7 Bahan Makanan untuk Mengatasi Kerontokan Rambut Menurut Rekomendasi Dokter yang Membuat Rambut Lebih Tebal dan Sehat

"Ingin tahu bahan makanan apa saja yang bisa mengatasi kerontokan rambut? Simak rekomendasi dokter untuk mendapatkan rambut yang lebih tebal dan sehat."

Life | 26 April 2024, 05:46
7 Bahan Makanan untuk Mengatasi Kerontokan Rambut Menurut Rekomendasi Dokter yang Membuat Rambut Lebih Tebal dan Sehat

Rambut rontok menjadi masalah umum yang dialami oleh banyak orang, baik pria maupun wanita. Meskipun kehilangan rambut bisa menjadi bagian alami dari proses penuaan, ketika kerontokan ini terjadi secara berlebihan, itu bisa menimbulkan kekhawatiran dan bahkan mempengaruhi rasa percaya diri.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan rambut rontok, mulai dari stres, pola makan, hingga perubahan hormonal atau kondisi medis tertentu. Beberapa orang mungkin mulai melihat tanda-tanda kerontokan rambut dalam bentuk rambut yang semakin menipis, garis rambut yang mundur, atau lebih banyak rambut yang jatuh saat menyisir atau mencuci.

Walaupun kerontokan rambut ini cukup mengganggu penampilan, kamu tak perlu khawatir. Rambut rontok ini bisa tumbuh lebat kembali dengan perawatan secara rutin. Tak hanya perawatan dari luar saja, melainkan kamu perlu memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Menurut Dokter Saddam Ismail ada beberapa makanan yang bisa dimanfaatkan untuk menebalkan rambut. Nah, penasaran dengan makanan yang bisa digunakan untuk membuat rambut sehat dan tebal? Yuk simak rekomendasinya, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @saddamismail, Rabu (24/4).

1. Kacang.

Bahan makanan yang bisa kamu gunakan untuk atasi rambut rontok adalah kacang. Menurut Dokter Saddam Ismail, kacang ini mengandung vitamin E yang bisa merangsang pertumbuhan rambut. Tidak hanya itu, kacang juga punya kandungan vitamin B, zinc, dan asam lemak esensial. Semua kandungan tersebut bisa menjaga kesehatan dan memenuhi nutrisi dan menebalkan rambut.

2. Ubi jalar.

Siapa sangka ubi jalar yang termasuk makanan tradisional dan mungkin disepelekan sejumlah orang, ternyata punya manfaat bagi kesehatan rambut. Pasalnya menurut Dokter Saddam Ismail, ubi jalar ini punya kandungan beta karoten. Kandungan tersebut diubah oleh tubuh menjadi vitamin A yang bagus untuk kesehatan rambut. Kandungan tersebut juga bisa melembapkan dan menebalkan rambut.

3. Telur.

Bahan berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk tumbuhkan rambut adalah telur. Hal ini dikarenakan telur mengandung protein, biotin, dan selenium, serta zinc. Menurut Dokter Saddam Ismail, biotin dalam telur ini mampu mempercepat pertumbuhan rambut botak, sehingga tumbuh lebih lebat.

4. Bayam.

Bahan makanan berikutnya yang dimanfaatkan untuk atasi kebotakan rambut adalah bayam. Sayuran yang biasa digunakan sebagai campuran masakan ini ternyata punya khasiat untuk menebalkan rambut. Pasalnya, bayam ini mengandung folat, zat besi, vitamin C, dan vitamin A. Semua nutrisi tersebut membuat rambut jadi berkilau dan produksi minyak dalam rambut terkontrol dengan baik. Tak hanya itu, semua kandungan tersebut bisa membuat rambut tumbuh sehat.

5. Stroberi.

Bahan makanan kelima ini berasal dari buah-buahan yaitu stroberi. Buah yang memiliki rasa asam ini punya khasiat untuk atasi kebotakan. Dibalik rasa asamnya itu buah stroberi punya kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan ini bisa melindungi, folikel, dan sel-sel rambut dari kerusakan akibat radikal bebas. Tak hanya itu, stroberi juga punya kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan kolagen dalam tubuh. Jadi secara tidak langsung bisa mencegah munculnya uban dan rambut lebih sehat.

6. Ikan tuna.

Ikan tidak hanya punya khasiat untuk kesehatan tubuh saja. Namun ikan tuna ini punya kandungan asam lemak omega-3. Kandungan tersebut bantu memperkuat akar dan membuat rambut berkilau. Adanya omega-3 juga dipercaya menebalkan rambut.

7. Buah alpukat.

Buah yang bisa menebalkan rambut botak tidak hanya stroberi saja. Kamu juga bisa memanfaatkan alpukat untuk atasi kebotakan. Hal ini dikarenakan buah alpukat mengandung lemak sehat. Adanya kandungan vitamin E di dalam buah alpukat membantu pertumbuhan rambut.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya