7 Cara Mengatasi Gusi Berdarah dengan Cepat, Ketahui Penyebabnya

"Kondisi gusi berdarah merupakan suatu kondisi pada umumnya yang dialami oleh sebagian orang, kondisi ini dapat membuat bingung yang mengalaminya."

Life | 10 February 2022, 16:59
7 Cara Mengatasi Gusi Berdarah dengan Cepat, Ketahui Penyebabnya

Gusi ialah suatu jaringan lunak yang berfungsi sebagai penyokong gigi, serta menutupi tulang rahang atas dan bawah. Pada kondisi normal, gusi akan memiliki warna merah muda, tekstur padat, dan permukaan yang halus. Jika kebersihan mulut dan gigi kurang terjaga, maka rentan sekali akan terjadinya masalah gusi berdarah.

Gusi sebenarnya memiliki suatu peranan yang sangat penting, sehingga kesehatan gusi harus tetap dijaga dengan baik. Terkadang sebagian orang sibuk merawat gigi, namun belum tentu gusinya pula ikut terawat. Salah satu peran atau fungsi gusi ialah mencegah bakteri dan kuman yang tertinggal di mulut agar tidak masuk ke sela-sela gigi.

Gusi memiliki peran penting untuk menjaga gigi, sehingga gigi tetap kuat dan kokoh. Namun gusi dapat mengalami beberapa masalah, jika tidak dirawat dengan baik. Salah satunya ialah peradangan gusi, yang menjadikan gusi sensitif dan rentan berdarah. Kondisi ini dapat disebabkan karena adanya penumpukan plak yang dibiarkan secara terus-menerus.

Pada umumnya, kondisi ini memang bukan masalah medis yang sangat serius. Namun kondisi ini tidak dapat dibiarkan berlama-lama, sebab dapat menimbulkan rasa sakit dan nyeri. Sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, terlebih jika terus diacuhkan kondisi ini bisa menjadi masalah gusi yang serius.

Mengenal penyebab gusi berdarah

Pada umumnya, gusi berdarah merupakan suatu gejala dari suatu penyakit gusi. Kondisi ini dapat terjadi karena disebabkan oleh berbagai macam kondisi. Hal ini harus dicari penyebabnya, agar memudahkan mencari cara untuk mengatasinya.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab gusi berdarah yang dapat diketahui :

- Periodontitis, merupakan suatu kondisi terjadinya infeksi pada gusi yang telah dibiarkan berangsur lama tanpa diobati. Padahal kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan lunak gusi hingga tulang penyangga gigi. Sehingga dapat menyebabkan gusi berdarah.

- Hemofilia, suatu kondisi gangguan pada pembekuan darah yang diseebabkan oleh faktor genetik. Kondisi ini dapat terjadi secara spontan dan berlangsung lebih lama. Hal ini juga dapat disebabkan akibat menggosok gigi terlalu keras atau pendarahan pada gusi secara tiba-tiba.

- Kekurangan vitamin C, kondisi ini menjadi rentan gusi berdarah. Pasalnya vitamin C memiliki peran penting dalam memperkuat jaringan pada tubuh. Jika tubuh kekurangan vitamin C, maka beberapa jaringan tubuh dapat melemah. Sehingga dapat menyebabkan gusi berdarah.

- Trombositopenia, suatu kondisi trombosit yang berada di bawah normal. Trombosit merupakan komponen darah yang berfungsi sebagai proses penting dalam pembekuan darah. Jika kondisi ini terjadi tubuh dapat mengalami pendarahan secara spontan dan tiba-tiba, termasuk pendarahan yang terjadi pada gusi.

- Radang gusi, hal ini menjadi penyebab gusi berdarah yang seringkali terjadi. Seringkali kondisi ini dapat terjadi pada orang yang malas untuk melakukan sikat gigi. Sebab jarang membersihkan gigi dan mulut dapat menyebabkan plak menumpuk, sehingga menyebabkan gusi berdarah.

- Menggosok gigi terlalu keras, biasanya hal ini terjadi karena tergesa-gesa ingin membersihkan gigi. Namun, ternyata kondisi ini justru dapat membuat kondisi gusi menjadi berdarah.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan terjadinya gusi berdarah. Cobalah untuk membersihkan atau menyikat gigi secara rutin dan teratur. Agar kesehatan gusi tetap terjaga dan menjadi kuat serta kokoh.

Mengenal macam-macam masalah pada gusi

Selain pendarahan pada gusi, ada beberapa ragam masalah lain yang dapat dialami oleh gusi. Tentunya kondisi ini dapat membuat penderita merasa kurang nyaman. Berikut ini beberapa macam masalah pada gusi yang dapat diketahui :

Daun.id

sumber; pexels

- Gusi berdarah, suatu kondisi gusi sedang mengalami pendarahan.

- Nafas kurang sedap, kondisi ini dapat terjadi ketika kondisi mulut dan gigi kurang terawat.

- Gigi tanggal, kondisi terlepasnya gigi dari gusi. Kondisi ini ada kaitannya dengan kondisi gusi.

- Gusi menyusut, suatu kondisi pada gusi yang tampak merosot atau mengalami penurunan ke bawah.

- Gusi bengkak, suatu gangguan pada gusi yang mengalami pembengkakan.

Itulah beberapa macam masalah yang dapat dialami oleh gusi. Mulailah merawat dan selalu memperhatikan kesehatan gusi, agar tidak terjadi beberapa macam masalah gusi pada diri anda.

Cara Mengatasi gusi berdarah

Mengatasi gusi berdarah dapat dilakukan melalui beberapa cara, tentunya dapat diatasi dengan menggunakan bahan alami maupun cara medis. Sehingga untuk mengatasi masalah gusi berdarah banyak ragam pilihan cara untuk dilakukan. Berikut ini cara mengatasi gusi berdarah :

1. Berkumur menggunakan air garam

Daun.id

sumber; pexels

Garam selain dapat digunakan sebagai bahan bumbu dapur, ternyata juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi gusi berdarah. Bahkan, garam termasuk obat alami yang sudah sering digunakan sejak zaman dahulu untuk mengatasi masalah gusi dan mulut. Garam memiliki kandungan senyawa yang bersifat antiradang dan antibakteri sehingga dapat meredakan gusi berdarah.

2. Memperbanyak asupan vitamin C dan Kekurangan

Daun.id

sumber; pexels

Gusi berdarah, menandakan tubuh sedang mengalami kekurangan vitamin C dan K. Kedua vitamin tersebut berfungsi menguatkan jaringan pada tubuh, sehingga peradangan pada tubuh dapat berangsur lebih baik. Untuk meningkatkan vitamin C dapat mengonsumsi buah-buahan, seperti jeruk, mangga, jambu biji. Sedangkan untuk memenuhi vitamin K, konsumsilah brokoli, sawi hijau, dan ayam.

3. Minum obat pereda nyeri

Ketika gusi berdarah dapat menyebabkan timbulnya rasa sakit serta nyut-nyutan yang tidak tertahankan. Nah, untuk mengatasi hal ini sebaiknya dapat mencoba minum obat pereda nyeri, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri akibat gusi berdarah. Untuk meminum obat sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

4. Berkumur dengan hidrogen peroksida

Daun.id

sumber; pexels

Merupakan cairan septik yang dapat mematikan aktivitas antimikroba serta mematikan bakteri, jamur, maupun virus. Cairan ini juga dapat digunakan untuk mengontrol dan mengurangi plak pada gigi. Sehingga dapat mengurangi risiko gusi berdarah.

5. Membersihkan atau menyikat gigi dengan cara yang tepat

Menyikat gigi, memang dapat membersihkan gigi juga dilakukan dengan tepat dan secara rutin. Akan tetapi jika dilakukan dengan cara yang salah dapat menyebabkan gusi berdarah. Sikatlah gigi dengan cara yang benar dan teratur serta rutin.

6. Kompres dengan es batu

Daun.id

sumber; pexels

Bungkus es batu dengan menggunakan kain lembut dan bersih. Lalu tempelkan pada area gusi yang sedang bermasalah, diamkan beberapa menit hingga pendarahan berhenti. Suhu dingin dapat membuat aliran darah terhenti dan mengurangi rasa sakit. Kompres dingin atau menggunakan es batu dapat mengatasi gusi berdarah.

7. Konsultasi ke dokter gigi

Daun.id

sumber; pexels

Jika gusi berdarah yang dialami cukup sangat serius, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis gigi. Sehingga mendapat resep obat atau perawatan lebih lanjut guna mengatasi gusi berdarah. Lakukanlah cara terakhir ini, jika segala cara yang dilakukan belum membuahkan hasil.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gusi berdarah. Atasi gusi berdarah, hingga tak datang lagi dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya