Cara Mengurangi Bau Ketiak Asam Tanpa Membeli Deodoran: Gunakan Scrub dari 2 Bahan Alami

"Mengatasi bau ketiak asam dengan scrub alami dari aloe vera gel dan garam. Solusi praktis tanpa menggunakan deodoran kimia."

Life | 26 April 2024, 10:41
Cara Mengurangi Bau Ketiak Asam Tanpa Membeli Deodoran: Gunakan Scrub dari 2 Bahan Alami

Ketiak adalah bagian lipatan tubuh yang mudah berkeringat dan menjadi sumber bau badan yang kurang sedap. Bau tak sedap ini muncul akibat keringat yang bercampur dengan bakteri. Selain itu, karena gesekan dan sel kulit mati yang menumpuk, ketiak juga rentan menggelap dan bertekstur kasar.

Nah, kotoran seperti sel kulit mati yang menumpuk, polusi, dan sisa produk deodoran juga bisa menjadi penyebab bau badan tak sedap. Karena berbagai kotoran tersebut dapat menjadi tempat bertumbuhnya bakteri penyebab bau badan. Kurangnya kebersihan dan jarang melakukan eksfoliasi ketiak juga dapat membuat bakteri cepat berkembang dan menghasilkan aroma asam.

Meski bukan kondisi yang berbahaya, namun masalah ketiak bau asam dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang. Sehingga banyak yang mencari solusi untuk mengatasinya. Mulai dengan memanfaatkan produk skincare, melakukan perawatan di klinik kecantikan, hingga bahan-bahan alami. Nah, salah satu produk skincare yang biasa digunakan adalah deodoran.

Deodoran adalah salah satu produk skincare yang diformulasikan untuk mengatasi bau badan asam dan mengurangi produksi keringat berlebih pada ketiak. Selain mengatasi bau badan yang tidak sedap, saat ini sudah banyak produk deodoran yang mengandung bahan pencerah, sebagai upaya untuk mencerahkan ketiak yang gelap.

Namun sayangnya, kandungan kimia dalam produk deodoran sering kali membuat iritasi kulit bagi beberapa orang. Tak hanya itu saja, bahkan beberapa deodoran justru dapat membuat bau ketiak semakin asam berkat kandungan kimia di dalamnya yang kurang cocok bagi sebagian orang.

Solusi lainnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengurangi bau ketiak asam. Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @betha.beauty_health pada 5 Februari 2024, yang berisi tentang cara mengurangi bau ketiak asam pakai scrub dari 2 bahan alami, yakni aloe vera gel dan garam.

Manfaat aloe vera gel untuk mengatasi ketiak bau asam.

Lidah buaya adalah bahan alami yang kaya akan antioksidan dan memiliki kandungan antibakteri, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan bau ketiak asam secara alami. Tak hanya itu saja, aloe vera gel juga mengandung senyawa antrakuinon yang dapat menangkal bakteri, sehingga dapat mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab bau badan. Selain itu, aloe vera gel juga memiliki kandungan air cukup tinggi yang bersifat dingin sehingga dapat mengatasi keringat berlebih.

Kandungan garam untuk mengurangi bau badan yang kurang sedap.

Garam merupakan natrium klorida bersifat antibakteri, sehingga ampuh membunuh bakteri penyebab bau badan. Garam memiliki khasiat pembersih yang kuat, yang menghilangkan kelebihan keringat dan memengaruhi aksi mikroba yang tinggal di permukaan kulit. Bahkan bahan dapur ini juga dapat berperan sebagai eksfoliator yang ampuh mengikis sel kulit mati yang menumpuk dan kotoran, sebagai tempat perkembangan bakteri.

Kedua bahan tersebut bisa kamu andalkan untuk membuat scrub ketiak yang dipercaya efektif untuk mengatasi bau asam pada ketiak. Penggunaan yang rutin juga akan membuat ketiak yang gelap jadi lebih cerah dan bersih. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya berikut ini, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @betha.beauty_health, Rabu (24/4).

Bahan:

  • Sepotong lidah buaya segar
  • 1 sendok makan garam

Cara membuat dan menggunakan:

  1. Cuci lidah buaya sampai bersih hingga getahnya hilang
  2. Potong menjadi 2 bagian lalu parut bagian gel-nya
  3. Tambahkan garam pada gel lidah buaya
  4. Aduk keduanya sampai tercampur merata
  5. Bersihkan ketiak terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dari kotoran serta keringat
  6. Gosokkan scrub lidah buaya pada ketiak secara lembut
  7. Diamkan selama 10 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
  8. Lakukan cara ini dengan rutin 3 kali seminggu untuk mendapatkan ketiak yang lebih bersih dan bebas bau badan asam.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya