19 Cara Mengatasi Kulit Mengelupas, Gunakan Lidah Buaya

"Tidak hanya cuaca, senyawa klorin juga dapat memicu kulit mengelupas."

Life | 24 January 2022, 13:56
19 Cara Mengatasi Kulit Mengelupas, Gunakan Lidah Buaya

Dikutip dari Cleveland Clinic, kulit bersisik dan mengelupas kadang ditandai dengan kulit yang terasa kering dan menjadi kemerahan. Keadaan ini sering terjadi ketika kulit sedang pada proses penyembuhan penyakit, namun banyak juga faktor lain yang mampu berperan.

Berikut merupakan penyebab-penyebab kulit bersisik dan mengelupas yang paling umum, seperti:

1. Kulit wajah kering

Hal ini adalah faktor penyebab kulit bersisik dan mengelupas yang sering terjadi, baik di tangan, wajah hingga jari. Berbeda dengan kulit yang sehat, sel-sel kulit yang kering tidak mampu berhubungan dengan kuat dengan satu sama lain.

Kurangnya tingkat kelembapan di kulit dapat diakibatkan beberapa faktor, yakni:

- Iklim yang kering.

- Cuaca yang begitu dingin.

- Cukup sering terkena air hangat.

- Senyawa klorin pada kolam renang.

- Pemakaian produk perawatan yang mengiritasi kulit.

2. Terbakar matahari (sunburn)

Sunburn merupakan keadaan kulit yang terbakar karena terlalu lama terpapar sinar matahari. Sinar matahari mampu membunuh dan merusak sel-sel kulit sebelum waktunya saat digantikan. Sehingga, kulit juga mengelupas agar menggantikan sel-sel yang baru.

Dalam beberapa kasus, kulit wajah yang terbakar dapat melepuh terlebih dulu sebelum mengelupas guna menghilangkan sel-sel kulit mati (proses eksfoliasi). Bekas lepuhan yang mengering nantinya bisa memicu kesan bersisik di kulit tangan, wajah, maupun jari.

3. Terlalu sering mencuci tangan

Walaupun mencuci tangan penting dalam mencegah penyebaran bakteri, terlalu sering cuci tangan malah bisa menghilangkan minyak alami kulit. Kulit akhirnya tidak bisa menjaga kelembapannya maka menjadi kering, bersisik hingga mengelupas.

4. Penggunaan obat-obatan tertentu

Pemakaian obat-obatan tertentu, terutama obat jerawat, juga dapat menjadi penyebab kulit bersisik dan mengelupas. Selain itu, obat yang ada benzoil peroksida atau asam salisilat juga memberikan dampak yang sama, terlebih terhadap kulit sensitif.

5. Penggunaan produk dengan bahan kimia yang keras

Bahan kimia tertentu pada produk sabun, pelembap, dan produk kecantikan lainnya mampu memicu iritasi di kulit. Ciri-ciri yang cukup biasa ialah kulit tangan, wajah sampai jari terlihat bersisik dan mengelupas.

6. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme atau hipotiroid adalah sebuah keadaan saat kelenjar tiroid tidak menghasilkan hormon tiroid yang cukup. Sehingga, proses penguraian energi tubuh menjadi lambat dan mengakibatkan berbagai gejala yang begitu mengganggu.

Hormon tiroid berperan penting untuk pembentukan jaringan kulit baru. Bagi penderita hipotiroidisme, kurangnya produksi hormon tiroid mengakibatkan kulit jadi lebih kering maka dapat rentan bersisik dan mengelupas.

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Mengutip laman resmi American Academy of Dermatology Association, terdapat beberapa cara mengatasi kulit mengelupas yang dapat dicoba seperti:

1. Ketika mandi, pakai air dingin atau hangat dibandingkan dengan air panas.

2. Pakai sabun mandi dan produk perawatan kulit memakai bebas pewangi, formula lembut, atau berlabel hypoallergenic.

3. Berikan batasi waktu mandi, cuci baju, cuci piring, atau kontak memakai air pada daerah kulit kering mengelupas tidak lebih dari 10 menit.

4. Usahakan senantiasa keringkan seluruh bagian tubuh hingga tuntas memakai handuk sesudah dibasahi.

5. Pakai pelembab atau krim yang terdapat bahan minyak jojoba, mineral oil, dimetikon, gliserin, asam hialuronat, asam laktat, lanolin, petrolatum, atau shea butter.

6. Aplikasikan pelembab seusai mandi, cuci tangan atau muka, atau rasakan kulit kering.

7. Apabila kulit kering mengelupas timbul pada telapak tangan, pakai sarung tangan ketika mencuci pakaian, mencuci piring, atau keluar rumah pada keadaan udara dingin.

8. Jika kulit kering mengelupas dialami berkepanjangan, pertimbangkan dalam memakai humidifier atau pelembap udara.

9. Saat keadaan kulit kering mengelupas, hindari berbagai produk perawatan kulit yang ada asam alfa-hidroksi (AHA), pewangi, dan retinoid. Usahakan kamu memakai jenis yang bebas pewangi.

10. Apabila beraneka cara mengatasi kulit kering mengelupas di atas telah dijajal dan keadaannya tidak kunjung membaik, lekas konsultasikan kepada dokter.

Selain itu, kamu dapat melakukannya cara lainnya seperti:

1. Madu

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Madu memberikan efek menenangkan dan melembutkan yang bisa membantu merawat kulit yang mengelupas dan bersisik. Madu dapat membantu melembapkan dan menjaga kelembutan kulit. Aplikasikan setengah sendok makan madu dengan merata pada kulit yang mengelupas. Tunggu sekitar 20 sampai 30 menit sebelum dibersihkan.

2. Lidah buaya

Sifat anti-inflamasi dan pelembapnya mampu mengobati kulit bersisik dan juga keadaan kulit inflamasi yang bisa mengakibatkannya. Gel lidah buaya dapat menjadi perawatan anti-inflamasi terhadap kulit terbakar sinar matahari.

3. Tea tree oil

Sifat anti-inflamasi tea tree oil bisa menenangkan keadaan kulit misalnya eksim yang bisa memicu kulit mengelupas. Senantiasa campur minyak esensial tea tree oil dengan minyak pembawa, sebab minyak esensial sangat kuat dan pekat hingga mampu mengakibatkan reaksi alergi.

Tambahkan tiga sampai empat tetes tea tree oil ke satu sendok teh minyak kelapa. Campur merata dan aplikasikan pada seluruh area yang mengelupas. Tunggu hingga benar-benar kering kemudian bersihkan.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa meningkatkan tingkat hidrasi kulit dan juga berperan sebagai pelembap alami. Ini mampu mencegah kulit mengelupas lebih jauh dan juga bisa mengobati sisik yang ada. Hangatkan satu sendok makan minyak kelapa. Oleskan minyak di antara telapak tangan dan aplikasikan dengan lembut pada seluruh wajah.

5. Minyak jojoba

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Minyak jojoba mempunyai banyak khasiat dalam perawatan kulit. Minyak ini membantu perawatan keadaan kulit inflamasi sampai bertindak sebagai pelembap. Kamu bisa menggunakan sedikit minyak jojoba ke telapak tangan. Aplikasikan tipis-tipis ke area wajah yang mengalami pengelupasan.

6. Minyak zaitun

Layaknya minyak kelapa, minyak zaitun juga sangat baik guna menjaga kelembapan kulit. Dalam minyak zaitun terdapat fenol yang membuktikan efek perbaikan penghalang kulit. Sehingga, minyak zaitun bisa mengatasi kulit mengelupas. Siapkan sedikit minyak zaitun pada telapak tangan. Aplikasikan dengan merata pada seluruh wajah.

7. Minum cukup air

Minum cukup air setiap hari bisa menjaga kulit tetap terhidrasi dan menekan terjadinya pengelupasan. Minum banyak air sangat penting dalam mencegah dehidrasi berlebih. Ini dapat mengatasi sinar matahari yang mampu menarik cairan dari seluruh tubuh.

8. Hindari mandi air hangat terlalu lama

Batasi mandi atau berendam sampai 5–10 menit bisa mencegah kulit kian mengering. Di samping itu, coba pakai air hangat atau suam kuku sebagai pengganti air panas. Mandi air dingin juga membantu mendinginkan kulit dan mengatasi nyeri karena sengatan matahari.

9. Keringkan wajah dengan lembut

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara lainnya adalah dengan keringkan wajah dengan lembut. Sesudah mencuci wajah, tepuk dan jangan gosok wajah. Keringkan wajah menggunakan handuk dengan lembut. Pakai handuk lembut ketika menyentuh wajah. Handuk yang lebih kasar mampu merusak kulit. Pendekatan yang lebih lembut ini bisa mencegah pengelupasan atau nyeri lebih lanjut.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya