10 Cara Mengatasi Sakit Perut Bagian Bawah saat Hamil 8 Bulan yang Kerap Terjadi

"Nyeri ligamen ialah penyebab yang perlu dikenali."

Life | 21 February 2022, 16:22
10 Cara Mengatasi Sakit Perut Bagian Bawah saat Hamil 8 Bulan yang Kerap Terjadi

Berdasarkan National Health Service (NHS), wajar apabila kamu sering merasa sakit perut saat hamil muda. Meskipun, otot-otot ligamen meregang, rahim membesar, dan organ-organ di area perut terus tertekan terhadap janin yang tumbuh.

Beberapa sakit perut ada yang sifatnya ringan dan dapat berlalu sendirinya, namun terdapat juga sakit perut saat hamil yang perlu memperoleh perhatian khusus.

Sakit perut ketika hamil tentu menjadi pengalaman yang sering dirasakan untuk sebagian wanita. Melansir Tommy's Pregnancy Hub, tentu ini normal terjadi, tetapi ada beberapa keadaan sakit perut saat hamil harus diwaspadai.

Adapun penyebab sakit perut bagian bawah saat hamil 8 bulan, yakni:

1. Akibat pertumbuhan rahim

Rahim kamu terus tumbuh dan membesar sampai menekan organ-organ di sekitarnya, terlebih usus. Solusi mengenai faktor penyebab sakit perut saat hamil ini, coba makan lebih sering tetapi dengan porsi sedikit-sedikit, perbanyak istirahat, olahraga secara teratur, dan kadang mengosongkan pada kandung kemih.
 
2. Nyeri ligamen

Saat rahim membesar, ligamen yang membentang dari rahim menuju selangkangan dapat ikut meregang. Kamu mungkin akan merasakan ketidaknyamanan pada perut bagian bawah yang menyebar lewat selangkangan, terasa tajam, dan menusuk saat kamu mengubah posisi bersin, tubuh, atau batuk. Sakit perut ketika hamil ini umumnya mulai terjadi pada trimester kedua.

3. Banyak gas

Gas dapat menimbulkan sakit perut saat hamil muda yang menyiksa. Mungkin tinggal pada satu daerah atau menjalar menuju seluruh punggung, perut, dan dadamu. Berdasarkan Mayo Clinic, wanita terkena lebih banyak gas dalam kehamilan akibat peningkatan progesteron.

Progesteron mengakibatkan otot usus mengendur dan memperpanjang waktu yang diperlukan makanan guna melewati usus. Hormon yang meningkat ketika kehamilan ini dapat memperlambat kerja saluran pencernaan.

4. Nyeri ligamen bundar

Terdapat dua ligamen bundar besar yang berjalan dari rahim melalui selangkangan. Ligamen ini menopang rahim. Ketika rahim membentang dalam menampung bayimu yang tengah tumbuh, begitu pula ligamennya.

Melansir American Pregnancy Association, ini dapat memicu nyeri tajam atau tumpul pada perut, pinggul, atau selangkangan. Saat kamu menggeser posisi, bersin, atau batuk dapat menyebabkan nyeri ligamen bulat. Sakit perut saat hamil ini dialami di paruh terakhir kehamilan.

5. Sembelit

Sembelit adalah keluhan yang sering dialami ibu hamil. Hormon yang berfluktuasi, kurang olahraga, pil zat besi, pola makan yang kekurangan cairan atau serat, atau kecemasan umum semuanya mampu memicu sembelit. Menjadi penyebab sakit perut saat hamil, sembelit bisa menyebabkan sakit parah. Ini kadang digambarkan sebagai kram atau nyeri tajam dan menusuk.

Kamu bisa mengatasi sakit perut bagian bawah saat hamil 8 bulan dengan cara seperti:

1. Makan banyak serat

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi sakit perut saat hamil dengan makan banyak serat. Supaya feses tetap lembut dan buang air besar dengan teratur, kamu perlu konsumsi banyak serat makanan dari sereal dan roti gandum, buah segar, sayuran, dan buah kering.

Jauhi pemakaian obat pencahar yang dijual tanpa resep. Agen pelembut serat atau feses kemungkinan dapat membantu. Kamu dapat mencoba psyllium (Plantago psyllium), agen pembentuk ruah herbal. Minum banyak air putih dan berolahraga dengan teratur.

2. Rutin melakukan olahraga ringan

Hamil bukan halangan untukmu agar berhenti berolahraga. Perlu diingat bahwa kamu tetap disarankan supaya berolahraga ketika hamil, terutama menjelang persalinan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa olahraga yang dilakukan perlu santai dan tidak menguras banyak energi.

Kamu dapat melakukan yoga bagi ibu hamil. Yoga diyakini dapat meregangkan otot sehingga mengatasi rasa sakit di perut bagian bawah. Olahraga ringan juga bisa melancarkan sistem pencernaan maka dapat mengurangi produksi gas pada tubuh.

Jika kamu masih ragu dalam berolahraga, tidak ada salahnya guna konsultasi ke dokter terlebih dulu. Karena terdapat beberapa keadaan yang menimbulkan ibu hamil merasakan sakit di tubuh pasca berolahraga.

3. Kompres bagian perut

Cara mengatasi sakit perut saat hamil selanjutnya ialah kompres bagian perut yang sakit memakai air hangat. Kamu bisa menempelkan handuk yang telah dicelupkan ke air hangat pada bagian perut yang rasanya sakit.

Kamu juga dapat memakai botol plastik yang diisi air hangat, kemudian bungkus memakai handuk atau kain lembut, dan letakkan di bagian perut yang terasa sakit. Perlu pahami bahwa kamu hanya diperbolehkan memakai air hangat sebab air dengan suhu panas dapat berisiko membahayakan kesehatan janin pada kandungan.

4. Pakai sabuk kehamilan

Sabuk kehamilan juga disarankan bagi ibu hamil yang sering merasakan sakit di perut bagian bawah. Pakai sabuk kehamilan yang telah disarankan ke dokter dan mampu menyangga perutmu.

Selama hamil tua, kenakan pakaian longgar supaya otot di daerah perut tidak tegang. Kamu dapat memakai legging hamil, supaya lebih nyaman ketika berkegiatan. Ketika tidur, kamu juga dapat memakai bantal hamil guna mengatasi nyeri di bagian perut.

5. Sering nyemil dan minum banyak air

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Apabila sakit perut saat hamil diakibatkan oleh gas, harus ditangani dengan perubahan gaya hidup. Kamu dapat makan beberapa makanan kecil setiap hari dan minum banyak air.

Olahraga juga bisa membantu pencernaan. Kenali makanan yang menyebabkan gas dan jauhi. Makanan yang digoreng dan berminyak, serta kacang-kacangan dan kubis merupakan faktor pemicu yang umum. Jauhi juga semua minuman berkarbonasi. Banyak wanita mengira sakit perut saat kehamilan sebagai gas, namun terdapat alasan jinak lain dalam memunculkan rasa sakit.

6. Mandi air hangat

Dalam mengatasi nyeri atau sakit perut saat hamil dari otot perut dan ligamen yang meregang, istirahat atau mandi air hangat dapat membantu. Olahraga teratur dapat memperkuat dan mengencangkan otot perutmu.

Berhati-hatilah saat menghindari latihan sambil berbaring telentang dengan lebih dari beberapa menit seusai trimester pertama, sebab ini mampu menurunkan aliran darah ke bayimu yang tengah berkembang.

7. Lakukan peregangan

Jika hendak mengurangi atau mengatasi nyeri ligamen bundar, berlatihlah bangun pelan apabila kamu duduk atau berbaring. Apabila kamu merasa bersin atau batuk, tekuk dan tekuk pinggulmu. Hal ini bisa mengurangi tekanan di ligamen.

Peregangan harian adalah cara yang ampuh dalam mengurangi nyeri ligamen bundar yang menjadi faktor penyebab sakit perut saat hamil.

8. Beradaptasi dengan perubahan

Rasa sakit di perut bagian bawah biasanya terjadi saat kamu berkegiatan. Sehingga, kamu dapat beradaptasi dengan perubahan ketika kehamilan dengan mengurangi kegiatan-kegiatan berat. Jika kamu hendak bangun dari tempat tidur, coba agar membungkukkan sedikit badan supaya tidak mengakibatkan ligamen menegang.

Kemudian, jika kamu hendak berdiri seusai duduk, coba agar berdiri dengan perlahan dibarengi memegang benda guna menopang tubuhmu. Cara ini bisa mengurangi tarikan di ligamen pada sekitar rahim.

9. Minum obat pereda nyeri

Cara mengatasi sakit perut bagian bawah saat hamil 8 bulan dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Hanya saja perlu dipahami bahwa kamu tidak boleh sembarang konsumsi obat-obatan ketika hamil. Obat pereda nyeri harus telah memperoleh persetujuan dari dokter dan dikonsumsi dengan resep dokter.

10. Konsultasi ke Dokter

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Kamu dapat mengunjungi dokter langsung apabila sakit perut saat hamil disebabkan oleh masalah-masalah yang berbahaya. Dokter akan merawat kamu sampai merasa lebih baik.

Lekas ke dokter apabila muncul sakit perut saat hamil diiringi dengan salah satu gejala seperti:

- Rasanya mual dan muntah.
- Sakit kepala hebat.
- Rasa sakit atau ketidaknyamanan ketika buang air kecil.
- Suhu yang meningkat (lebih dari 37,5 ° C).
- Feses yang berbau tak enak, mendung hingga berdarah.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya