12 Cara Mengatasi Bad Mood dan Penyebabnya, Perlu Anda Coba

"Jika Anda mengalami bad mood yang berlarut-larut, tentunya itu tidak baik untuk kesehatan mental Anda. Berikut ini adalah cara mengatasi bad mood."

Life | 10 February 2022, 12:54
12 Cara Mengatasi Bad Mood dan Penyebabnya, Perlu Anda Coba

Bad mood biasanya digambarkan dengan perubahan suasana hati atau emosi yang cepat dari yang senang menjadi tidak senang, dan cenderung menjadi labil dan mudah emosi.

Bad mood berasal dari bahasa Inggris yang artinya perasaan sedang buruk. Biasanya saat orang mengalami bad mood, akan memberikan respon yang menjengkelkan, bahkan negatif. Maka Anda perlu berhati-hati saat sedang berkomunikasi dengan orang yang sedang bad mood.

Namun perlu Anda ketahui, tidak semuanya akan memberikan respon yang menjengkelkan dan negatif, beberapa lainya akan cenderung diam dan lebih menutup diri. Anda dapat melakukan beberapa hal untuk menghiburnya, namun juga harus berhati-hati agar bad mood tidak semakin parah.

Umumnya kondisi bad mood ini disebabkan karena orang tersebut sedang mengalami tekanan, kebingungan hingga stres. Biasanya lebih sering dialami oleh pekerja kantor, mahasiswa dan wanita.

Pada wanita yang mengalami bad mood, kebanyakan disebabkan oleh kondisi khusus yang biasa disebut dengan PMS.

Penyebab Bad Mood

Akan sangat menjengkelkan jika berbicara kepada orang yang bad mood lantas respon yang diberikan tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Namun itulah kenyataanya, itulah masalah dari orang yang bad mood.

Saat seseorang mengalami bad mood, ada beberapa kondisi yang bisa memicunya. Berikut ini adalah penyebab dari bad mood, antara lain:

- Kelelahan berlebihan
Kelelahan berlebihan merupakan pemicu paling umum yang menyebabkan rusaknya suasana hati seseorang atau bad mood. Pada saat badan mengalami kelelahan berlebihan, orang akan menjadi penat dan lebih sensitif, bahkan saat menghadapi sebuah masalah yang sebenarnya mudah diselesaikan.

Namun kondisi ini hanya bersifat sementara. Saat Anda sudah mendapat istirahat yang cukup dan kesehatan tubuh sudah menjadi pulih, biasanya mood akan berangsur membaik.

- Sedang mengalami PMS
Kondisi ini kebanyakan dialami oleh wanita, meskipun juga terjadi pada pria, Premenstrual syndrome (PMS) juga dapat menyebabkan terjadinya bad mood yang paling umum. Saat Premenstrual syndrome (PMS), kadar hormon progesteron dan estrogen di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Kondisi inilah yang menyebabkan seseorang menjadi bad mood.

- Stres
Memiliki masalah pekerjaan, masalah keuangan dan masalah-masalah lainnya bisa menyebabkan seseorang mengalami stress. Saat seseorang mengalami stress, ini akan menyebabkan seseorang mengalami bad mood.

Saat Anda mengalaminya, Anda wajib berhati-hati. Sebab jika masalah ini terus dibiarkan, stress bisa menjadi  penyebab gangguan mental yang lebih parah.

- Kurang tidur
Bad mood juga dapat disebabkan karena kurangnya jam tidur, ini karena kurang tidur akan membuat badan menjadi lemas. Badan yang lemas dikarenakan berkurangnya jam tidur akan mempengaruhi bahkan menurunkan suasana hati dan menyebabkan bad mood.

- Lapar
Kondisi lapar akan membuat kadar glukosa dalam tubuh menjadi menurun. Nah, penurunan kadar glukosa inilah yang menyebabkan seseorang menjadi mudah marah. Jika Anda mulai lapar Anda harus segera mengatasinya dengan makan, pastikan yang 4 sehat 5 sempurna.

- Efek obat-obatan
Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan perubahan suasana hati atau bad mood. Konsumsi obat-obatan seperti obat penenang atau obat psikotropika dapat menyebabkan gangguan dan ketidakstabilan mood, baik dalam jumlah konsumsi besar ataupun kecil.

- Ada masalah tiroid
Saat kelenjar tiroid bermasalah, ini juga dapat memengaruhi emosi seseorang, sehingga menyebabkan bad mood. Kelenjar tiroid ini merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi untuk memproduksi hormon yang membantu mengatur segala aktivitas dalam tubuh, mulai dari suhu dan berat tubuh, kesehatan kulit dan rambut, serta tingkat energi dan suasana hati.

Cara Mengatasi Bad Mood
Hidup tak selalu mulus-mulus saja. Ada kalanya Anda merasakan suatu kegagalan, kesulitan, atau masalah yang bikin mood jadi drop. Jika Anda khwatir dengan bad mood yang Anda alami, Anda harus segera melakukan tindakan untuk mengatasi kondisi tersebut. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kondisi ini.

Berikut adalah cara untuk mengatasi bad mood yang Anda alami, antara lain:

1. Mengakui Apa yang Dirasakan
Dengan tidak mengakui apa yang sedang di rasakan, itu sama saja dengan menekan suasana hati. Bagi sebagian orang, terkadang memang sulit untuk melakukan hal ini.

Namun cara ini mudah untuk membantu meredakan suasana hati yang sedang tidak baik, pertama Anda perlu mengakuinya kepada diri Anda sendiri. Jangan denial atau menyangkal perasaan karena hal itu tidak akan memperbaiki suasana hati Anda.

2. Cukup Tidur
Jam tidur yang Anda miliki sangat berpengaruh pada suasana hati Anda. Jika Anda memiliki jam tidur yang buruk, maka performa kerja dan cara berpikir akan ikut terpengaruh. Sehingga Anda akan berisiko mengalami bad mood.

Anda harus memiliki jam tidur yang cukup agar membuat Anda menjadi segar dan memiliki mood yang bagus. Tidurlah selama 8 - 9 jam per hari agar tidak mengalami bad mood.

3. Berolahraga
Cara lainya untuk mengembalikan mood adalah dengan melakukan olahraga. Dengan berolahraga, tubuh akan mengeluarkan endorfin, yaitu hormon yang bisa menyebabkan rasa bahagia, sehingga dapat mengatasi suasana hati yang buruk.

Pilih jenis olahraga yang menjadi kesukaan Anda. Lakukanlah secara rutin agar mood terjaga dengan baik.

4. Mendengarkan Musik

Bagi sebagian orang, mungkin hidup tanpa musik rasanya hampa. Nyalakan musik yang Anda suka dan nikmati waktu bersantai untuk mengatasi suasana hati yang buruk.

Dengarkanlah lagu-lagu yang mengembalikan semangat Anda  untuk membangkitkan mood.

5. Curhat
Anda dapat mengatasi bad mood yang Anda alami dengan bercerita dengan orang-orang terdekat seperti keluarga, sahabat atau teman kerja. Itu akan membantu Anda untuk melegakan isi hati.

Tidak perlu takut untuk menceritakan masalah Anda. Umumnya jika orang mengalami bad mood, orang tersebut cenderung hanya ingin bercerita.

Selain keluarga dan teman, psikolog juga bisa menjadi pilihan untuk Anda mencurahkan isi hati jika bad mood terus berlanjut.

6. Beribadah
Cara menghilangkan bad mood yang sering kali dilupakan adalah beribadah. Padahal, mendekatkan diri kepada Sang Pencipta akan membuat Anda merasa lebih tenang dan nyaman.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu beribadah meminta petunjuk dan kemudahan. Berdoa dan berkeluh kesah kepada Tuhan akan membuat Anda merasa lega dan terbebas dari perasaan yang buruk.

7. Ekspresikan Isi Hati
Mengekspresikan isi hati dengan menangis dapat membantu Anda menyalurkan emosi. Jadi, jangan malu untuk menangis jika mengalami masalah yang berat.

Menangis akan membantu Anda melepaskan kegelisahan dalam hati, selama masih dalam batas yang wajar.

Selain menangis, mengekspresikan isi hati ke dalam sebuah karya seperti lukisan, puisi, lagu, dan lainnya juga dapat membantu meredakan bad mood.

8. Kurangi Mengonsumsi Kafein
Mulai mengurangi konsumsi kafein menjadi salah satu cara menghilangkan bad mood. Pasalnya, mengonsumsi kafein secara berlebihan, apalagi pada malam hari, dapat membuat Anda terjaga sepanjang malam. Waktu tidur Anda pun berkurang.

Waktu tidur yang kurang cenderung membuat badan menjadi tidak segar di pagi hari.  Hal ini dapat mencetuskan kondisi bad mood karena mengantuk dan kelelahan.

9. Penuhi Nutrisi yang Baik untuk Mood

Makanan yang masuk ke mulut berdampak terhadap cara berpikir dan perasaan Anda. Jadi, pastikan untuk konsumsi makanan yang seimbang dan kaya nutrisi. Selain itu, makanan atau yang mengandung vitamin C, seperti Oronamin C, juga baik sebagai mood booster.

Oronamin C adalah satu-satunya minuman vitamin dengan kandungan yang lengkap, yakni vitamin C, vitamin B2, B3, dan B6 harian, serta madu.

10. Mengurangi Alkohol
Banyak yang mengira bahwa minum alkohol merupakan cara cepat untuk melepaskan diri dari suasana hati yang buruk. Padahal, justru sebaliknya.

Alkohol justru dapat membuat banyak gejala bad mood Anda terasa jauh lebih buruk. Tak hanya itu, mengonsumsi alkohol juga berpotensi menimbulkan perilaku berisiko dan keputusan buruk yang dapat berdampak jangka panjang untuk kehidupan Anda.

11. Tingkatkan Kehidupan Sosial
Ketika sedang bad mood, jangan menyimpan dan memendam perasaan tersebut sendiri. Hal itu justru dapat menjadi “racun” yang berdampak bagi kesehatan tubuh.

Cobalah untuk keluar, berkumpul, berkomunikasi, dan berinteraksi bersama teman. Berdiam diri justru dapat menyebabkan pikiran Anda terdistorsi terhadap hal-hal yang sebenarnya tidak terjadi dan memperburuk suasana hati Anda.

12. Berpikir Positif

Berpikir positif merupakan salah satu cara untuk mengusir bad mood. Pikirkan sisi baik atau hikmah dari setiap kondisi yang terjadi dalam kehidupan Anda.

Dengan berpikir positif, Anda akan lebih mudah menemukan solusi dari permasalahan Anda dan meredakan bad mood yang dialami.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 17 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya