Malam Nisfu Syaban 2024: Niat Puasa, Jadwal, Keistimewaan, dan Amalan

"Malam Nisfu Syaban 2024 adalah momen istimewa dalam agama Islam. Temukan jadwal, keistimewaan, dan amalan yang bisa dilakukan pada malam ini."

News | 19 February 2024, 00:15

Malam Nisfu Syaban 2024 merupakan salah satu momen penting bagi umat Islam. Pada malam ini, umat Muslim dianjurkan untuk melakukan amalan-amalan khusus sebagai bentuk ibadah dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Malam Nisfu Syaban jatuh pada tanggal 14 Syaban dalam penanggalan Hijriyah. Pada tahun 2024, Malam Nisfu Syaban diperkirakan jatuh pada tanggal malam 24 Februari 2024, sehingga puasa Nisfu Syaban dapat dilakukan pada 25 Februari 2024. Namun, perlu diingat bahwa tanggal pasti dapat berbeda-beda tergantung pada pengamatan hilal.

Keistimewaan malam Nisfu Syaban terletak pada potensi ampunan dan rahmat yang melimpah dari Allah SWT. Banyak ulama dan tokoh agama yang menyarankan untuk melakukan amalan-amalan tertentu pada malam ini, seperti:

  • Qiyamul Lail: Melakukan shalat sunnah di malam hari sebagai bentuk ibadah dan memohon ampunan.
  • Shalat Tahajjud: Melakukan shalat sunnah pada malam hari untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  • Membaca Al-Qur'an: Mengkhatamkan atau membaca Al-Qur'an pada malam ini sebagai bentuk penghormatan terhadap kitab suci.
  • Bersedekah: Memberikan sedekah kepada yang membutuhkan sebagai bentuk kebaikan dan amal jariyah.


Amalan-amalan tersebut dapat dilakukan dengan niat ikhlas dan penuh keikhlasan. Selain itu, malam Nisfu Syaban juga menjadi momen untuk merenungkan diri, memperbaiki diri, dan memperbanyak doa kepada Allah SWT.

Niat Puasa Nisfu Syaban
Umat muslim dianjurkan untuk melafalkan niat puasa Nisfu Syaban pada malam harinya. Adapun niatnya sama halnya dengan niat puasa sunnah lainnya di bulan Syaban.

Berikut niat puasa Nisfu Syaban untuk malam dan siang hari:

Niat Puasa Nisfu Syaban Malam Hari
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Arab Latin: Nawaitu shauma ghadin 'an adâ'i sunnati Sya'bana lillâhi ta'âlâ.

Artinya: "Aku berniat puasa sunah Sya'ban esok hari karena Allah SWT."

Niat Puasa Nisfu Syaban Siang Hari
Bagi umat muslim yang tidak sempat melafalkan niat di malam harinya tidak perlu khawatir. Pasalnya, seorang muslim dapat melafalkan niat puasa Nisfu Syaban pada siang hari selama belum makan, minum, ataupun melakukan hal-hal lain yang membatalkan puasa sejak subuh.

Berikut ini lafaz niat puasa Nisfu Syaban yang dapat dibaca di siang hari.

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Arab Latin: Nawaitu shauma hâdzal yaumi 'an adâ'i sunnati Sya'bana lillâhi ta'âlâ.

Artinya: "Aku berniat puasa sunah Sya'ban hari ini karena Allah SWT."

Jadi, jangan lewatkan momen berharga ini. Segera persiapkan diri dan manfaatkan malam Nisfu Syaban 2024 untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon ampunan serta rahmat-Nya.

(g/t)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya