4 Cara Menghapus Akun Twitter, Pertimbangkan Terlebih Dahulu

"Terkadang bagi pengguna Twitter mengalami kesulitan untuk menghapus akun secara permanen, bacalah artikel di bawah ini."

Tech | 15 March 2022, 16:30
4 Cara Menghapus Akun Twitter, Pertimbangkan Terlebih Dahulu

Menurut Direktur Pelayanan Informasi Internasional Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Facebook dan Twitter dinyatakan telah menjadi situs jejaring sosial yang paling banyak diakses masyarakat Indonesia. Indonesia termasuk peringkat 5 pengguna Twitter terbesar di dunia. Twitter rata-rata para penggunanya adalah kalangan menengah ke atas.

Tidak dapat dipungkiri lagi meningkatnya penggunaan media sosial ini juga rentan menimbulkan hoaks. Sehingga juga harus lebih cermat dalam penggunaannya. Dalam pelayanannya, Twitter juga menyediakan pilihan bagi pengguna untuk mengatur setelan akunnya sesuai dengan keinginan mereka. Bagi pengguna twitter barangkali terlintas ingin menghapus akun, namun kesulitan untuk mengetahui caranya.

Kali ini kami akan mencoba memberikan beberapa informasi seputar cara menghapus akun twitter. Barang kali anda memiliki banyak akun yang sudah tidak terpakai lagi, sebaiknya dihapus saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya terjadi penyalahgunaan data informasi pribadi oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Yuk simak artikel di bawah ini.

Cara menghapus akun twitter

Biasanya twitter ini secara otomatis akan menghapus akun yang tidak aktif selama 30 hari. Jika Anda memiliki akun twitter, namun tak pernah diaktifkan selama 30 hari. Twitter akan menghapus secara permanen, namun juga ada beberapa cara menghapus akun twitter yang dapat dilakukan seperti berikut ini :

Daun.id

sumber; pexels

1. Klik pada ikon lainnya, kemudian klik pada Pengaturan dan privasi dari menu menurun tersebut.

2. Dari tab Akun Anda, kemudian klik Nonaktifkann pada akun Anda yang telah tersedia.

3. Baca terlebih dahulu informasi penonaktifan akun dengan cermat, lalu klik Nonaktifkan.

4. Masukkanlah kata sandi saat diminta oleh twitter dan konfirmasikan bahwa Anda ingin melanjutkan dengan mengeklik tombol Nonaktifkan akun.

Berbeda dengan akun Facebook, pada twitter untuk menghapus akun kita tidak dapat melakukannya secara langsung. Kita harus menonaktifkan terlebih dahulu akun twitter selama 30 hari, sehingga secara otomatis akun twitter akan terhapus secara permanen. Artinya melakukan pembiaran dengan tidak mengaktifkan akun selama 30 hari, secara otomatis akun akan terhapus secara permanen.

Hal-hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum menghapus akun twitter

Tentu sebelum melakukan penghapusan akun twitter Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal. Sehingga mengetahui beberapa efek atau proses penghapusan akun secara benar. Melansir dari website Pusat Bantuan Twitter, berikut hal-hal yang harus dipertimbangkan jika Anda memutuskan menonaktifkan atau menghapus akun Twitter Anda:

Daun.id

sumber; pexels

- Menghapus akun Twitter tidak akan menghapus informasi Anda dari mesin pencarian seperti Google atau Bing karena Twitter tidak mengendalikan situs-situs tersebut. Terdapat langkah-langkah yang dapat diambil jika Anda menghubungi mesin pencarian.

- Saat Anda menonaktifkan akun Twitter Anda, penyebutan nama pengguna akun Anda di Tweet lain akan tetap ada. Namun, nama akun tersebut tidak akan lagi terkait ke profil Anda karena profil Anda tidak lagi tersedia. Jika Anda ingin konten ditinjau berdasarkan Peraturan Twitter, Anda dapat mengajukan tiket di sini.

- Anda tidak harus menghapus akun Anda untuk mengganti nama pengguna atau email yang dikaitkan dengan akun Twitter Anda. Buka Informasi akun untuk memperbaruinya kapan saja.

- Jika Anda masuk ke akun selama periode penonaktifan 30 hari, akun Anda dengan mudah diaktifkan kembali.

- Jika Anda ingin mengunduh data Twitter Anda, Anda perlu memintanya sebelum menonaktifkan akun Anda. Menonaktifkan akun Anda tidak akan menghapus data dari sistem Twitter.

- Twitter dapat menyimpan beberapa informasi di akun Anda yang dinonaktifkan untuk memastikan keselamatan dan keamanan platform dan orang-orang yang menggunakan Twitter. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di sini.

Demikianlah seputar informasi tentang cara menghapus akun twitter secara permanen. Sebelum melakukan penghapusan akun secara permanen sebaiknya pertimbangkan beberapa hal penting terlebih dahulu. Sehingga dapat menghapus akun twitter dengan benar dan aman.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya