Doa Mau Tidur dan Bangun Sesuai Sunnah Rosulullah, Lengkap Teks Arab Latin dan Artinya

"Baca doa ini agar mendapatkan manfaatnya."

Life | 11 July 2022, 14:18
Doa Mau Tidur dan Bangun Sesuai Sunnah Rosulullah, Lengkap Teks Arab Latin dan Artinya

Tidur adalah salah satu aktivitas yang tidak boleh dilewatkan sebab hal begitu penting untuk dilakukan. Selain itu, tidur juga adalah hal yang dianjurkan oleh  Rosulullah agar kesehatan kita tetap terjaga. Namun, kamu juga perlu mengetahui doa mau tidur dan bangun tidur agar tidak diganggu oleh setan.

Tidak hanya itu, terdapat adab sebelum kamu hendak ala Rosulullah tidur agar kualitas tidurmu nyenyak tanpa gangguan. Adapun hal-hal yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut ini, yakni:

Adab hendak tidur
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Adapun hadisnya, Dari Aisyah RA, dia berkata:

كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ كُلَّ لَيْلَةٍ جَمَعَ كَفَّيْهِ ثُمَّ نَفَثَ فِيهِمَا فَقَرَأَ فِيهِمَا ( قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ) وَ ( قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ ) وَ ( قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ) ثُمَّ يَمْسَحُ بِهِمَا مَا اسْتَطَاعَ مِنْ جَسَدِهِ يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذَلِكَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ

Artinya: "Rasulullah SAW apabila hendak beranjak ketempat tidurnya setiap malam, Beliau menyatukan kedua telapak tangannya lalu meniupkan keduanya dan membacakan keduanya surat al-Ikhlas, al-Falaq dan an-Naas. Kemudian beliau mengusap dengan keduanya bagian mana saja semampunya. Beliau memulainya dari atas kepala dan wajahnya serta bagian belakang dari badannya. Beliau melakukan perkara itu tiga kali." (HR. Muslim).

Saat hendak tidur, kamu perlu melakukan beberapa adab ala Rosulullah berikut:

- Mengambil air wudhu.
- Kemudian, dilanjut dengan membaca ayat kursi.
- Lalu, baca dua kalimat syahadat.
- Selanjutnya, usapkan telapak tangan ke seluruh bagian tubuh.
- Kemudian, bersihkan tempat tidur.
- Terakhir, berbaring mengarah ke kanan.

Doa mau tidur
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Doa mau tidur dan bangun tidur sesuai hadis berikut:

قَالَ كَانَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ قَالَ ‏"‏ اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَأَمُوتُ ‏"‏‏.‏ وَإِذَا أَصْبَحَ قَالَ ‏"‏ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ ‏

Artinya: Ketika Rasulullah SAW pergi tidur dia biasa mengucapkan, "Allahumma bismika ahya wa amut." Dan saat bangun di pagi hari dia terbiasa mengatakan, "Al-hamdu li l-lahi al-ladhi ahyana ba'da ma amatana wa ilaihi-nnushur." (HR Bukhari).

Sehingga, doa mau tidur bacaannya sebagai berikut ini:

اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَأَمُوتُ

Allahumma bismika ahya wa amut

Artinya: "Ya Allah! Dalam namaMu aku hidup dan mati."

Doa bangun tidur

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Al-hamdu li l-lahi al-ladhi ahyana ba'da ma amatana wa ilaihi-nnushur

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan kehidupan, mematikan kami, dan hanya kepada-Nyalah kami kembali."

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya