15 Cara Mengatasi Kutu Rambut dalam 1 Hari, Ampuh Banget

"Pahami juga siklus hidup kutu rambut."

Life | 09 February 2022, 13:51
15 Cara Mengatasi Kutu Rambut dalam 1 Hari, Ampuh Banget

Kutu tak hanya menyerang pada orang dewasa, namun juga terhadap anak-anak. Apabila anak mulai tampak sering menggaruk kepala, kamu perlu lekas mencari cara mengatasi kutu rambut. Pasalnya, keadaan tersebut selain tak membuat nyaman, juga berisiko terhadap kesehatan.

Selain memakai obat penghilang kutu rambut, terdapat beberapa cara mengatasi kutu rambut yang dapat menjadi pilihan. Kamu bahkan dapat memanfaatkan bahan alami guna membasmi kutu rambut pada kepala.

Kutu rambut adalah parasit kecil yang mengisap darah yang letaknya kulit kepala. Walaupun lebih sering muncul pada anak-anak, orang dewasa juga dapat terkena kutu rambut.

Kutu memiliki 3 jenis kutu yang dapat memakan darah manusia:

- Kutu rambut

- Kutu tubuh

- Kutu kemaluan

Dilansir dari International Journal of Infectious Disease, terdapat beberapa keluhan yang kadang dirasakan ketika muncul kutu rambut pada kepala, terlebih rasa gatal pada telinga, kulit kepala, dan leher.

Siklus Hidup Kutu Rambut

- Telur

Bentuk telur cukup susah diidentifikasi dan kadang tersamarkan dengan munculnya ketombe atau tetesan semprotan rambut. Bentuknya bulat, ukurannya 2–3 milimeter dan warnanya kekuningan.

- Larva atau nymph

Nymph adalah kutu yang baru saja menetas dan memerlukan waktu 2–3 minggu agar tumbuh menjadi kutu dewasa.

- Kutu dewasa

Kutu rambut dewasa ukurannya sebesar biji wijen dan mampu hidup sekitar 30 hari menempel di rambut dan memperoleh makanan dari darah inangnya.

Selain itu, adapun tanda munculnya kutu rambut seperti:

- Gatal pada kulit kepala, leher, dan telinga. Biasanya ada luka terbuka pada kulit kepala dan leher karena gatal parah.

- Kutu tampak pada kulit kepala.

- Telur kutu tampak pada batang rambut.

- Luka pada leher, kulit kepala, dan bahu.

Kamu dapat melakukan cara mengatasi kutu rambut, yakni:

1. Menyisir basah

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Mengutip NHS, biasanya kamu bisa mengatasi kutu rambut tanpa mengunjungi dokter umum. Kutu dan telur kutu bisa dihilangkan dengan menyisir basah. Kamu perlu mencoba metode ini terlebih dulu. Awalnya, kamu perlu membeli sisir serit terlebih dulu guna mengatasi kutu rambut dan telur kutu.

Kamu disarankan agar melakukan langkah-langkah ini sebagai cara mengatasi kutu rambut dengan alami, yakni:

- Cuci rambut memakai sampo biasa.

- Aplikasikan banyak kondisioner (kondisioner apa saja yang dapat dipakai).

- Sisir seluruh kepala rambut dari akar hingga ujung.

Kadang dibutuhkan waktu dalam 10 menit dalam menyisir rambut pendek, dan 20 sampai 30 menit terhadap rambut bergelombang, panjang, atau keriting. Lakukan penyisiran basah pada hari ke 1, 5, 9 dan 13 dalam menangkap kutu rambut yang baru menetas. Periksa lagi apakah rambut semua orang bebas kutu di hari ke-17.

2. Petroleum Jelly

Cara mengatasi kutu rambut yang berikutnya ialah dengan petroleum jelly. Serupa dengan pemakaian minyak zaitun, kamu hanya perlu mengaplikasikan petroleum jelly pada rambut dengan merata.

Lalu, tutup rambut memakai shower cap dan tunggu semalaman. Penelitian menyatakan bahwa petroleum jelly bisa mengatasi kutu rambut, walaupun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut dalam menilai efektivitasnya.

3. Pemakaian minyak esensial

Mengutip Health Line, beberapa minyak esensial sudah terbukti ampuh untuk mengatasi kutu rambut saat dipakai bersama dengan sisir serit. Ingat, bahwa sebelum kamu memakai minyak esensial apa pun, senantiasa encerkan menggunakan minyak pembawa.

Tak hanya itu, teteskan terlebih dulu campuran minyak esensial ke punggung tangan jika hendak memakainya. Apabila tidak ada reaksi alergi atau iritasi, minyak esensial baru boleh dipakai. Walau begitu, perlu diketahui juga, bahwa belum terdapat cukup penelitian dalam memastikan bahwa minyak esensial aman untuk anak-anak. Walaupun jarang terjadi, beberapa anak mempunyai reaksi alergi dengan minyak ini, kadang tea tree oil. Apabila alergi teradap satu minyak, dapat memakai lainnya. Beberapa minyak yang sudah menunjukkan keefektifan guna mengatasi kutu rambut, yaitu:

- Tea tree oil

- Lavender oil

- Neem oil

- Red thyme oil

- Peppermint oil

- Minyak pala

- Minyak cengkeh

- Eucalyptus oil

- Minyak adas manis

- Minyak daun kayu manis

4. Rajin cuci rambut

Mencuci rambut memakai sampo dengan rutin adalah salah satu cara mengatasi kutu rambut. Tidak jarang, malas keramas sebab sedang berada pada fase ketika anak menolak kepalanya disentuh. Dengan begitu, ajari anak agar mulai mandiri keramas sendiri.

Cara mengatasi kutu rambut juga harus dengan senantiasa mencuci bersih seprai, pakaian, atau benda lain. Misalnya ikat rambut, topi, sisir, dan lain-lain dengan rutin. Perlengkapan sehari-hari yang tidak terawat dengan bersih juga bisa mengakibatkan timbulnya parasit contohnya kutu pada bagian tubuh.

5. Cuka

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi kutu rambut berikutnya ialah memakai cuka. Sifat asam di cuka dapat mengatasi kutu rambut secara cepat. Akan tetapi, kamu harus berhati-hati ketika memakainya, supaya kulit kepala tak teriritasi.

Kamu cukup mencampurkan cuka dengan minyak kelapa sampai rata, lalu oleskan pada kulit kepala sebelum tidur memakai shower cap. Besoknya, lekas keramas memakai shampo sampai bersih.

6. Bawang putih

Cara mengatasi telur kutu dengan memakai bawang putih yang mempunyai kandungan capsaicin. Meskipun tidak sebanyak cabai, tetapi kandungannya bisa membunuh kutu dan mengusir telurnya.

Langkah-langkah yang dapat kamu lakukan, yaitu:

- Ambil 10 siung bawang putih.

- Masukkan pada blender dan giling sampai halus.

- Siapkan 3 sdt air jeruk nipis, lalu campurkan.

- Aplikasikan ke kulit kepala sampai merata.

- Pakai shower cap guna menutup rambut.

- Tunggu dalam 30 menit.

- Bersihkan rambutmu sampai bersih.

7. Minyak kelapa

Cara mengatasi kutu rambut berikutnya ialah menggunakan minyak kelapa. Cara ini dapat dianggap ampuh. Pasalnya, minyak kelapa bisa membuat kutu lemas dan tidak berdaya.

Caranya, kamu dapat memijatkannya pada kulit kepala dan diamkan sampai meresap. Sesudah itu, keramas memakai sampo hingga bersih.

Lalu pakai sisir serit guna memperoleh kutu serta telurnya, supaya tidak ada lagi kutu yang berkeliaran pada kepala. Lakukan berulang kali untuk memperoleh hasil terbaik.

8. Mouth wash

Mouth wash merupakan obat kumur yang kadang digunakan sesudah menyikat gigi. Tidak hanya bermanfaat dalam berkumur saja, tetapi juga sangat efektif dalam mengatasi kutu rambut dan telur.

Adapun cara mengatasi kutu rambut dan telurnya yang dapat dilakukan seperti:

- Tuang obat kumur secukupnya di telapak tangan.

- Aplikasikan dan pijit-pijit secara lembut di kulit kepala hingga merata.

- Tutup kepala dengan memakai shower cap.

- Tunggu dulu sekitar 2 jam.

- Keramasilah rambut memakai air bersih.

9. Membersihkan rumah

Membersihkan rumah dapat menjadi salah satu cara mengatasi kutu rambut, yang tentunya dapat lebih ampuh apabila dicampurkan dengan cara lainnya. Kutu kadang tidak bisa hidup lebih dari sehari tanpa memakan kulit kepala manusia dan telurnya tidak bisa bertahan hidup apabila tidak diinkubasi di suhu pada kulit kepala. Walaupun demikian, sebagai tindakan pencegahan kamu dapat membersihkan barang-barang yang sudah dipakai oleh orang yang mempunyai masalah kutu rambut, minimal dalam dua hari terakhir.

10. Sisir serit
 
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi kutu rambut dengan manual menggunakan sisir serit, agar penggunaannya mudah. Basahi rambut, lalu pakai sisir serit agar memperoleh kutu rambut dan telurnya, cara ini dapat dilakukan berkali-kali. Cara ini menjadi cara mengatasi telur kutu yang menempel pada rambut, sebab memang dapat tampak secara jelas.

11. Obat yang dijual bebas

Obat kutu rambut yang dipakai juga ada yang dijual bebas misalnya peditox dan beberapa merek ternama lainnya. Cara mengatasi kutu rambut dengan peditox mungkin menjadi langkah yang paling dikenal oleh masyarakat.

12. Resep dokter

Apabila kutu rambut dan telur masih membandel, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter umum terdekat. Kamu dapat berkonsultasi guna mengetahui cara mengatasi telur kutu rambut dan kutu rambut dengan ampuh atau cara mengatasi telur kutu rambut yang telah mati.

Dokter dapat memberikan resep supaya membeli obat kutu rambut contohnya Ivermectin, Spinosad, Benzyl alcohol, atau Malathion. Ini merupakan sederetan obat kutu rambut paling efektif yang tentunya perlu digunkan sesuai resep dan petunjuk dokter atau cara mengatasi kutu rambut menurut dokter.

13. Garam

Cara mengatasi kutu rambut dengan garam nyatanya juga ampuh. Garam memang menjadi antiseptik alami, kombinasikan garam dengan cuka kemudian oleskan pada kepala.

14. Baby oil

Cara mengatasi kutu rambut menggunakan baby oil nyatanya juga dapat dilakukan, terutama baby oil juga efektif bagi kulit kepala. Oleskan baby oil di kepala, tunggu semalaman dengan menggunakan penutup kepala, keramas di pagi harinya.

15. Bawang merah

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Tidak hanya bawang putih, bawang merah juga dapat dipakai sebagai obat kutu rambut. Kamu tinggal oleskan bawang merah yang telah kamu haluskan di rambut dan kulit kepala. Tunggu dulu sekitar tiga jam, lalu bersihkan kutu yang mati dan bersihkan rambut dengan sampo.

Kamu juga dapat mencegah terjadinya kutu rambut dengan cara:

1. Rendam sisir yang dikenakan penderita pada air panas sekitar 5–10 menit.

2. Bersihkan sofa dan furnitur sejenis menggunakan vacuum cleaner secara berkala.

3. Hindari kontak rambut dengan barang-barang yang dipakai bersama misalnya mainan dan karpet.

4. Benda-benda yang tidak bisa dicuci perlu disimpan pada wadah tertutup rapat sekitar 2 minggu.

5. Hindari pemakaian bersama benda-benda pribadi yang menyentuh rambut contohnya handuk, sisir, dan topi.

6. Cuci baju dan kain yang telah bersentuhan dengan rambut penderita pada air panas dan jemur di bawah terik matahari.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya