Bolehkah Menggabungkan Niat Puasa Qadha dan Puasa Syawal? Buya Yahya Memberikan Penjelasan Mengenai Hukumnya

"Apakah boleh menggabungkan niat puasa qadha dan puasa Syawal? Buya Yahya menjelaskan hukumnya dan memberikan penjelasan mengenai hal ini."

Life | 15 April 2024, 19:07
Bolehkah Menggabungkan Niat Puasa Qadha dan Puasa Syawal? Buya Yahya Memberikan Penjelasan Mengenai Hukumnya

Puasa enam hari di bulan Syawal hukumnya sunnah. Keutamaan melaksanakan puasa Syawal setelah puasa Ramadhan adalah mendapat pahala seperti berpuasa setahun.

Namun, bagaimana dengan orang yang punya utang puasa Ramadhan? Bolehkah niat puasa qadha Ramadhan digabung dengan niat puasa Syawal agar dapat pahalanya dobel?

Ulama kharismatik KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya menuturkan, bagi orang yang punya utang puasa Ramadhan lebih baik puasa qadha saja di bulan Syawal, ketimbang puasa sunnah. Puasa qadha di bulan Syawal akan mendapat pahalanya dobel.

“Niatnya yang fardhu saja. Niatnya mengqadha, tapi dapat puasa sunnahnya. Niatnya gak usah didobel, gak sah. Jadi ibu niat saja. saya niat qadha puasa,” kata Buya Yahya dikutip dari YouTube Al Bahjah TV, Jumat (12/4/2024).

“Gak usah digabung sunnahnya. Akan tetapi, Allah Maha Kasih. Karena puasa Anda puasa di hari sunnah, maka dapat bonus pahala sunnah,” tuturnya.

Berdasarkan penjelasan Buya Yahya dapat disimpulkan bahwa menggabungkan niat puasa qadha dan puasa Syawal hukumnya tidak sah. Lebih baik niat salah satunya saja, yakni puasa qadha dan akan mendapat pahala sunnahnya karena dilakukan di bulan Syawal.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 17 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya