Ia ingin murid-muridnya melihat sains sebagai jalan keluar untuk masa depan mereka.

Murid-murid di sekolah tempat Peter Tabichi mengajar kebanyakan berasal dari keluarga yang kurang beruntung, seperti yatim piatu atau kehilangan orang tua. Peter Tabichi berusaha membantu mereka meningkatkan pengetahuan sains untuk masa depan yang lebih baik. Cita-citanya adalah meningkatkan aspirasi dan mempromosikan sains tidak hanya di Kenya, tetapi juga di seluruh Benua Afrika.

Meskipun sekolah tempat Peter Tabichi mengajar menghadapi banyak tantangan, seperti kurangnya fasilitas dan guru, ia berhasil membawa murid-muridnya berkompetisi dalam kompetisi sains nasional dan internasional. Bahkan, mereka juga meraih penghargaan dari Royal Society of Chemistry di Inggris.

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi Peter Tabichi adalah membujuk masyarakat setempat untuk mengakui pentingnya pendidikan. Ia sering mengunjungi keluarga yang anak-anaknya berisiko putus sekolah dan berusaha mengubah pikiran mereka yang berharap anak perempuan mereka segera menikah pada usia dini. Peter Tabichi selalu mendorong agar anak perempuan tetap pergi ke sekolah.

Kisah inspiratif Peter Tabichi ini memberikan sorotan yang kuat pada pekerjaan luar biasa yang dilakukan guru di Kenya dan di seluruh dunia setiap hari. Kisahnya telah mengilhami ribuan orang yang ingin memasuki profesi guru. Peter Tabichi adalah contoh nyata bahwa seorang guru dapat memiliki dampak besar dalam kehidupan siswa-siswinya.

Sumber gambar:

- Peter Tabichi Saat Mengajar (Sumber: globalteacherprize.org)

- Suasana Kelas Saat Peter Tabichi Mengajar (Sumber: Youtube.com)

Video terkait:


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya