Doa Khatam Quran dan Cara Cepat Khatamnya, Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya

"Berikut ini adalah doa khatam quran beserta cara cepat untuk mengkhatamkanya."

Life | 27 July 2022, 17:00
Doa Khatam Quran dan Cara Cepat Khatamnya, Lengkap Teks Arab, Latin dan Artinya

Al Qur'an adalah salah satu mukjizat yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. Al Qur'an ini merupakan kitab suci umat Islam yang berisi pedoman dalam menjalankan kehidupan yang baik sebagai umat Muslim. Dalam Al Qur'an mengatur hubungan manusia dengan manusia juga manusia dengan Tuhannya.

Membaca Al-Qur'an bagi umat muslim adalah wajib. Dalam surat Al Ankabut ayat 45 dijelaskan terkait tentang kewajiban membaca Al Qur'an.

اُتْلُ مَآ اُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنَ الْكِتٰبِ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَۗ اِنَّ الصَّلٰوةَ تَنْهٰى عَنِ الْفَحْشَاۤءِ وَالْمُنْكَرِ ۗوَلَذِكْرُ اللّٰهِ اَكْبَرُ ۗوَاللّٰهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُوْنَ

utlu mā ụḥiya ilaika minal-kitābi wa aqimiṣ-ṣalāh, innaṣ-ṣalāta tan-hā 'anil-faḥsyā`i wal-mungkar, walażikrullāhi akbar, wallāhu ya'lamu mā taṣna'ụn

Artinya: "Bacalah Kitab (Al-Qur'an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (salat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Ankabut: 45).


Dalam surat Al Kahfi juga dijelaskan mengenai kewajiban membaca Al Qur'an.

وَاتْلُ مَآ اُوْحِيَ اِلَيْكَ مِنْ كِتَابِ رَبِّكَۗ لَا مُبَدِّلَ لِكَلِمٰتِهٖۗ وَلَنْ تَجِدَ مِنْ دُوْنِهٖ مُلْتَحَدًا

watlu mā ụḥiya ilaika ming kitābi rabbik, lā mubaddila likalimātih, wa lan tajida min dụnihī multaḥadā

Artinya: "Dan bacakanlah (Muhammad) apa yang diwahyukan kepadamu, yaitu Kitab Tuhanmu (Al-Qur'an). Tidak ada yang dapat mengubah kalimat-kalimat-Nya. Dan engkau tidak akan dapat menemukan tempat berlindung selain kepada-Nya." (QS. Al-Kahfi: 27).

Doa Khatam Al Qur'an

Daun.id

pexels

Seusai membaca Al-Qur'an yaitu 30 juz, atau sudah khatam Al Qur'an, kamu dianjurkan untuk membaca doa khatam Al Qur'an. 

أَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ, وَاجْعَلْهُ لِي إِمَاماً, وَنُوْراً, وَهُدًى وَرَحْمَةً, أَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نَسِيْتُ, وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ, وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آناَءَ اللَّيْلِ, وَأَطْرَفَ النَّهَارِ , وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

"Allaahummarhamni bil quran. Waj'alhu lii imaama wa nuran wa hudan wa rohman. Allaahumma dzakkirnii minhu maa nasiitu wa 'allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aaa-allaili wa'atrofannahaar waj'alhu lii hujatan yaa rabbal 'aalamin."

Artinya: "Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkan aku atas apa yang terlupakan darinya." 

"Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai Tuhan Semesta Alam."

Tips Cepat Khatam Al Qur'an

Daun.id

pixabay.com

Dalam membaca Al Qur'an, agar kamu bisa cepat mengkhatamkanya. Kamu dapat mengikuti cara-cara berikut ini.

- Buat Jadwal
Mulailah dengan membuat jadwal membaca Al-Qur’an yang tepat dan tentunya harus teratur. Tujuan dari dibentuknya jadwal ini agar bisa tahu perkiraan kapan akan khatam Al-Qur’an. Selain itu, kamu bisa lebih mudah mengerjakan pekerjaan lain tanpa bentrok dengan jadwal membaca Al-Qur’an.

- Membaca 1 Juz Satu hari
Usahakan untuk membaca Al-Quran rutin sebanyak 1 juz setiap hari. Atau kalau punya banyak waktu luang, kamu bisa membacanya lebih dari 1 juz. Jika terlalu berat menyelesaikan dalam satu waktu, kamu bisa membacanya dua kali sehari. Jika masih berat, kamu bisa membaca 2 lembar tiap kali selesai menunaikan sholat wajib.

- Baca Al Qur'an Kecil
Kamu bisa membeli Al-Quran kecil atau Al-Quran saku yang bisa dibawa ke mana-mana. Baca Al-Quran ini di waktu luang kamu dan lakukan sesering mungkin.

- Instal Aplikasi Al Qur'an
Mengingat teknologi makin modern dan semua orang memiliki gadget, bisa juga dengan menginstal aplikasi Al-Qur'an di ponsel Anda.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya