Cara Mudah Mengambil Tangkapan Layar di Ponsel Cerdas atau Tablet Android

"Terkadang, kamu perlu mengambil gambar diam tentang apa yang terjadi di layar perangkat atau disebut tangkapan layar. Artikel ini akan menjelaskan cara mudah mengambil tangkapan layar di ponsel cerdas..."

Tech | 16 April 2024, 15:48
Cara Mudah Mengambil Tangkapan Layar di Ponsel Cerdas atau Tablet Android

Terkadang, kamu perlu mengambil gambar diam tentang apa yang terjadi di layar perangkat atau disebut tangkapan layar. Meskipun ini dulunya merepotkan di Android, kini semua perangkat modern membuatnya sangat mudah dilakukan. Berikut cara kerjanya di banyak perangkat Android.

Cara mengambil tangkapan layar di Android

Perangkat Android dapat sangat bervariasi dalam hal cara kerjanya. Untungnya, sebagian besar ponsel dan tablet Android, dapat mengambil tangkapan layar dengan metode yang sama.

Cukup tekan dan tahan kedua tombol Daya + Volume Turun selama satu detik. Layar akan berkedip, dan kamu akan melihat pratinjau gambar mini tangkapan layar di sudut layar. Ini akan terlihat berbeda tergantung pada ponsel kamu.

Kamu akan melihat opsi untuk segera membagikan dan mengedit gambar, ditambah beberapa perangkat juga memiliki opsi Tangkap Lebih Banyak untuk menggulir tangkapan layar.

Cara mengambil tangkapan layar di perangkat Samsung Galaxy

Metode di atas berfungsi pada perangkat Samsung Galaxy, tetapi ada juga beberapa metode lain yang dapat kamu gunakan. Samsung menyertakan banyak metode untuk mengambil tangkapan layar.

Selain metode tombol Daya + Volume Turun, ada juga gerakan telapak tangan, Smart Select untuk menangkap bagian layar, dan Hey Bixby. Kamu masih akan melihat pratinjau kecil tangkapan layar di sudut layar dengan beberapa opsi langsung untuk berbagi dan mengedit.

Cara menemukan tangkapan layar di Android

Terlepas dari model ponsel, kamu dapat berinteraksi dengan tangkapan layar langsung dari bilah alat gambar mini pratinjau. Kamu mungkin juga bertanya-tanya di mana tangkapan layar dapat ditemukan setelah pratinjau itu hilang.

Sebagian besar perangkat Android meletakkan tangkapan layar di folder Tangkapan Layar mereka sendiri. Ini juga berlaku untuk Samsung Galaxy. Kamu dapat menemukan folder ini di galeri atau aplikasi pengelola file mana pun yang kamu inginkan.

Satu-satunya pengecualian aneh adalah Foto Google di perangkat Samsung Galaxy. Meskipun ada folder Tangkapan Layar di perangkat Galaxy, folder itu tidak muncul di aplikasi Google Foto karena alasan tertentu. Tangkapan layar muncul di folder Kamera.

Begitulah cara mengambil screenshot di ponsel dan tablet Android. Ini adalah hal yang cukup mudah untuk dilakukan, tetapi kamu mungkin memiliki lebih dari satu opsi untuk melakukannya. Setelah kamu mengambil tangkapan layar, ada beberapa alat pengeditan yang dapat kamu gunakan.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 30 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya