7 Cara Mengatasi Sinyal Full tapi Internet Lemot Secara Efektif, Ketahui Penyebabnya

"Internet lemot adalah masalah klasik yang sudah biasa terjadi, namun bagaimana jika sinyalnya full? Berikut adalah solusinya."

Tech | 19 January 2022, 15:43
7 Cara Mengatasi Sinyal Full tapi Internet Lemot Secara Efektif, Ketahui Penyebabnya

Saat ini penggunaan internet memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, namun penggunaan internet ini juga harus ditunjang dengan sinyal yang baik pula.

Sinyal yang lemot menyebabkan komunikasi menjadi terhalang, sehingga pesan tidak dapat disampaikan dengan cepat. Tidak hanya itu, kegiatan riset dan pencarian data melalui internet juga akan terhambat.

Yang lebih menjengkelkan adalah saat internet terasa lemot, namun sinyal tetap terlihat penuh. Tentu akan bertanya-tanya dengan masalah ini.

Kondisi sinyal yang seperti ini disebabkan karena beberapa kondisi. Berikut adalah penyebab internet lemot tapi sinyal tetap full.

- Paket data habis

Saat paket data internet Anda habis, sinyal akan tetap penuh. Namun kecepatan internet tidak akan berjalan.

- Sistem smartphone bermasalah
Penyebab jaringan internet lemot adalah sistem smartphone yang bermasalah. Biasanya jika hal ini terjadi koneksi jaringan sudah bagus, tetapi karena smartphone yang digunakan bermasalah, aktifitas online menjadi terhambat.

- Kekuatan sinyal tidak menjamin kecapatan internet
Sinyal dan speed tranmisi merupakan besaran yang berbeda, jadi tidak menjadi patokan yang menentukan kecepatan internet Anda meskipun saling berhubungan.

Kecepatan transmisi atau kecepatan internet pada smartphone bisa kamu ketahui dengan bantuan aplikasi khusus. Aplikasi ini dibuat memang untuk membaca speed transmisi, misalnya seperti speedtest dan sebagainya.

- Lalu lintas pengguna provider yang tinggi

Terkadang pada jam-jam tertentu provider akan menurun performa speed internetnya, walaupun pada bar sinyal terlihat full. Ini disebabkan karena lalu lintas penggunaan data sesama pengguna provider yang bersamaan menggunakan internet pada waktu yang sama.

Hal ini seperti jalanan yang macet, speed internet juga bisa macet kalau pas lagi padat.

Cara Mengatasi Sinyal Full tapi Internet Lemot

Sangat menjengkelkan memang, saat kita sedang menggunakan internet tiba-tiba sinyal menjadi lemot namun sinyal masih full. Salah satu penyebabnya adalah karena lalu lintas pengguna provider yang tinggi.

Berikut ini adalah cara mengatasi sinya full tapi internet lemot.

1. Matikan dan nyalakan data seluler
Internet yang lemot dapat Anad atasi dengan mematikan data seluler beberapa saat untuk refresh jaringan smartphone anda. Jika sinyal mulai berubah coba nyalakan kembali data seluler Anda.

2. Matikan hp
Saat ponsel Anda aktif secara terus menerus akan berpengaruh pada kinerja smartphone, sinyal, internet dan aplikasi yang berjalan. Untuk mengatasinya, Anda dapat mematikan smartphone selama 5 menit supaya semua bug dalam smartphone bisa teratasi.

3. Cari sinyal yang bagus
Saat tahu saat sinyal ponsel Anda lemot maka Anda dapat berpindah ke tempat lain. Sinyal yang penuh tapi tidak bisa internetan disebabkan oleh koneksi internet yang mati secara mendadak sehingga butuh beberapa detik untuk memulihkannya kembali.

Anda bisa berpindah ke sudut rumah lain seperti ruang tamu, ruang makan, lantai 2 untuk mencari aliran sinyal yang kualitasnya baik.

4. Restart hp
Anda bisa restart smartphone Anda untuk mengembalikan kecepatan internet ponsel Anda. Tunggu sampai proses restart selesai dan coba nyalakan data seluler dan internetan lagi.

Dengan restart hp, jaringan akan mengatur kembali sinyal yang ada di sekitar dan membuat aliran internet menjadi lancar.

5. Aktifkan mode pesawat
Anda bisa mengaktifkan mode pesawat supaya bar sinyal dan koneksi internet kembali normal. Caranya, anda masuk ke pengaturan - mode pesawat - aktifkan - tunggu beberapa saat - kemudian matikan kembali.

Setelah itu, Anda akan melihat bar sinyal yang kembali normal dan bisa internetan dengan kecepatan yang normal.

6. Chek pengaturan jaringan
Sinyal full tapi internet lemot ini bisa jadi karena pengaturan jaringan di smartphone anda. Kecepatan internet tergantung dari tempat dan pengaturan jaringan yang tepat di smartphone anda.

Caranya, Anda masuk ke pengaturan - jaringan seluler - jenis jaringan - ubah dari otomatis ke 4G LTE atau WCDMA saja untuk sinyal yang lebih stabil. Atau gunakan kode dial *#*#4636#*#* lalu pilih WCDMA preferred atau 4G LTE.

7. Mengatur APN dengan benar
APN memiliki peran penting pada kualitas koneksi internet Anda, jika pengaturan APN pada ponsel Anda tersusun dengan acak, bisa jadi ini yang membuat internet menjadi lemot. Maka dari itu Anda harus mengatur APN dengan benar sesuai ketentuan tiap - tiap kartu supaya koneksi internet menjadi lancar.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya