9 Cara Mengatasi Muntah secara Aman, Ketahui Penyebabnya

"Kondisi ini belum tentu menandakan penyakit berbahaya, namun harus diwaspadai."

Life | 03 February 2022, 18:51
9 Cara Mengatasi Muntah secara Aman, Ketahui Penyebabnya

Muntah merupakan suatu kondisi yang kurang menyenangkan, dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Pasalnya muntah, juga menandakan sedang terjadi pengosongan isi perut secara paksa melalui mulut. Sehingga menyebabkan seluruh isi perut, berupa sisa makanan yang dikonsumsi keluar seluruhnya.

Muntah secara spesifikasi dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu muntah kering, muntah darah, dan berwarna kuning. Muntah kering merupakan munculnya sensasi ingin muntah, namun mulut tidak mengeluarkan apapun. Muntah darah, adanya indikasi luka yang terjadi pada bagian yang ada di dalam perut.

Sedangkan muntah berwarna kuning, merupakan muntahan sisa makanan atau indikasi adanya cairan empedu. Kondisi ini seringkali terjadi ketika seusai makan. Salah satu penyebabnya ialah sedang terjadi flu perut, yang memaksa untuk mengosongkan isi perut. Selain itu juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi lainnya.

Selain itu, muntah juga bisa muncul diakibatkan masalah gangguan kesehatan. Biasanya muntah yang disebabkan oleh psikis atau fisik, dan jika fisik menjadi penyebab biasanya terdapat gangguan pada otak atau salah satu saluran pencernaan bagian atas. Misalnya lambung, pangkreas, empedu, usus kecil, kerongkongan.

Mengenal penyebab muntah

Ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab terjadinya muntah, salah satunya dipengaruhi oleh sakit kepala. Pusing menyebabkan tubuh kehilangan keseimbangan hingga muncul rasa mual dan muntah. Selain itu juga dapat dipicu oleh beberapa penyebab lainnya, berikut ini penyebab muntah :

Daun.id

sumber; pexels

- Infeksi pada saluran cerna, jika terjadi infeksi pada pencernaan dapat menimbulkan sakit mual sehingga dapat berujung muntah. Misalnya, dapat terjadi pada orang yang mengalami muntaber.

- Tumor otak, tumor menjadi penghalang masuknya cairan ke dalam otak yang dapat menyebabkan penekanan dan peningkatan interakranial (ICP), sehingga sakit kepala dan mual bisa muncul secara bersamaan. Kondisi ini dapat menyebabkan muntah.

- Mengonsumsi alkohol secara berlebihan, mengonsumsi alkohol terlalu banyak dapat menimbulkan sakit kepala dan menyebabkan mungtah secara bersamaan. Alkohol juga dapat membuat darah menipis, sehingga terjadi tidak seimbangnya jaringan telinga pada bagian dalam.

- Pengaruh obat medis tertentu, selain alkohol ada obat medis tertentu yang dapat menyebabkan terjadinya atau munculnya sakit kepala dan mual secara bersamaan, sehingga menyebabkan muntah.

- Vertigo, merupakan kondisi sakit kepala yang sangat hebat dan membuat kepala seakan-akan melayang dan berputar yang menyebabkan kehilangan keseimbangan. Kondisi seperti ini dapat memicu timbulnya rasa sakit kepala dan mual secara bersamaan dan berujung muntah.

- Masalah psikologis, stres maupun gangguan kecemasan yang berlebihan dapat menyebabkan muntah, selain itu juga sakit kepala secara bersamaan. Jaringan otak yang merespon kedua hal tersebut, memiliki jaringan yang sama.

Daun.id

sumber; pexels

- Kondisi hamil, saat perempuan hamil mengalami peningkatan hormon Human Chorionic Gonadotropin (HCG). Saat awal hamil, akan memicu sakit kepala dan mual secara bersamaan, sehingga dapat menyebabkan muntah.

- Mabuk perjalanan, sistem saraf pusat menerima pesan yang berbeda-beda dari mata dan telinga bagian dalam. Sehingga dapat menyebabkan muntah, terkadang juga bersamaan dengan sakit kepala.

- Migrain, merupakan sakit kepala sebelah yang juga termasuk serangan sakit kepala hebat terasa berdenyut parah. Migrain juga menjadi salah satu pemicu yang menyebabkan muntah.

- Darah rendah, rendahnya kadar gula yang terdapat pada otak dapat menimbulkan gejala sakit kepala. Tidak hanya itu, sakit kepala juga dapat menyebabkan seseorang muntah.

Itulah beberapa hal atau kondisi yang dapat menyebabkan seseorang muntah. Waspadai beberapa penyebab di atas, sehingga dapat terhindar dari kondisi muntah.

Cara mengatasi muntah

Selain mengetahui beberapa penyebab, ada beberapa cara mengatasi muntah yang dapat anda ketahui. Cara ini sebagai saran untuk digunakan mengatasi muntah dengan aman dan praktis. Berikut ini cara mengatasi muntah;

1. Beristirahat dengan cukup

Kualitas tidur yang buruk dapat berpengaruh bagi kesehatan, tentunya hal ini tidak bisa diremehkan. Perbaikilah kualitas tidur anda secara teratur dan benar sehingga dapat memperbaiki kesehatan hidup pula. Salah satu cara untuk mengatasi muntah ialah dengan memperbaiki kualitas tidur, sehingga istirahat dapat terpenuhi.

2. Memijat kepala

Daun.id

sumber; pexels

Jika terjadi sakit kepala menyebabkan muntah secara bersamaan, maka lakukanlah pemijatan pada bagian kepala yang sakit. Pijatlah bagian kepala yang terasa sakit, anda juga bisa meminta bantuan orang lain untuk melakukan pemijatan. Lakukan pemijatan dengan pelan dan benar hingga sakit kepala berkurang, dan dapat mengatasi muntah.

3. Melakukan pemeriksaan ke dokter

Daun.id

sumber; pexels

Jika muntah disebabkan oleh sakit kepala, sebaiknya pergi ke dokter untuk mengecek gejala yang terjadi. Dokter akan melakukan penanganan sesuai hasil pengecekkan dan sakit yang dialami si penderita. Mungkin, muntah yang terjadi dipengaruhi oleh kondisi medis tertentu dan harus ditangani oleh dokter.

4. Rutin olahraga

Olahraga dapat membuat tubuh terasa sehat dan bugar, berolahraga tak perlu dengan olahraga yang berat. Tetapi lakukanlah gerak olahraga sesuai dengan kemampuan anda, misalnya lari-lari kecil, push-up, dan lain-lain. Cara ini juga dapat melatih kekuatan otot yang ada di perut, sehingga dapat mengatasi muntah.

5. Mengelola stres

Stres sering terjadi pada sebagian orang, biasanya diakibatkan oleh beberapa penyebab. Misalnya pekerjaan menumpuk yang tak kunjung selesai, serta menghadapi banyak masalah yang tak dapat diselesaikan. Anda perlu memanag waktu, sehingga dapat teratur dan tenang. Sehingga dapat tercipta ketenangan dan mengatasi muntah.

6. Hidup dengan pola yang sehat

Daun.id

sumber; pexels

Pola hidup yang sehat sangat menentukan kualitas hidup anda, secara tidak langsung juga akan menjamin kesehatan hidup anda. Penerapan pola hidup yang sehat dapat secara efektif mengatasi muntah. Kurangilah kebiasaan merokok, tidak minum alkohol, dan konsumsi coklat yang berlebihan.

7. Meningkatkan minum air putih secara teratur

Air putih dapat mengganti cairan tubuh yang kurang, sehingga dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Jika cairan tubuh terpenuhi, maka keseimbangan tubuh juga dapat terjaga. Sehingga mampu menghindari terjadinya muntah. Minumlah air putih secara rutin dan teratur minimal 2 liter atau 8 gelas per hari.

8. Duduk tegak

Daun.id

sumber; pexels

Jika muntah disebabkan oleh perut yang terisi penuh makanan, maka cara untuk mengatasinya ialah dengan cara duduk tegak. Duduk tegak dapat dipercaya bisa membantu pencernaan lebih nyaman dan lancar setelah makan. Selain itu juga bisa terhindar dari penyakit asam lambung.

9. Minum air sari lemon

Lemon juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi muntah dengan mudah. Kandungan asam sitrat yang terdapat pada lemon bisa membuat perut agak lebih tenang. Selain diminum lemon juga dapat dihirup, yang menimbulkan bau segar dan mengatasi muntah.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi muntah, lakukan beberapa cara di atas agar dapat hidup dengan nyaman. Jika masih kesulitan, sebaiknya periksakan ke dokter guna mendapat perawatan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 17 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya