Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Teks Arab, Latin dan Artinya

"Berdoalah saat melakukan aktivitas apapun termasuk saat bepergian di darat, laut dan udara."

Life | 11 July 2022, 15:45
Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara Teks Arab, Latin dan Artinya

Doa adalah suatu hal yang penting bagi umat Islam. Sehingga dalam setiap aktivitas yang kamu lakukan, kamu dianjurkan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Tidak hanya pada saat memulainya, doa juga dianjurkan ketika mengakhiri segala aktivitas.

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {الدُّعَاءُ سِلَاحُ الْمُؤْمِنِ وَعِمَادُ الدِّيْنِ وَنُوْرُ السَّمٰوَاتِ وَالْأَرْضِ

Nabi SAW bersabda, “Doa itu senjata orang mukmin, tiang agama, serta cahaya langit-langit dan bumi.” Diriwayatkan oleh Imam Abu Ya’la dan imam Al-Hakim dari sahabat Ali. R.A.

Salah satu anjuran berdoa diantaranya adalah ketika naik kendaraan, baik itu kendaraan darat, laut atau pun udara. Berdoa sebelum melakukan perjalanan menggunakan kendaraan darat, laut atau udara bertujuan agar kamu selalu diberikan keselamatan, keberkahan, dan rasa tenang saat perjalanan. Selain itu, doa adalah sebagai wujud penghambaan atau pendekatan diri kepada Allah SWT.

Pada pembahasan kali ini, Daun.id telah merangkumkan doa-doa ketika kamu akan melakukan perjalanan darat, laut dan udara.

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut dan Udara

Saat bepergian hendaknya kamu selalu membaca doa terlebih dulu, berikut ini adalah doa-doa yang kamu dapat kamu baca saat menaiki kendaraan darat, laut dan udara.

- Doa Naik Kendaraan Darat

Daun.id

pexels.com

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

(Surat Az Zukhruf ayat 13-14)

Subhaanal ladzii sakhkhoro lanaa haadzaa wamaa kunnaa lahuu muqriniin. Wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun.

Artinya:
"Mahasuci Allah yang memudahkan (kendaraan) ini bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami."

- Doa Naik Kendaraan Laut

Daun.id

pexels.com

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya:
“Dengan nama Allah, yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Maha Pengasih." (Imam Nawawi, Al-Adzkar, hal: 190).

- Doa Naik Kendaraan Darat dan Udara

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ 

Subhaanalladzii sakhhorolana hadzaa wamaa kunnaa lahu muqriniina wa innaa ilaa rabbina lamunqolibuuna. Allahumma innaa nasaluka fii safarina hadzal birro wattaqwaa waminal 'amali maa tardho. Allahumma hawwin 'alaina safarana hadzaa wathwi'anna bu'dahu. Allahumma antash shoohibu fissafari wal khalifatu filahli. Allahumma innii a'uudzubika min wa'tsaaissafari wakaabatilmandhori wasuuuilmunqolabi filmaali wal ahli.

Artinya:
"Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya. Sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, takwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh. Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga." (HR Muslim).

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya