Doa Setelah Dhuha Teks Arab, Latin dan Artinya, Beserta Keutamaannya

"Berikut ini adalah bacaan doa sholat dhuha dan juga keutamaannya."

Life | 20 July 2022, 13:00
Doa Setelah Dhuha Teks Arab, Latin dan Artinya, Beserta Keutamaannya

Sholat Dhuha adalah salah satu sholat sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Sholat Dhuha memiliki banyak keutamaan dan kelebihan jika dilaksanakan secara istiqomah.

Sholat Sunnah Dhuha dapat dijalankan di waktu dhuha. Waktu sholat ini kira-kira ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta dari waktu terbit hingga sebelum waktu Dhuhur.

Sholat Dhuha paling sedikit dikerjakan 2 rakaat. Selebihnya, salat duha dapat didirikan sampai 12 rakaat, dengan pelaksanaan setiap 2 rakaat 1 salam. Shalat Dhuha diajurkan untuk dilaksanakan secara munfarid (sendirian). Namun, sholat sunah ini juga dapat dilaksanakan secara berjamaah.

Bacaan Doa Sholat Dhuha

Daun.id

pexels.com

Berikut ini adalah bacaan doa sholat Dhuha.

اَللَّهُمَّ إِنَّ الضُّحَاءَ ضُحَاؤُكَ وَالبَهَاءَ بَهَاؤُكَ وَالجَمَالَ جَمَالُكَ وَالقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللَّهُمَّ إِنْ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَإِنْ كَانَ فِي الأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَإِنْ كَانَ مُعْسِرًا فَيَسِّرْهُ وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَإِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَائِكَ وَبَهَائِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِي مَا آتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allâhumma innad dhuhâ’a dhuhâ’uka, wal bahâ’a bahâ’uka, wal jamâla jamâluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ‘ishmata ishmatuka. Allâhumma in kâna rizkî fis samâ’i, fa anzilhu. Wa in kâna fil ardhi, fa akhrijhu. Wa in kâna mu‘siron, fa yassirhu. Wa in kâna harâman, fa thahhirhu. Wa in kâna ba‘idan, fa qarribhu bi haqqi dhuhâ’ika, wa bahâ’ika, wa jamâlika, wa quwwatika, wa qudratika. Âtinî mâ âtaita ‘ibâakas shâlihîn.

Artinya: “Tuhanku, sungguh waktu duha adalah milik-Mu. Yang ada hanya keagungan-Mu. Tiada lagi selain keindahan-Mu. Hanya ada kekuatan-Mu. Yang ada hanya kuasa-Mu. Tidak ada yang lain kecuali lindungan-Mu. Tuhanku, kalau rezekiku di langit, turunkanlah. Kalau berada di bumi, keluarkanlah. Kalau sulit, mudahkanlah. Kalau haram, gantilah jadi yang suci. Bila jauh, dekatkanlah dengan hakikat dhuha, keagungan, kekuatan, kekuasaan-Mu. Tuhanku, berikanlah aku apa yang Kau anugerahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh.”

Keutamaan Sholat Dhuha

Daun.id

pixabay.com

Salah satu keutamaan orang melaksanakan sholat Dhuha adalah dosanya akan dihapuskan meski sebanyak buih di lautan. Hal ini sesuai dengan hadis sebagai berikut:

“Siapa pun yang melaksanakan sholat Dhuha dengan langgeng akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan,” (H.R. Tirmidzi).

Selain itu, sholat dhuha juga memiliki keutamaan yang lain, keutamaan dari sholat Dhuha yaitu:

- Sholat Dhuha menjadi Sedekah Terbaik
Keutamaan sholat dhuha yang pertama adalah, seorang muslim yang melakukan sholat dua rakaat dianggap telah melakukan sedekah dengan nilai yang besar. Keutamaan tersebut ditegaskan dalam hadist yang artinya:

"Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat Dhuha dua rakaat." (HR Muslim)

- Sholat Dhuha Membawa Kecukupan Rezeki
Keutamaan sholat dhuha yang kedua adalah, barang siapa melaksanakan sholat dhuha empat rakaat, niscaya Allah SWT akan mencukupkan rezekinya. Keutamaan tersebut dijelaskan dalam hadist yang artinya:

“Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: “Wahai Anak Adam, jangan sekali-kali kamu malas mengerjakan empat rakaat pada awal siang (sholat dhuha), nanti akan Aku cukupi kebutuhanmu pada akhirnya (sore hari).” (HR Daud, Ahmad, Tirmidz).

- Sholat Dhuha sebagai Tempat Memohon Ampunan
Keutamaan sholat dhuha diampunkan atas dosa umat Islam meski sebanyak buih-buih di lautan. Keutamaan sholat dhuha menurut hadis ini ditegaskan dari Abu Hurairah ra, Rasulullah bersabda yang artinya:

“Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih dilautan.” (HR. Tirmidzi).

- Sholat Dhuha adalah Berpahala Haji dan Umrah
keutamaan sholat dhuha menurut hadis yang keempat adalah mendatangkan pahala yang setara dengan haji dan umrah. Barangsiapa yang melaksanakan sholat dhuha dengan tekun, maka orang tersebut akan mendapatkan pahala setara haji dan umrah yang sempurna.

Apakah keutamaan sholat dhuha menurut hadis benar demikian? Benar, apalagi bila sholat dhuha dilakukan di bulan Ramadhan di mana segala amalan pasti pahalanya akan dilipatgandakan. Adanya keutamaan sholat dhuha menurut hadis ini ditegaskan dari Anas ra, Rasulullah bersabda:

“Barangsiapa yang mengerjakan shalat fajar (shubuh) berjamaah, kemudian ia (setelah usai) duduk mengingat Allah hingga terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapatkan pahala seperti pahala haji dan umrah; sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. Tirmidzi, No 586).

- Sholat Dhuha adalah Ladang Memperoleh Kuntungan
Keutamaan sholat dhuha selanjutnya adalah mendapat keuntungan yang berjumlah lebih banyak, dibanding dengan keuntungan yang diperoleh oleh para mujahid perang. Rasullulah SAW bersabdat:

“Perolehlah keuntungan (ghanimah) dan cepatlah kembali! Mereka akhirnya saling berbicara tentang dekatnya tujuan (tempat) perang dan banyaknya ghanimah (keuntungan) yang akan diperoleh dan cepat kembali (karena dekat jaraknya).

Lalu Rasulullah saw bersabda; “Maukah kalian aku tunjukan kepada tujuan paling dekat dari mereka (musuh yang akan diperangi), paling banyak ghanimah(keuntungan)nya dan cepat kembalinya?

Mereka menjawab: “Ya! Rasul berkata lagi: “Barangsiapa yang berwudhu’, kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan shalat Dhuha, dialah yang paling dekat tujuannya (tempat perangnya), lebih banyak ghanimahnya dan lebih cepat kembalinya.”

- Terhindar dari Keburukan

Melaksanakan sholat dhuha di bulan Ramadhan dan waktu-waktu yang diutamakan akan menghindarkan dari keburukan. Adanya keutamaan sholat dhuha menurut hadis ini dijelaskan sebagai berikut:

“Barangsiapa yang sholat dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

- Menyehatkan Tubuh
Tak hanya secara rohani, sholat dhuha juga memiliki manfaat untuk kesehatan jasmani. Sholat di pagi hari menjelang siang dapat melancarkan peredaran darah. Udara pagi yang segar dapat bermanfaat bagi pernapasan dan jantung. Selain itu, waktu pagi merupakan waktu yang tepat untuk mengerakkan semua otot yang masih kaku supaya badan tetap fit dan peredarah darah menjadi lancar. Rajin sholat dhuha juga membantu menyehatkan persendian dan tulang.

- Dibuatkan Pintu Khusus di Surga
Keutamaan sholat dhuha selanjutnya adalah akan dibuatkan pintu khusus di surga-Nya. Pintu yang dinamakan pintu dhuha ini khusus diperuntukkan bagi orang-orang yang tekun dan rutin melaksanakan ibadah sholat dhuha setiap hari semasa hidupnya. Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya disurga ada slaah satu pintu yang dinamakan pintu Dhuha, bila datang hari kiamat malaikat menjaga surga memangil; mana ia yang melazimkan shalat Dhuha? Inilah pintu kalian maka masukilah dengan kasih sayang Allah." (HR.Thabrani).

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya