Doa Orang Sakit yang Mudah Dihafal, Agar Cepat Sembuh

"Baca doa ini agar lekas sembuh."

Life | 15 July 2022, 21:12
Doa Orang Sakit yang Mudah Dihafal, Agar Cepat Sembuh

Sehat merupakan hal yang begitu berharga bagi mereka yang tengah sakit. Ketika sehat rasanya banyak hal yang dilakukan akan menjadi mudah, berbeda saat kita tengah sakit rasanya banyak yang tertunda atau harus ditinggalkan sementara sampai kita merasa sembuh. Sehingga, ketika merasakan sakita banyak diantara kita yang ingin sepat sembuh agar dapat seperti biasanya. Adapun hal-hal yang dilakukan agar lekas sembuh seperti minum obat, banyak istirahat, makan-makanan bergizi hingga membaca doa orang sakit supaya cepat diberikan kesembuhan.

Dalam Kitab Al-Adzkar, Imam An-Nawawi menjelaskan beberapa riwayat yang menceritakan Rasulullah SAW ketika menjenguk sahabatnya yang sakit. Dalam beberapa riwayat, Rasulullah mendoakan dengan berbagai lafadz. Adapun beberapa doa yang diucapkan Rasulullah kepada sahabatnya, yakni sebagai begikut:

1. Rasulullah SAW membaca doa kesembuhan bagi keluarganya seperti diriwayatkan pada Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA
Daun.id

Sumber: Pexels.com

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman

Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan  rasa nyeri,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

2. Selain itu, Abu Dawud dan At-Tirmidzi meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW menyarankan untuk membaca doa berikut ini sebanyak 7 kali di dekat orang yang sakit

  أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alullahal azhima rabbal ‘arsyil ‘azhimi an yassfiyaka

Artinya: “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 114).

3. Saat menjenguk sahabt Salman Al-Farisi RA, Rasulullah membaca doa berikut
Daun.id

Sumber: Pexels.com

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafakallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘afaka fi dinika wa jismika ila muddati ajalika

Artinya: “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya